Pentingnya Sunscreen Untuk Jaga Kesehatan Kulit Selama #DiRumahAja
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Siapa bilang sunscreen cuma berfungsi buat sahabat yang sering beraktivitas di luar rumah? Soalnya, produk perawatan yang satu ini juga bermanfaat sahabat gunakan untuk aktivitas selama di rumah aja, lho.

Memang, sunscreen diciptakan untuk meminimalisir kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau ultraviolet (UV). Sering kali, suncreen dibawa sebagai senjata utama sebelum bermain di pantai atau jalan-jalan di tengah kota yang panas.

Namun, ketika sedang work from home (WFH) pun sahabat tetap membutuhkannya. Karena, meski tidak terpapar secara langsung, tapi sinar UV tetap bisa masuk ke dalam ruangan dari sela-sela kaca, pintu, maupun jendela.

Bukan itu saja. Sinar UV, baik UVA maupun UVB, dapat membawa efek yang buruk bagi kulit. Ini karena pancaran sinar UVA ternyata dapat menembus masuk ke dalam ruangan melalui kaca, bahkan ketika cuaca sedang mendung sekali pun.

Bahaya Tanpa Sunscreen

Nah, apa sih resiko yang bisa terdampak jika kulit tidak dilindungi sunscreen saat di rumah aja?

Bahaya akibat sinar UVA ini tidak bisa dipandang remeh, karena dapat menyebabkan penuaan kulit. Beberapa hal dapat muncul seperti munculnya keriput cepat, flek hitam karena hiperpigmentasi, dan lain sebagainya.

Sedangkan efek yang ditimbulkan dari paparan sinar UVB memang tidak separah sinar UVA. Karena, panjang gelombang sinar UVB cenderung lebih kecil, sehingga tidak dapat menembus masuk ke dalam rumah seperti sinar UVA.

Namun, sinar UVB merupakan dalang utama sebagai penyebab kulit terbakar (sunburn). Maka itu, tidak ada salahnya untuk tetap mencegah kemungkinan buruk dari kedua sinar UV tersebut dengan pakai sunscreen meski berada di dalam rumah atau ruangan.

Pemakaiannya Berbeda

Penggunaan sunscreen memang punya tujuan yang sama, melindungi diri dari sinar UVA dan UVB. Namun, soal cara pemakaiannya sudah pasti berbeda.

Ketika sahabat ingin pergi ke luar rumah, sunscreen harus digunakan sekitar 15-30 menit sebelumnya. Sementara jika hanya akan berada di rumah, kantor, atau dalam ruangan saja seharian, sunscreen bisa sahabat bisa pakai kapan pun.

Untuk SPF atau sun protection factor yang terkandung di dalam suncreen itu sendiri, bisa Anda sesuaikan kembali dengan kebutuhan. Semakin tinggi angka SPF pada sunscreen, semakin lama pula jangka waktu produk tersebut dalam menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

Bagi sahabat yang berencana untuk beraktivitas di luar ruangan, biasanya membutuhkan sunscreen dengan kandungan SPF tinggi. Namun jika hanya akan di rumah atau ruangan tertutup seharian ini, sahabat bisa pilih dan pakai suncreen dengan kandungan SPF rendah.

Nah, yang paling krusial adalah waktu yang cocok buat menggunakan sunscreen. Penting untuk memastikan kulit dalam keadaan kering sebelum sahabat memakai sunscreen ke seluruh permukaan wajah. Usahakan juga sunscreen yang digunakan dapat menjangkau seluruh bagian wajah.

Baca Juga :