Yummy Ini Dia Perbedaan Es Teler Es Campur dan Es Oyen
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Lagi cari dessert yang segar buat makan siang nanti? Well, coba deh berburu kesegaran es teler, yuk!

Eits, tapi jangan sampai tertukar, ya. Karena, es campur punya beberapa pesaing yang rasanya sama-sama lezat dan menggiurkan, lho. Mereka adalah es campur dan es oyen.

Buat yang awam, pasti ketiganya terlihat memiliki rupa yang sama. Apalagi, dengan beragam isian di dalamnya dan balutan sirum serta susu yang kental, pastinya sulit dibedakan.

Salah satu cara buat menemukan perbedaannya adalah mencicipinya satu per satu. Bisa sahabat mulai dengan es teler dulu, deh!

Es Teler

Sajian yang satu ini punya ciri khas pada potongan alpukat yang banyak, lho. Dipadukan dengan kelapa muda, nangka, sirup, santan, gula cair, dan es serut atau es batu, es teler lebih menggunakan sedikit susu ketimbang es campur dan es oyen, lho.

Soal rasa, es teler menawarkan dominan rasa manis yang lezat dengan kuah yang sedikit kental. Nah, kekentalan kuahnya berasal dari perpaduan santan dan susu manis.

Es Campur

Dari namanya sudah jelas es yang satu ini lebih memiliki isi yang beragam ketimbang es teler. Di dalamnya, sahabat bisa menemukan roti, blewah, rumput laut, mutiara, agar-agar, singkong, nangka, nanas, melon, cincau hitam, dan masih banyak lagi yang lainnya. Beberapa daerah juga menambahkan isian tertentu seperti pacar cina, kacang merah dan biji delima biar makin segar.

Cita rasa yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari manis hingga asam. Meski tanpa santan, es campur memadukan sirup dan susu yang melimpah. Biasanya dibalutkan kepada es serut yang dibikin menggunung.

Es Oyen

Nah, untuk menu es yang satu ini sedikit mirip dengan es doger. Bedanya, es oyen lebih cair ketimbang es doger. Soal isiannya, es oyen merupakan hasil kombinasi dari es campur dan es teler. Dengan menggunakan santan seperti es teler, sahabat bisa menemukan segala jenis isi mulai dari alpukat, cincau, kelap, nangka hingga nanas dalam satu porsi.

Tidak lupa taburan meses warna-warni menambah cita rasa yang ada di segelas es oyen. Bedanya, es oyen punya warna merah muda ketimbang es teler maupun es campur yang dominan warna putihnya.

Baca Juga :