Sanghyang Heuleut, Kolam Asri di Bandung Barat yang Sangat Eksotis
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Sanghyang Heuleut – Terletak di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat membuat Sanghyang Heuleut selalu identik dengan kolam yang dijadikan sebagai tempat mandi bidadari. Hal itu menjadi wajar karena kalau sahabat datang, sahabat akan melihat lokasi kolam jernih yang lokasinya cukup terpencil dengan pemandangan alami yang begitu sejuk.Lima tempat wisata alternatif untuk liburan akhir tahun

Sumber gambar: https://lokadata.id/artikel/lima-tempat-wisata-alternatif-untuk-liburan-akhir-tahun

Airnya yang jernih dan tenang akan membuat sahabat betah untuk bersantai lebih lama di tempat ini. Apalagi dengan pemandangan batu besar yang mengelilingi kolam, begitu eksotis dengan adanya pepohonan di sela-sela batunya. Batu-batu besar yang ada di sekeliling kolam pun sering dijadikan tempat para pengunjung untuk lompat indah. Meski begitu, sahabat tetap harus hati-hati jika ingin berenang di tempat ini karena kedalamannya mencapai 3 meter. Pastikan sahabat bisa berenang atau menggunakan pelampung ya. 

Sanghyang Heuleut, Kolam Asri di Bandung Barat yang Sangat Eksotis

Sanghyang Heuleut, Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat, Indonesia ...

Sumber gambar: https://id.pinterest.com/

Selain nyaman untuk bersantai dan berendam di atas kolamnya, Sanghyang Heuleut juga sangat cocok untuk dijadikan tempat hunting foto. Bebatuan besar dan tebing yang berpadu dengan air kolam akan sangat menggoda untuk jadi objek foto sahabat. Spot favorit para pengunjung untuk berfoto biasanya di batu paling tinggi yang ada di  Dijamin temen-temen bakal iri melihat foto sahabat di social media.

Menurut cerita yang beredar, kolam ini terbentuk dari gunung api purba yang meletus. Nah, letusannya itu membentuk batu-batu besar yang kemudian terdapat cekungan di sekitarnya. Seiring berjalannya waktu cekungan itu terisi oleh air sungai Citarum sehingga membentuk sebuah kolam seperti sekarang ini.

Kokohnya tebing dan bebatuan di sekitar kolam ternyata sahabat juga akan menemukan dua buah gua, yaitu Gua Sanghyang Tikoro dan Gua Sanghyang Poek. Untuk Gua Sanghyang Tikoro, sahabat akan menemukannya di dekat power house PLTA. Kalau sahabat mau mendekat, sahabat bisa menuruni tangga yang ada di sekitar Sanghyang Heuleut. Sementara untuk Gua Sanghyang Poek, lokasinya sedikit tersembunyi karena terhimpit tebing-tebing tinggi.

Kalau sahabat penasaran dan ingin melihat bagaimana pesona Sanghyang Heuleut, sahabat bisa menuju lokasi dengan waktu tempuh 1.5 jam dari kota Bandung. sahabat bisa mengambil rute menuju waduk Saguling yang kemudian lanjut melewati Sanghyang Tikoro. Dari sana sahabat akan melihat gerbang masuk menuju Sanghyang Heuleut kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki. sahabat harus ekstra hati-hati jika ingin ke Sanghyang Heuleut karena medannya cukup sulit terlebih jika sahabat datang di musim hujan, medan akan semakin licin. Jadi Sahabat sarankan agar sahabat datang di awal musim kemarau ya. Selain medannya menjadi lebih mudah, kondisi air di Sanghyang Heuleut juga jauh lebih jernih.

Untuk tiket masuk ke Sanghyang Heuleut, sahabat akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000 dan biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Baca Juga :