Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Keindahan Ranu Gumbolo

Sumber  instagram.com/fathur_r4/

Terdengar sedikit asing, tapi Ranu Gumbolo memang benar adanya. Ini adalah ranu yang ada di Tulungagung. Saking miripnya dengan Ranu Kumbolo, banyak masyarakat yang menyebut kalau ini adalah Ranu Kumbolonya Tulungagung. Meski begitu, Ranu Gumbolo ini  punya keindahannya sendiri.

Ketenangan air di Waduk Wonorejo adalah daya tarik utama di tempat ini. Waduk dengan airnya yang berlimpah terlihat sangat indah karena dikelilingi perbukitan. Pepohonan yang lebat begitu hijau, serasi dengan air waduk yang tenang. Inilah yang membuat Ranu Gumbolo begitu menarik.

Sumber  instagram.com/buruhpoto/

Ranu Gumbolo hadir secara berdampingan dengan Waduk Wonorejo. Itu sebabnya, pemandangan yang ditawarkan Ranu Gumbolo tak bisa dianggap remeh. Walau sebenarnya keberadaan Ranu Gumbolo ini bukan tepat di pinggir waduk melainkan di tapi aliran sungai dekat Waduk Wonorejo. Meski begitu, pemandangannya mampu menghipnotis siapa saja yang datang dengan menganggap ini seperti Ranu Kumbolo.

Berbeda dengan Ranu Kumbolo yang ada di atas gunung dengan ketinggian 2.400 mdpl, Ranu Gumbolo ini berada di ketinggian 182 mdpl. Itu sebabnya tempat ini tak sedingin Ranu Kumbolo. Tapi berkat rindangnya pepohonan yang ada, pengunjung tak akan merasa kepanasan. Justru ingin terus berlama-lama di tempat ini.

Fasilitas dan Aktivitas

Tempat wisata Ranu Gumbolo ini diresmikan sejak 2016 lalu. Berbagai fasilitasnya sudah dikelola dan kondisinya semakin baik. Tersedia tempat parkir, toilet dan juga penjual makanan. Pengunjung juga bisa memilih banyak aktivitas, mulai hanya sekadar bersantai di bawah pohon atau di gazebo, memancing, mengitari sungai dengan sepeda air, berfoto di spot instagramable, hingga mendirikan tenda di pinggir sungai. Jika kamu kehabisan tempat istirahat, kamu bisa dengan bebas memasang hammock di hutan pinus atau menyewanya seharga Rp5.000.

Lokasi dan Harga Tiket

Sumber  instagram.com/gustikaislamia/

Rindu dengan pemandangan Ranu Kumbolo, kamu bisa mengobatinya dengan datang ke Ranu Gumbolo. Pemandangan yang tak kalah indahnya ini berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.  Lokasinya tak begitu jauh dari pusat kota Tulungagung, sekitar 17 km jika kamu berangkat dari Stasiun Tulungagung.

Untuk harga tiket masuk wisata Ranu Gumbolo, kamu cukup membayar Rp6.000 per orang di hari kerja dan Rp8.000 per orang di akhir pekan. Untuk biaya parkir akan dikenakan tarif Rp2.000 untuk roda dua dan Rp5.000 untuk roda empat.

Bagi kamu yang berasal dari luar kota Tulungagung dan ingin bermalam terlebih dulu sebelum ke Ranu Gumbolo, kamu bisa menginap di sekitar lokasi stasiun. Ada banyak hotel yang Mister rekomendasikan untuk kamu, seperti Votel Hotel Tulungagung atau Front One Hotel Tulungagung.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Keindahan yang Tak Ada Duanya Sumber  instagram.com/anisyasmine/ Surga di Manado, julukan ini sangat cocok untuk...
Semenjak wabah Covid-19 mulai melanda Indonesia, kira-kira sudah sejak bulan Februari-Maret lalu kita disarankan untuk...
Hotel di Indonesia dengan kolam renang unik – Halo teman petualang di mana pun kalian...
Daya Tarik Batu Karst Pundo Siping Sumber  instagram.com/rullyarchipelago/ Berdiri di lahan yang tandus tidak membuat...
5 Hotel Nyaman dan Affordable dekat Universitas Indonesia – Sebagai salah satu universitas terbaik, Universitas...
TemanPetualang.Com | 7 Desa Adat dengan Pemandangan Indah di Indonesia – Indonesia menyimpan berjuta kebudayaan...