Tips Aman Bepergian di Tengah Wabah COVID-19

  • 2 menit waktu baca
  • Thursday, 26 March 2020
Tips Aman Bepergian di Tengah Wabah COVID-19

Tips Aman Bepergian di Tengah Wabah COVID-19 – Akhir-akhir ini, seluruh dunia tengah khawatir dengan wabah Coronavirus (COVID-19) yang berawal di Wuhan, salah satu kota paling sibuk di Tiongkok. Karena menjadi salah satu penghubung utama penerbangan dunia, sejak virus ditemukan, banyak penerbangan di seluruh dunia menutup akses dari dan menuju Negeri Panda tersebut. Selain di Tiongkok, beberapa negara, seperti Jepang bahkan Singapura, juga sudah terjangkit virus yang bersaudaraan dengan MERS ini.

Lantas bagaimana kalau sahabat sudah punya rencana perjalanan ke luar negeri? Jangan panik, sahabat masih bisa melakukan perjalanan asal tetap menjaga kesehatan. Berikut ini temanpetualang.com kasih tips bepergian di tengah wabah COVID-19 dan cara agar tetap aman selama di bandara.

Pergi Hanya Jika Sehat
Sebelum bepergian, baik ke negara yang sudah memiliki riwayat pasien COVID-19 maupun belum, pastikan sahabat sehat. Cek kondisi tubuh dan minum multivitamin agar tetap bugar mulai sekarang. Jika sahabat sakit, pastikan sahabat membawa riwayat pengobatanmu untuk ditunjukkan di pintu keberangkatan dan kedatangan di bandara.

Sering-Sering Cuci Tangan

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air atau gunakan antiseptik berbasis alkohol meskipun tanganmu tidak terlihat kotor. Supaya praktis, bawa sabun cuci tangan di botol kecil yang bisa dibawa ke dalam kabin pesawat dan gantungkan hand-sanitizer di tas. Dengan begitu sahabat selalu siap menghilangkan virus dan kuman di tangan.

Tutup Mulut dan Hidung dengan Benar

Menutup hidung dan mulut ketika bersin
Saat batuk dan bersin, tutup mulut dan hidung dengan bagian lekukan dalam siku atau tisu. Jangan gunakan telapak tangan, ya. Karena virus akan menempel di permukaan telapak tangan dan semakin mudah menyebar jika sahabat menyentuh benda atau orang lain. Jika menggunakan tisu, langsung buang tisu ke tempat sampah yang tertutup dan cuci tangan dengan sabun atau antiseptik.

Menjauh dari Keramaian
Di bandara atau tempat wisata pasti akan sulit menjauh dari keramaian orang, tapi sahabat tidak perlu menyendiri kok. Hanya saja, perhatikan jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain terutama jika mereka batuk, bersin, atau terlihat demam.

Hindari Menyentuh Wajah
Mulai sekarang, hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut, ya. Tangan sahabat mungkin saja sudah menyentuh banyak permukaan yang dapat terkontaminasi dan virus akan berpindah dengan lebih mudah. Gunakan tisu jika ingin lap wajah atau cuci tangan terlebih dahulu.

Makan Makanan yang Matang
Hindari makan makanan mentah atau setengah matang, ya. Sahabat sangat disarankan untuk makan makanan yang benar-benar matang agar virus yang mungkin menempel pada makanan tidak bersisa setelah proses memasak.

Segera Temui Tim Medis Jika Sakit

Gunakan masker ketika sakit. Jika dalam perjalanan sahabat sakit, terutama demam, batuk, atau kesulitan bernapas, segera cari perawatan medis. Apalagi jika negara tempat berliburmu sudah ada pasien COVID-19. Semakin cepat sakitmu terdeteksi, semakin dini penanganan yang akan diambil. Jangan lupa pakai masker medis supaya virus tidak menular ke orang lain. Kalau sahabat sehat, tidak perlu memakai masker setiap saat.

Jangan takut untuk berlibur meski dunia sedang dilanda wabah COVID-19. Jika sahabat menjaga daya tahan tubuh, kesehatan, dan selalu menjaga kebersihan, niscaya perjalananmu akan tetap aman dan pulang ke rumah dengan sehat.