Rasakan Serunya Berburu Jajanan di Sunmor Jogja

  • 2 menit waktu baca
  • Tuesday, 31 March 2020

Hobi belanja dan kulineran? Nah, buat yang mau liburan ke Jogja, pastiin sahabat masukin Sunmor Jogja ke dalam list perjalanan, ya. Kenapa? Karena Sunmor atau Sunday Morning yang berlokasi di sekitar wilayah Universitas Gadjah Mada (UGM) ini merupakan kawasan pasar kaget yang hanya digelar setiap hari Minggu, mulai pukul 05.00 hingga 12.00 WIB.

Mirip dengan pasar kaget saat Car Free Day (CFD) di Jakarta, selain bisa melakukan aktivitas olahraga, seperti jogging, bersepeda, atau hanya berjalan-jalan santai, di Sunmor sahabat juga bisa menemukan ratusan pedagang, mulai dari penjaja pakaian, hijab dan baju muslim, hingga beragam pilihan kuliner lezat dan murah meriah. Belum lama ini, TemanPetualangDotCom berkesempatan untuk mampir ke Sunmor dan mencoba beberapa jenis jajanan yang bisa jadi rekomendasi sahabat pas lagi main ke sana.

Pentol Jumbo

Jajanan pertama yang wajib sahabat cicipi adalah pentol jumbo. Pentol atau bakso yang satu ini berukuran cukup besar dan terbuat dari olahan daging ayam dan udang, serta disajikan dengan cara digoreng, ditusuk dengan sumpit, kemudian dinikmati dengan saus pedas manis. Memiliki tekstur yang lembut dan sedikit kenyal, pentol jumbo ini memiliki rasa yang gurih dan sedikit mirip dengan otak-otak atau kaki naga. Harganya sendiri, sahabat hanya perlu membayar Rp12 ribu untuk tiga buah pentol jumbo.

Es Jamu

Sambil mencari jajanan lainnya, TemanPetualangDotCom menemukan minuman tradisional khas Jawa, yakni jamu yang bisa dibilang cukup sulit ditemukan saat ini. Di Sunmor, minuman yang terbuat dari bahan-bahan alami ini disajikan di dalam plastik dan ditambahkan es batu. Abis minum, gak cuma dahaga saja yang hilang, badan juga terasa segar deh! Sahabat bisa memilih es jamu kencur, kunyit asam, dan gula asam, yang masing-masingnya dibanderol dengan harga Rp5 ribu per plastik.

Aneka Jenang (Jejenangan)

Satu lagi jajanan tradisional yang gak boleh sahabat lewatkan kalau lagi jalan-jalan ke Sunmor, yakni aneka jenang. Biasanya, jenang dijual porsian sesuai dengan keinginan pembeli, namun, ada juga penjual jenang yang menyediakan seporsi aneka jenang yang udah di-mix, sehingga sahabat bisa cobain beragam jenis jenang yang ada, mulai dari bubur sumsum, mutiara, kacang hijau, ketan hitam atau ketan hijau, dan candil. Untuk rasanya, gak perlu diragukan lagi. Perpaduan tekstur jenang yang lembut, ditambah saus gula jawa yang manis dan gurihnya santan dijamin bakal manjain lidah sahabat. Seporsi jenang mix bisa sahabat nikmati dengan harga Rp8 ribu saja.

Es Goreng

Meski namanya es goreng, tapi ternyata kuliner yang satu ini sama sekali gak digoreng dan lebih mirip dengan es goyang yang biasa ditemukan di Jakarta. Dijajakan dengan sepeda, es goreng ini terasa seperti es kopyor yang manis dan gurih. Ditambah lelehan cokelat kental, es goreng terasa semakin lezat dan pas sekali dinikmati usai lelah berolahraga. Buat yang ingin menikmatinya, sahabat perlu menyiapkan uang sebesar Rp5 ribu per es krim.

Jajanan Kekinian

Sebelum mengakhiri jalan-jalan di Sunmor, pastikan sahabat menyempatkan waktu untuk membeli jajanan kekinian yang bisa dengan mudah sahabat temukan di sana. Seperti telur gulung, sosis bakar, cumi bakar, otak-otak, dan bakso pedas yang dijual dengan harga mulai dari Rp5 ribu. Biasanya, jajanan ini disajikan dengan saus pedas manis, serta saus sambal, atau mayones. Berkat kelezatan plus harganya yang terjangkau, sejak pagi hingga menjelang siang, penjual jajanan ini selalu dipenuhi pengunjung. Jangan sampai gak kebagian ya!

Jadi, kebayang gak sih dengan uang Rp50 ribu sahabat udah bisa menikmati jajanan apa saja di Sunmor? Dijamin puas sekali deh! Oh ya, sekadar tips, supaya jalan-jalan pagi di Sunmor terasa lebih nyaman, sahabat bisa datang sekitar pukul 06.00 atau 07.00 WIB. Mengapa? Karena di jam tersebut, pengunjung masih belum terlalu ramai dan yang terpenting, cuaca juga belum terlalu panas.