Si Kecil Mulai Ikut Puasa? Latih dengan 4 Cara Menyenangkan

  • 2 menit waktu baca
  • Wednesday, 22 April 2020

Sahabat berencana melatih si kecil untuk berpuasa di bulan suci Ramadan ini? Wah, hal ini tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua, terutama yang baru pertama kali mempraktikkannya. Meski ada yang bilang ‘gampang’, namun tidak sedikit juga yang bilang ‘susah’. Tenang, tidak perlu berkecil hati. Sekarang, yang perlu sahabat lakukan adalah menyiapkan cara-cara fun agar si kecil mau melakukannya dengan happy. Seperti apa? Yuk, simak ulasan temanpetualang.com berikut ini!

Perlahan, namun Terus-menerus

Melatih anak untuk berpuasa sebaiknya dilakukan secara perlahan atau bertahap, sesuai dengan kemampuan mereka. sahabat bisa memulainya dengan puasa setengah hari. Misalnya, selama 3—4 hari si kecil puasa dari waktu Subuh hingga pukul 10 pagi. Lalu hari berikutnya puasa hingga pukul 12 siang. Izinkan mereka minum dan makan ketika azan Zuhur berkumandang. Setelah itu, ajak mereka berpuasa kembali sampai waktu berbuka tiba. Diperlukan sebuah proses dalam melatih anak berpuasa. Dengan cara ini, anak-anak tentu akan merasa lebih siap dan nyaman saat menjalaninya.

Sajikan Minuman/Makanan Favorit

Baik saat sahur maupun berbuka, sebisa mungkin sahabat menyiapkan minuman atau makanan favorit si kecil. Cara ini bisa membantu menambah semangat mereka untuk berpuasa. loh. Meski demikian, sahabat tetap perlu memenuhi gizi mereka secara seimbang, ya. Apalagi mengingat tahun ini kita harus menjalani puasa ‘lebih spesial’ di tengah pandemi COVID-19. Jadi, selalu pastikan si kecil tidak hanya mengonsumsi minuman atau makanan favoritnya, baik saat sahur dan berbuka, tapi juga yang mengandung karbohidrat, protein, sayur, dan buah yang cukup.

Ajak Mereka untuk Senang-senang

Agar si kecil lupa kalau sedang berpuasa, sahabat bisa mengajak mereka melakukan hal seru dan menyenangkan sambil menunggu waktu buka puasa tiba. Seperti menyiapkan sajian berbuka, bermain games bertema Ramadan, menggambar bersama, menonton film anak-anak, dan banyak lagi aktivitas lainnya. Apalagi mengingat selama pandemi ini, sahabat memiliki lebih banyak waktu bersama mereka di rumah, bukan? Jadi, jangan sampai melewatkan kesempatan ini, ya.

Beri Reward dari Setiap Usahanya

Melatih si kecil untuk berpuasa sejak dini memang penting, namun menghargai setiap usaha yang mereka lakukan juga tidak kalah penting. Bentuk reward-nya sih tidak melulu harus hadiah, sahabat bisa memberikannya dalam bentuk pujian. Misalnya, “Wah, Kakak kuat puasanya? Hebat!” dan “Kakak hebat nih, bangun sahurnya ontime“. tidak cuma pujian, sahabat juga bisa menyediakan makanan atau minuman kesukaan mereka. Cara ini tentu akan membuat si kecil senang dan semakin semangat untuk berpuasa.

Selain itu, jika si kecil ternyata berhasil berpuasa selama sebulan penuh, tidak ada salahnya loh kalau sahabat melakukan sesuatu yang spesial bersama mereka. Seperti berlibur ke tempat wisata yang diinginkan atau menginap di hotel favorit, usai pandemi berakhir. Ini bisa sahabat manfaatkan sebagai ajang refreshing setelah jenuh selama ini #dirumahaja, bukan?