Yuk, Liburan ke 6 Bukit Kapur Cantik di Sepanjang Pantai Utara Jawa Timur

  • 3 menit waktu baca
  • Saturday, 21 March 2020

Ngaku pecinta wisata Instagrammable? Daftar buruan sahabat tidak bakal lengkap kalau belum menjelajah Jawa Timur. Karena, provinsi yang satu ini punya banyak bukit kapur yang cantik dan unik, khususnya di sepanjang Pantai Utara Jawa.

Mulai dari Gresik, Madura hingga kota Tuban punya deretan bukit kapur cantik. Meski dianggap sebagai wisata alam, nyatanya bukit kapur ini merupakan hasil dari aktivitas pertambangan selama bertahun-tahun.

Pahatan para penambang yang artistik hingga megahnya bukit kapur ini jadi daya tarik bagi wisatawan sendiri. Selain itu, aksesnya pun mudah buat dijangkau dari kota besar seperti Surabaya maupun Bangkalan.

Tertarik? Tenang, temanpetualang.com punya referensi 6 bukit kapur cantik di Jawa Timur yang bisa sahabat kunjungi pas liburan nanti. Simak, yuk!

Bukit Jaddih, Madura

Pulau Madura di utara Surabaya punya banyak sekali wisata kapur yang cantik. Salah satunya adalah Bukit Jaddih. Hanya 15 menit berkendara dari Bangkalaan, sahabat bakal dimanjakan dengan pola bukit kapur yang unik, hasil dari pahatan tambang yang terus berubah. Hal ini dipengaruhi dengan aktivitas pahatan yang terus berlangsung. Beberapa bukitnya tampak seperti memiliki pintu dan jendela. Bahkan secara keseluruhan, Bukit Jaddih terlihat seperti bangunan bertingkat yang besar. Uniknya, kapur yang ada di Bukit Jaddih mengandung besi sehingga warna bukit kapur yang ada di sini sedikit kemerahan.

Di tengah bukit kapur, terdapat cerukan hasil pertambangan yang membentuk kolam dengan air berwarna biru. Kolam ini juga disebut dengan nama Danau Biru. Ternyata air biru yang ada di danau ini datangnya dari bawah batuan kapur.

Bukit Arosbaya, Madura

Hadir di Kabupaten Bangkalan, Arosbaya menawarkan kompleks tebing kapur yang menawan. Meskipun masih berfungsi sebagai lokasi penambangan aktif, Arosbaya nyatanya dikenal luas sebagai obyek wisata anti-mainstream. Berkat aktivitas penambangan, Bukit Kapur Arosbaya memiliki lanskap buatan yang sangat indah. Bukit ini seolah mempunyai jendela maupun pintu dengan ruangan terbuka sebagai kolam.

Kesan mistis pun hadir di bagian tengah Bukit Kapur Arosbaya. Terdapat ruang terbuka yang cukup besar, layaknya panggung teater ala pura di Bali atau candi kuno di kawasan Dieng, Jawa Tengah. Tiap pengunjung diajak menikmati pesona dari Bukit Kapur Arosbaya dengan masuk ke berbagai lorong sempitnya. Rongga atau goa yang ada di Bukit Kapur Arosbaya pun tercipta lantaran aktivitas penambangan batu kapur di wilayah ini.

Bukit Kapur Rengel, Tuban

Bukit kapur yang satu ini sempat viral pada 2016. Masyarakat berbondong-bodong datang ke sini buat berburu foto di area penambangan. Bekas pahatan dan potongan yang disisakan oleh penambang ternyata berubah jadi sebuah karya seni yang menawan. Bahkan, beberapa guratannya menyerupai awan, yang jelas jadi incaran wisatawan buat berfoto. Berlokasi di Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Tuban, Bukit Kapur Rengel juga siap menarik perhatian sahabat dengan perpaduana warna putih hitam pada dinding kapur dengan hijaunya rerumputan di atasnya.

Bukit Kapur Sekapuk, Gresik

Lagi cari bukit kapur yang punya bentuk megah? Nah, Bukit Kapur Sekapuk di Gresik bisa jadi pilihan yang pas buat sahabat, deh. Terletak di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Bukit Kapur Sekapuk menawarkan barisan bukit kapur yang besar dan panjang. Bahkan, beberapa bukitnya terlihat menjulang dari area pedesaan, lho. Layaknya kastil-kastil di Yunani, sahabat bisa menemukan sudut batu yang berongga. Cocok jadi spot foto yang Instagrammable sekali, deh. Menariknya, Bukit Kapur Sekapuk juga punya kolam di tengah meski sudah berlumut.

Bukit Jamur, Gresik

Sahabat termasuk penggemar game Mario Bros? Yuk, obati rasa rindu sahabat dengan bertualang ke Bukit Jamur! Terletak di Desa Bungah, Gresik, Jawa Timur, Bukit Jamur menawarkan sebuah kawasan yang dihuni bebatuan berbentuk jamur. Batuan ini muncul berkat proses abrasi yang terjadi selama bertahun-tahu.

Abrasi tersebut membuat seluruh bagian dari batu terkikis secara perlahan. Sehingga, jika dilihat dari kejauhan, bebatuan ini menyerupai tumbuhan spora layaknya jamur. Menariknya, lokasi Bukit Jamur adalah sebuah pertambangan yang cukup besar. Sehingga, banyak jejak bekas aktivitas penambangan yang bisa sahabat temukan di sini.

Bukit Kapur Suci, Gresik

Kota Gresik memang dikenal akan cuaca tropisnya. Maklum, Gresik merupakan kota pesisir yang dipenuhi dengan ragam kawasan industrial. Tapi, coba sekali main ke Desa Suci yang berada di kawasan Manyar-Gresik. Di sana, sahabat bisa menemukan Bukit Kapur Suci yang bikin hati sejuk, deh.

Seperti beberapa bukit kapur bekas tambang yang terdapat di wilayah Gresik dan beberapa daerah lainnya, bukit kapur Suci juga terlihat unik dan pastinya menarik. Menariknya lagi, ada sebuah kolam berwarna hijau kebiruan di lokasi wisata sekaligus tambang ini. Bikin foto sahabat jadi bagus dan cantik!