Yang Manakah Kurma Ajwa Asli dan Palsu Simak Info Berikut Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Yang Manakah Kurma Ajwa Asli dan Palsu ? Simak Info Berikut Ini – Kurma ajwa atau lebih dikenal dengan kurma nabi menjadi salah satu jenis kurma yang banyak dinikmati oleh masyarakat, terlebih karena memiliki banyak khasiat untuk tubuh.

Namun nyatanya, saat ini banyak penjual yang memalsukan kurma ini. Sebagai pembeli dan penikmat, penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan antara kurma ajwa asli dengan yang palsu. Jangan tergiur harga murah, biasanya kurma ajwa dibanderol harga mahal.

Kurma Ajwa

Berikut TemanPetualang.Com memberikan bagaimana cara membedakan kurma ajwa yang asli dan palsu, dirangkum dari berbagai sumber.

Yang Manakah Kurma Ajwa Asli dan Palsu Simak Info Berikut Ini

1. Tekstur dan Warna

Kurma ajwa yang asli memiliki tekstur kerutan yang terlihat lebih banyak pada bagian luar kulitnya. Kemudian dari segi ukuran, kurma ajwa asli memili ukuran yang sedikit lebih kecil dari kurma pada umumnya.

Membedakan kurna ajwa asli dan palsu juga dapat dilihat pada warnanya. Berbeda dengan kurma pada umumnya yang memiliki warna cokelat dan cokelat tua, kurma ajwa memiliki warna yang hitam pekat, namun ada juga yang warnanya merah.

Memang selain kurma ajwa, ada jenis kurma lain yang memiliki warna hitam, namun tidak sepekat yang terdapat pada kurma ajwa asli. Pedagang biasanya mengakali penjualannya dengan mencampurkan kurma ajwa ali dengan kurma biasa.

2. Rasa

Jika ingin membedakan kurma ajwa asli dan palsu dapat diketahui melalui rasanya. Kurma ajwa yang asli memiliki rasa yang tidak terlalu manis bila dibandingkan dengan kurma lainnya. Apabila saat dicoba, kurma tersebut rasanya sangat manis, maka dipastikan itu adalah kurma ajwa palsu.

3. Harga

Ada harga ada kualitas. Memang jika memang ingin mendapatkan sesuatu yang asli dan berkualitas, biasanya kocek yang dikeluarkan juga cenderung mahal. Kurma ajwa asli biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih mahal dibanding dengan kurma pada umumnya.

Jadi, sebelum membeli kurma ajwa yang asli harus dipastikan harga pasaran dari kurma jenis ini. Jika ada pedagang yang menawarkan dengan harga yang relatif murah, maka dapat dipastikan kurma ajwa tersebut palsu.

Demikian info cara membedakan Yang Manakah Kurma Ajwa Asli dan Palsu. Semoga bermanfaat, silahkan share untuk saling berbagi ilmu pengetahuan seputar kurma 🙂

Baca Juga :