Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Terletak di kawasan taman nasional ujung kulon ternyata Pantai Daplangu masih jarang dijamah oleh wisatawan. Pantai ini terkenal sepi pengunjung, jadi sangat cocok buat sahabat bersantai bersama kerabat, bahkan saat akhir pekan tempat ini juga sepi. Jadi sahabat serasa berada di pantai pribadi.

Taman Nasional Ujung Kulon 1. Pantai Daplangu

Jelajahi 5 Spot Terbaik di Taman Nasional Ujung Kulon

Sumber gambar: https://hellochamdi.wordpress.com

Pasir putih dengan ombak kecilnya ditambah air laut berwarna biru akan sangat cocok untuk sahabat bersantai dengan ditemani semilir angin laut. Biasanya para pengunjung akan memburu sunset di pantai ini karena spotnya sangat bagus untuk menikmati matahari senja.

Taman Nasional Ujung Kulon 2. Pulau Peucang

Cantiknya Pantai di Pulau Peucang Ujung Kulon - Tempat Wisata

Sumber gambar: http://www.idtempatwisata.com

Setelah puas menikmati sunset di Pantai Daplangu, sahabat bisa banget nih bermalam di Pulau Peucang. Pulau yang luasnya sekitar 450 hektar ini memiliki beberapa penginapan. Tapi sahabat harus reservasi dulu karena jumlahnya tidak terlalu banyak.

Pulau Peucang ini memiliki pesona alam yang luar biasa karena dihuni berbagai satwa liar seperti rusa, babi hutan, biawak, kera ekor panjang dan masih banyak lagi. Selain bisa bertemu dengan satwa liar, di pulau ini sahabat bisa trekking santai menjelajahi hutan. tidak jarang sahabat akan bertemu mereka saat trekking. Dan kalau sahabat bermalam di Pulau Peucang, jangan lupa bangun pagi ya, karena menikmati matahari terbit menjadi aktivitas favorit para pengunjung.

Taman Nasional Ujung Kulon 3. Pulau Handeuleum

Taman Nasional Ujung Kulon | Good News From Indonesia

Sumber gambar: https://www.goodnewsfromindonesia.id

Pernah nonton acara wildlife animal? Kalau pernah dan sahabat mau merasakan sensasinya, sahabat wajib nih datang ke Pulau Handeuleum. Pulau ini memiliki keunikannya tersendiri karena dipenuhi dengan hutan bakau dan aliran sungai yang sangat tenang. Meski begitu tak banyak wisatawan yang datang ke pulau ini. Tapi tidak ada salahnya kalau sahabat mau menjelajahi serunya aliran sungai Cigenter.

Wild Ujung Kulon Adventure 2012 | ProAdvenTourism

Sumber gambar: https://proadventourism.wordpress.com

Sebuah petualangan menjelajahi hutan bakau dengan sebuah sampan akan jadi pengalaman yang tak pernah sahabat lupakan. sahabat bisa menggunakan sampan yang biasa digunakan para petugas untuk memonitoring satwa liar. Air sungai yang sangat tenang dengan jajaran hutan bakau di sisi kanan dan kiri akan menambah jiwa petualang sahabat menyusuri kawasan Cigenter dan Cikabeumbeum. Nantinya sahabat akan menemukan badak bercula satu, badak jawa, banteng Jawa, babi hutan, merak hijau, buaya muara dan satwa lainnya yang menjadi penghuni asli tempat ini.

Taman Nasional Ujung Kulon 4. Semenanjung Ujung Kulon

Trekking dari Cibom - Tanjung Layar: Menapaki Saksi Sejarah Letusan Gunung Krakatau | Wisata Pulau Jawa

Sumber gambar: https://www.tourdejava.net

Selain Pulau Handeuleum, aktivitas trekking juga bisa sahabat lakukan di Semenanjung Ujung Kulon. Di tempat ini sahabat akan mengunjungi habitat asli dari Badak Jawa. Wilayah Semenanjung Ujung Kulon ini dikelola secara terbatas untuk aktivitas wisata agar tidak mengganggu habitat Badak Jawa.

Berkunjung ke Semananjung Ujung Kulon, sahabat akan menemukan beberapa pos jaga yang biasa digunakan untuk beristirahat saat aktifitas wildlife viewing. Selain itu, sahabat juga bisa berkemah di Tanjung Layar dan mengunjungi Gua Sang Hyang Sirah.

Taman Nasional Ujung Kulon 5. Pulau Badul

Cobain Yuk, Seperti Apa Rasanya Punya Pulau Pribadi Di Pulau Badul

Sumber gambar: https://www.piknikdong.com

Bermain di pulau tak berpenghuni bukan menjadi suatu hal yang menakutkan. Justru sahabat akan menikmati sensasi berada di pulau pribadi. Pulau Badul yang masih berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon ini letaknya berada di tengah-tengah jadi wajib sahabat kunjungi. Selain itu, sahabat bisa banget snorkeling di area pulau ini, karena selain airnya yang jernih, sahabat akan melihat indahnya terumbu karang dan pemandangan bawah laut yang begitu elok.

Kalau sahabat mau ke pulau kecil ini, sahabat harus menyewa speed boat atau bisa juga dengan perahu biasa. Tapi karena di pulau ini tidak ada dermaga, sahabat harus turun dari perahu jauh dari bibir pantai kemudian lanjut berenang sejauh 25 meter. Meski begitu, keindahan pantai akan menghipnotis rasa lelah sahabat pastinya.

Itu dia 5 spot yang wajib sahabat jelajahi kalau sahabat mau main-main ke Taman Nasional Ujung Kulon. Meski lokasinya agak jauh tapi keindahan dan pesona keindahan Ujung Kulon akan membayar semua rasa lelah sahabat.

Baca Juga :