Penting! Ini Cara Tak Tertular Penyakit Pas Liburan!

  • 2 menit waktu baca
  • Saturday, 11 April 2020
Penting! Ini Cara Tak Tertular Penyakit Pas Liburan!

Sedia payung sebelum hujan, lebih baik kerepotan daripada kesakitan! Di musim hujan seperti ini, ada baiknya sahabat ekstra hati-hati supaya sahabat gak mudah jatuh sakit atau terkena virus. Apalagi buat yang berencana pergi liburan! sahabat harus pintar-pintar menjaga kesehatan, supaya gak jatuh sakit saat lagi asyik menikmati liburan. Demi menjaga kesehatan dan keselamatan, TemanPetualang sudah menyiapkan beberapa tips menjaga kesehatan buatmu. Baca informasi lengkapnya di bawah ini, ya!

Pakai masker

Perlindungan pertama yang bisa sahabat lakukan adalah memakai masker saat berada di tempat umum, seperti ketika berada di angkutan umum, pesawat, atau bandara. Supaya lebih aman, pastikan sahabat memakainya dengan cara yang tepat, ya. Gunakan masker dengan bahan yang tepat dan pakai maskernya sampai menutupi lubang hidungmu. Melakukan hal ini bisa mengurangi resiko tertular penyakit dan juga melindungimu dari debu dan polusi udara! Asyiknya kalau sahabat mau eksis, sahabat bisa menggunakan masker yang memiliki motif lucu!

Biasakan cuci tangan pakai sabun

Mulai sekarang rajin-rajin cuci tangan, yuk! Cucilah tanganmu sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah seharian bepergian, atau setiap sahabat merasa tanganmu kotor. Faktanya, terdapat banyak virus dan kuman di tangan yang kotor. Jangan lupa pakai sabun ya, pas cuci tangan.

Jangan makan sembarangan

Memang susah untuk menahan diri buat gak jajan. Apalagi buat sahabat yang hobi banget kulineran dan suka jajanan kaki lima. Tapi demi kesehatanmu, coba deh jajan di tempat yang lebih bersih. Misalnya, di kedai restoran kecil, warteg, atau warung kopi sederhana. Kalau pengin banget makanan dari gerobak, coba pilih yang tempat jualannya bersih dan tidak jualan di pinggir got. Kalau mau lebih sehat lagi, sahabat bisa mencoba masak jajanan favoritmu di rumah. Belajar resep baru pasti seru banget!

Selalu membawa hand sanitizer

Selalu sediakan hand sanitizer ke mana pun sahabat pergi. Ketika sahabat susah mencari tempat untuk cuci tangan, hand sanitizer bisa jadi alternatif yang tepat. Pastikan sahabat memilih hand sanitizer dengan kadar alkohol sebesar 60-90%, ya. Hal ini supaya kumannya lebih cepat dibasmi!

Istirahat yang cukup

Faktanya, badan yang lelah dan kurang tidur akan lebih rentan terkena penyakit. Jadi, kalau sahabat sudah capek banget, jangan paksakan mau melakukan ini itu, tidur aja dulu. Badan yang segar akan lebih baik untuk menemanimu melakukan aktivitas liburan yang seru. Gak mau kan, rencana liburanmu jadi berantakan cuma karena sahabat kurang tidur dan jadi jatuh sakit?

Bersihkan tempat yang akan sahabat gunakan

Ketika bepergian dan menggunakan fasilitas umum, ada baiknya sahabat bersihkan dulu permukaanya. Ini supaya lebih bersih dan untuk menghindari kuman bandel. Misalnya, membersihkan kursi pesawat yang akan sahabat duduki. Gak perlu repot kok, sahabat cuma membutuhkan tisu basah atau hand sanitizer. Selain itu, biasakan juga untuk selalu membersihkan tempat duduk toilet sebelum sahabat gunakan.

Minum vitamin

Tips menjaga kesehatan terakhir adalah minum vitamin! Ketika sahabat merasa kondisi badan sudah kurang fit, ada baiknya sahabat mengkonsumsi vitamin. Misalnya vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau vitamin lain yang baik untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

Tips menjaga kesehatan udah ready, semoga bermanfaat terima kasih sudah berkunjung ke blog temanpetualang.com