Selain Bali, Ini Dia 5 Tempat di Indonesia untuk Merayakan Nyepi

  • 2 menit waktu baca
  • Saturday, 4 April 2020

Perayaan Hari Nyepi tidak cuma bisa sahabat nikmati di Pulau Dewata, Bali saja, lho. Jika sahabat telusuri, ada banyak tempat di Indonesia yang didapuk untuk menggelar beragam ritual Nyepi seperti di Bali.

Tempatnya pun tersebar di Pulau Jawa hingga Pulau Lombok, lho. Tentu saja, ritual yang disajikan tidak jauh berbeda seperti yang hadir di Bali selama Nyepi.

Salah satunya soal berdiam diri selama 24 jam di rumah hingga tradisi upacara suci seperti Melasti yang ada di Bali. Pokoknya, sahabat tidak perlu jauh-jauh ke Bali buat merasakan momen Nyepi yang sunyi.

Penasaran di mana saja? temanpetualang.com punya rekomendasinya, nih. Simak, yuk!

Candi Prambanan, Klaten

Candi Prambanan di Klaten, Jawa Tengah menarik perhatian dunia. Menjadi salah satu obyek wisata budaya di selatan Jawa, Candi Prambanan kerap menjadi lokasi perayaan Nyepi di Jawa Tengah.

Perayaan Nyepi di Candi Prambanan ini cukup menarik, karena biasanya di lapangan akan didirikan tenda untuk para umat yang hendak berdoa untuk keseimbangan dan harmoni alam semesta.

Karena memiliki lokasi yang luas di area candi dan segi historis Candi Prambanan, tempat ini selalu menjadi pusat perayaan Nyepi di Indonesia. Tak sedikit umat Hindu datang dari beberapa daerah di luar Yogya untuk mengikuti prosesi Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan.

Pantai Balekambang, Malang

Terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Pantai Balekambang menjadi idola tujuan wisata di Malang. Maklum, banyak wisatawan yang datang ke sini penasaran dengan penampakan miniatur Tanah Lot khas Pulau Dewata.

Biasanya tiga hari sebelum Hari Raya Nyepi, warga Hindu di sini menggelar upacara Jalani Dhipuja dilakukan di Pantai Balekambang. Ritual tersebut tak berbeda dari upacara Melasti di Bali, inti dari Jalani Dhipuja adalah penyucian terhadap manusia dan alam semesta.

Sehari sebelum Nyepi, umat Hindu yang hendak mengikuti upacara di Pantai Balekambang ini telah datang ke pura yang ada di kawasan pantai itu untuk mempersiapkan jolen atau sesajen.

Mataram, Nusa Tenggara Barat

Salah satu hal yang pasti sahabat temui saat Nyepi adalah Pawai Ogoh-ogoh. Tidak cuma di Bali, lho! Soalnya, ritual ini juga bisa sahabat lihat di kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Pawai Ogoh-ogoh ini dipersiapkan oleh pemuda-pemuda banjar di Mataram. Tujuannya untuk mengusir sifat negatif dari muka bumi.

Tidak seperti di Bali yang benar-benar sepi selama perayaan Nyepi, di Lombok masih bisa jalan-jalan, meskipun banyak juga warganya yang merayakan Nyepi.

Pantai Losari, Makassar

Kalau sahabat ke Makassar, pasti banyak orang akan menyarankan buat ke Pantai Losari. Kenapa? Karena di pantai ini sahabat bisa lihat pemandangan sunset yang indah sekali. Semakin sore, pantai yang jadi ikon Kota Makassar ini akan semakin ramai pengunjung.

Saat Nyepi, Pantai Losari kerap menggelar Upacara Melasti. Prosesi Melasti di Makassar sendiri tidak memiliki banyak perbedaan dari upacara Melasti di Bali. Dengan dibukanya Pantai Losari untuk Melasti, umat Hindu yang berada di Makassar tidak perlu jauh-jauh jika ingin melakukan upacara karena letak Pantai Losari memang tidak jauh dari pusat kota.

Boyolali, Jawa Tengah

Jika sahabat kebetulan lagi main di Jawa Tengah, tradisi Nyepi juga bisa sahabat pantau di kota Boyolali. Saat Nyepi, ratusan umat Hindu di Boyolali melakukan Tradisi Mendak Tirta. Mereka mengikuti setiap prosesi dengan khusuk, begitu juga beberapa umat yang menyelam untuk mengambil air dari mata air Ngabean.

Mendak Tirta adalah upacara mencari amerta atau air kehidupan untuk menyucikan jiwa dan nilai-nilai spritual dan kebersihan jiwa. Nantinya air tersebut akan dibawa ke Candi Boko Prambanan untuk disatukan bersama dengan amerta dari daerah lain dalam Upacara Mecaru atau doa bersama menjelang Nyepi.