Tak Perlu ke Luar Negeri, 4 Jenis Flora Ini Ada di Indonesia!

  • 2 menit waktu baca
  • Saturday, 21 March 2020

Tahukah sahabat kalau tanggal 3 Maret diperingati sebagai ‘World Wildlife Day’ atau Hari Flora & Fauna Internasional? Yup, sejak tahun 2013, United Nations General Assembly (UNGA) merayakan tanggal tersebut untuk meningkatkan kesadaran dunia terhadap flora dan fauna. Sebagai manusia, tentu kita juga harus sayang dengan sesama makhluk hidup lainnya.

Nah, yang patut kita syukuri lagi adalah Indonesia ternyata memiliki banyak sekali tempat wisata menarik yang di dalamnya juga menjadi tempat tumbuhnya aneka flora cantik. Jadi, sahabat tidak perlu deh traveling jauh-jauh ke luar negeri hanya untuk melihat berbagai tanaman unik. Penasaran di mana saja sahabat bisa menemukannya? Cari tahu lokasinya di bawah ini, yuk!

1. BUNGA SAKURA

Bunga sakura yang merupakan bunga nasional Jepang, kini bisa dengan mudah ditemukan di beberapa tempat di Indonesia loh. Sahabat bisa melihat bunga cantik berwarna pink ini di Kebun Raya Cibodas, Kabupaten Sumba Timur, Pulau Bali, hingga Kepulauan Riau. Perlu sahabat ingat, masing-masing tempat memiliki jadwal mekar yang berbeda-beda. Jadi, pastikan sahabat tidak salah jadwal dengan melihat info selengkapnya di sini. Jangan lupa untuk membawa kamera kesayangan karena pastinya sahabat tidak mau ketinggalan buat mengabadikan momen langka ini kan.

2. BUNGA MATAHARI

Siapa hobi ngemil kuaci? Ngomongin kuaci pasti tahu bunga matahari dong. Bunga yang menjadi salah satu simbol kesetiaan ini bisa sahabat lihat tanpa perlu ke luar negeri nih. Langsung saja menuju Kebun Bunga Matahari Kulon Progo yang hanya berjarak sekitar 5 menit berkendara dari Pantai Glagah. Bunganya yang tumbuh tinggi hingga setara dengan orang dewasa, membuat pemandangan di kebun matahari ini sangat memanjakan mata. Selain itu, ada juga Ladang Bunga Matahari Bantul yang berselang 40 menit berkendara dari Kebun Bunga Matahari Kulon Progo. Keduanya sama-sama memiliki perkebunan yang Instagenic. Cocok sekali nih buat yang mau berwisata selfie. Sahabat hanya perlu merogoh kocek mulai Rp5.000-Rp10.000 per orang untuk berkunjung ke kedua kebun tersebut.

3. BUNGA MARIGOLD

View this post on Instagram

A post shared by Sun Island Bali Hotel Group (@sunislandbali) on

Bunga marigold merupakan bunga yang berasal dari Meksiko. Di Indonesia, bunga ini disebut dengan nama gemitir. Warnanya yang kuning keemasan dan berukuran kecil membuat bunga marigold terlihat semakin cantik jika ditanam dalam jumlah yang banyak. Salah satu tempat wisata untuk melihat bunga marigold adalah Kebun Bunga Gemitir Bali, yang terletak di Kabupaten Tabanan. Jaraknya sekitar 30 menit berkendara dari Pura Ulun Danu Beratan. Sesampainya di sini, sahabat akan disambut dengan deretan bunga marigold yang pastinya langsung mengundang sahabat buat foto-foto. Untuk masuk ke kebun bunga ini, sahabat akan dikenakan biaya sekitar Rp5.000 per orang.

4. BUNGA LAVENDER

View this post on Instagram

A post shared by Taman Bunga Nusantara (@tamanbunganusantara) on

Pesona bunga lavender bisa sahabat rasakan langsung di Taman Bunga Nusantara, Cipanas. Sahabat bisa menjangkau taman bunga ini dari pusat kota Jakarta dengan berkendara sekitar 2,5 jam. Di dalam Taman Bunga Nusantara, terdapat beberapa area dengan tema taman yang berbeda-beda. Semuanya disesuaikan dengan desain taman dan juga jenis bunga yang tumbuh. Nah, kalau sahabat mau melihat bunga lavender, langsung saja menuju Taman Amerika. Di taman ini terdapat berbagai macam bunga dan tanaman yang menjadi ciri khas Negeri Paman Sam. Untuk masuk ke Taman Bunga Nusantara, sahabat akan dikenakan biaya mulai Rp40.000 per orang. Manfaatkan juga berbagai fasilitas tambahan yang disediakan untuk menambah keseruan sahabat saat berkunjung ke Taman Bunga Nusantara.