Wajib Coba Lumpia Gang Lombok Semarang yang Legendaris
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Wajib Coba Lumpia Gang Lombok Semarang yang Legendaris – Nyari lumpia di Semarang, tuh, kayak nyari sayur di pasar tradisional. Gampang ditemukan. Coba sahabat masuk ke toko oleh-oleh, pasti di sana jual lumpia. Iya, sih, nyari lumpia di Semarang gampang dicari, tapi kalau sahabat pengin ngresain lumpia yang autentik, sahabat kudu datang ke Gang Lombok.

Jalan Gang Lombok nomor 11. Di situlah lokasi lumpia gang lombok, lumpia tertua di Semarang yang usianya seabad lebih alias 100 tahun lebih. Wihhh…… Saat ini, usaha lumpia tersebut dikelola Purnomo Usodo atau akrab disapa Untung. Ia merupakan generasi keempat.

Jalan Gang Lombok tidak begitu lebar, jadi mending sahabat ke sana naik sepeda motor. Patokan yang paling gampang buat nemuin lumpia gang lombok adalah Kelenteng Tay Kak Sie. Cukup jalan bentar dari kelenteng itu, sahabat petualang udah sampai di lumpia gang lombok.

Lumpia gang lombok Semarang buka pada pukul 8.00 – 17.00. Dari pukul 8.00, ketika tokonya baru buka, udah banyak pelanggan datang. Ketika jam makan siang, beuh, antreannya alamak jang! Kalau ngantre pas jam makan siang, siap-siap masuk waiting list. Pesen dulu, terus setengah – satu jam lagi, baru diambil.

Isian lumpia gang lombok ada dua, isi ayam dan udang. Lumpianya ada yang berupa lumpia goreng, ada pula yang berupa lumpia basah. Lumpia goreng bertahan sampai 3 hari, sedangkan lumpia basah hanya bertahan 1 hari. Kalau mau bawa oleh-oleh, mending beli lumpia goreng.

Harga satu lumpia ialah Rp15.000. Agak mahal? Memang, tapi sepadan, kok. Lumpianya cukup “gemuk” dan isinya banyak. Makan satu lumpia dijamin kenyang.

Meskipun udah berdiri ratusan tahun lamanya, lumpia gang lombok Semarang tidak buka cabang sama sekali. Tempat jualannya pun tidak berubah, tetep di situ dan tetep segitu luasnya. Jadi, kalau mau mencicipinya, mau tidak mau, sahabat petualang mesti datang ke Semarang.

Selain berisi ayam atau udang, isian lain pada lumpia gang lombok Semarang adalah telur dan rebung. Rebung ini, nih, yang kadang bikin orang ogah makan lumpia karena bau amis. Tapi, tenang, kalau sahabat petualang makan lumpia gang lombok, bau amis rebung tidak akan kecium.

Bau amis rebung berasal dari zat tepungnya. Nah, kalau di lumpia gang lombok, zat tepung di rebung bener-bener dicuci bersih sampe ilang lang lang. Alhasil, tidak lagi bau amis, deh, pas dimasukin jadi isian lumpia.

Kalau sahabat petualang lagi jalan-jalan ke Semarang, jangan lupa mampir ke Jalan Gang Lombok dan beli lumpia gang lombok, ya. Dijamin ketagiha, deh. Sahabat saranin, sih, sahabat petualang datang hari ini buat mesen, terus datang lagi keesokan harinya buat ngambil. Biar tidak kelamaan ngantre gitu.

Sumber Foto : https://bersatoe.com/2016/03/11/sehari-di-semarang-menikmati-kuliner-pecinan-gang-lombok-1/

Baca Juga :