Waduk Jatiluhur, Waduk Terbesar yang Wajib sahabat Kunjungi
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Waduk yang dibangun sejak 1957 ini awalnya difungsikan untuk membendung air dari Sungai Citarum yang panjang alirannya mencapai 4.500 km2. Dalam proses pembangunannya, 14 desa harus ditenggelamkan dan para penduduk dipindahkan ke daerah-daerah di sekitar waduk. Waduk Jatiluhur memiliki banyak fungsi. Selain sebagai bendungan, Waduk Jatiluhur juga digunakan sebagai pembangkit listrik, sumber irigasi, budidaya air tawar, kebutuhan masyarakat sehari-hari hingga sebagai tujuan wisata yang wajib sahabat kunjungi.

Pesona Waduk Jatiluhur

√ Waduk Jatiluhur: Misteri, Keindahan & Tiket Masuk

Sumber gambar: https://wisatabagus.com/waduk-jatiluhur/

Waduk Jatiluhur ini memiliki panorama yang begitu indah. sahabat bisa menikmati keindahannya dari tiap sudut yang ada di waduk ini. Pesona utamanya yakni pemandangan dengan background perbukitan dan gunung “Tiga Menara”, dijamin sahabat akan betah berlama-lama di tempat ini.

 

Istora Resort Jatiluhur (Resort & Café Romantis di Pinggir Danau) – Ridwanderful

Sumber gambar: https://ridwanderful.com/2016/06/20/istora-resort-jatiluhur-resort-cafe-romantis-di-pinggir-danau/

Ada berbagai aktivitas yang bisa sahabat lakukan jika berkunjung ke Waduk Jatiluhur. Mulai dari sekadar menikmati pemandangan di pinggir waduk, memancing, menyewa perahu, bermain wahana air hingga menyantap ikan bakar di rumah makan apung yang ada di tengah waduk. sahabat bisa menyewa perahu untuk menuju ke rumah makan dengan biaya sewa sekitar Rp100 ribuan. Tarif tersebut sudah termasuk biaya antar jemput jadi sahabat tidak perlu cari perahu lagi kalau ingin pulang.

Cara Menuju Waduk Jatiluhur

Aychoty | Piknik Cantik: WADUK JATILIHUR - CERITA MASA KECIL DAN TENTANG RINDU YANG TEROBATI

Sumber gambar: http://www.piknikcantik.com/2017/04/Waduk-jatiluhur-cerita-masa-kecil.html

Nah, kalau sahabat penasaran dan belum pernah datang ke Waduk Jatiluhur, sahabat harus segera coba mampir nih kalau lagi ada di Purwakarta. Lokasi waduknya berada di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Untuk menuju waduk ini dengan kendaraan umum, sahabat bisa naik angkot 03 yang berwarna merah kuning dari Kota Purwakarta kemudian turun di Pasar Bunder. Setelah itu, sahabat bisa lanjut naik angkot 011 yang berwarna merah hitam. Angkot itu akan membawa sahabat langsung menuju Waduk Jatiluhur. Tapi kalau sahabat membawa mobil pribadi, sahabat bisa melalui Tol Cikampek dan keluar di gerbang Tol Jatiluhur menuju pertigaan Pasar Bunder. Dari pertigaan ini sahabat lanjut ke arah kanan mengikuti petunjuk hingga sampai ke Waduk Jatiluhur.

Waduk ini buka dari jam 08.00 – 17.00, tapi kalau sahabat mau bermalam, di sini juga tersedia berbagai penginapan yang bisa sahabat pilih. Alternatif lain kalau sahabat ingin melihat indahnya pemandangan Waduk Jatiluhur, sahabat juga bisa menikmatinya dari lokasi yang berbeda. Gunung Lembu dan Gunung Parang bisa sahabat pilih untuk menikmati pesona Waduk Jatiluhur dari ketinggian.

Baca Juga :