Selain Bakpia, Ini 5 Oleh-oleh Hits Jogja buat Dibawa Pulang
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Sebelum membahas oleh-oleh jogja, untuk informasi sahabat seperti namanya, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau kerap disebut Jogja ini memang tiada duanya. Budaya yang kental, destinasi pariwisata yang lengkap mulai dari pegunungan hingga laut, serta beragam pilihan kulinernya, mampu menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Agar liburan sahabat semakin lengkap, beragam oleh-oleh khas Jogja ini bisa dicicipi plus dibawa pulang sebagai buah tangan untuk kerabat di rumah. Bakpia adalah salah satu makanan populer di Jogja yang biasanya menjadi oleh-oleh wajib. Akan tetapi, masih ada banyak loh oleh-oleh Jogja yang bisa menjadi alternatif untuk sahabat coba. 

Apa saja oleh-oleh Jogja yang hits yang wajib sahabat coba? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Oleh-oleh Jogja 1. Mamahke Jogja

Selain Bakpia, Ini 5 Oleh-oleh Jogja Yang Hits Buat Dibawa Pulang

Mamahke Jogja menjadi salah satu oleh-oleh hits dari Yogyakarta yang wajib untuk dicoba. Mamahke Jogja ini pas banget buat sahabat yang suka dengan beragam cake dengan banyak varian rasa. Yang paling favorit dari Mamahke Jogja adalah cake pastry dengan ciri khas puff pastry kacang merah yang terdapat di antara sponge cake

Ada 6 varian cake pastry regular, yaitu double chocolate, cheese, red velvet, tiramisu, Oreo-cheese, dan choco banana. Selain itu, ada juga 3 varian krucils yang merupakan best seller, yaitu double chocolate, red velvet, dan cheese.  Cita rasa lembut sponge cake yang dipadukan crunchy puff pastry menjadi sorotan tersendiri bagi penikmat cake pastry. Kue ini dapat diperoleh dengan harga Rp20.000* s.d. Rp65.000*. 

Selain cake pastry, Mamahke Jogja juga menyajikan produk rollcake sebagai pilihan lain bagi penikmat sponge cake dengan harga Rp43.000* dan Rp45.000*. Terdapat 5 varian rasa yang paling favorit, yaitu es teler, triple cokelat, keju, tiramisu, dan cokelat.

Alamat: Outlet Mamahke Jogja Tamansari, Jalan Taman KT I/329 Patehan, dan Outlet Mamahke Jogja Adisucipto, Jalan Laksda Adisucipto Km. 7.

Oleh-oleh jogja 2. Coklat Monggo

Selain Bakpia, Ini 5 Oleh-oleh Jogja Yang Hits Buat Dibawa Pulang

Berbeda dengan cokelat lainnya, Coklat Monggo menghadirkan varian cokelat dengan berbagai cita rasa yang unik. Coklat Monggo yang populer sejak 2005 ini, dikemas secara elegan dan klasik. Soal rasa, Coklat Monggo punya banyak varian mulai dari yang biasa hingga yang tak lazim, seperti dark chocolate, white chocolate, milk chocolate, coconut chocolate, chili chocolate, hingga cokelat dengan rasa rendang. Menarik, bukan?

Bagi sahabat yang sedang berlibur ke Jogja, beragam varian Coklat Monggo dapat ditemui di pabrik pembuatan cokelatnya langsung. Untuk harga, setiap ukuran cokelat berbeda-beda, mulai dari Rp20.000* hingga Rp139.000*.

Alamat: Jalan Dalem KG III No. 978, Purbayan, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55173.

Oleh-oleh jogja 3. Kopikoh

Selain Bakpia, Ini 5 Oleh-oleh Jogja Yang Hits Buat Dibawa Pulang

Kabar gembira bagi pencinta kopi. Buat sahabat yang berkunjung ke Jogja, wajib untuk mencoba produk kopi homemade yaitu Kopikoh. Kopikoh adalah usaha kopi susu yang hadir sebagai solusi untuk warga Jogja agar bisa menikmati kopi ala kedai di rumah. Kopikoh berasal dari biji kopi robusta yang dipetik langsung oleh petani lokal di dataran tinggi daerah Jawa Tengah dan diproses dengan medium roasting

Kopikoh punya cita rasa yang khas dibandingkan kopi-kopi kekinian lainnya. Memiliki dua pilihan rasa, yaitu kopi susu yang lembut dan kopi yang kuat. Kopikoh hadir dengan kemasan botol praktis dalam berbagai ukuran. Bagi para penggemar kopi, sahabat dapat menikmatinya dengan aman tanpa khawatir asam lambung.

sahabat cukup merogoh kocek sebesar Rp20.000* untuk ukuran medium, Rp45.000 ukuran large*, dan Rp80.000* ukuran XL. Menariknya, Kopikoh menggunakan botol kaca yang bisa diisi ulang. Nantinya, sahabat bisa mengembalikan botol lama dan akan ditukar dengan yang baru.

Buat sahabat yang ada di Jogja, sahabat bisa menikmati Kopikoh dengan memesan langsung melalui whatsapp 08112511119 dan instagram @_kopikoh. Buat sahabat yang tinggal di luar kota seperti Jakarta, Bandung, Malang, dan Surabaya, juga dapat menikmati Kopikoh ya. Kopikoh akan diantar langsung ke alamat sahabat.

Oleh-oleh jogja 4. Sambal Oma

Selain Bakpia, Ini 5 Oleh-oleh Jogja Yang Hits Buat Dibawa Pulang

Yogyakarta punya beragam kuliner dengan cita rasa yang manis, hingga pedas. Buat sahabat pencinta pedas, sahabat bisa cobain Sambal Oma. Sambal Oma diolah dengan bahan-bahan pilihan dan rempah-rempah berkualitas yang pedasnya mampu menggugah selera. Sambal Oma cocok disantap sebagai lauk atau bisa juga menjadi solusi membuat nasi goreng tanpa tambahan bumbu lainnya. Lebih istimewa, Sambal Oma bisa disantap tanpa pendamping lauk lainnya loh. Mengapa? Karena Sambal Oma sudah dilengkapi dengan varian lauk di dalamnya, seperti sambal baby cumi, sambal belut, sambal pete, sambal ati ampela, sambal ayam, dan sambal teri. sahabat dapat menikmati Sambal Oma dengan harga Rp30.000*Rp35.000*. 

Alamat: Jalan Keparakan Lor MG I 585 RT 29 RW 07 Mergangsan, Yogyakarta, atau juga bisa diperoleh di Outlet Mamahke Jogja Tamansari, Jalan Taman KT I/329 Patehan, dan di Outlet Mamahke Jogja Adisucipto, Jalan Laksda Adisucipto Km. 7.

Oleh-oleh jogja 5. Wedang Uwuh

Selain Bakpia, Ini 5 Oleh-oleh Jogja Yang Hits Buat Dibawa Pulang

Selain rasanya yang enak, minuman ini juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh. Wedang uwuh adalah ramuan tradisional yang terbuat dari 100% rempah-rempah alami yang sudah turun temurun sejak zaman raja-raja Mataram. Wedang uwuh yang merupakan minuman tradisional alami khas Yogyakarta ini terbuat dari jahe, kayu secang, daun cengkeh, daun pala, dan gula batu yang dicampur menjadi satu. 

Perpaduan antara manis dan hangat dari jahe serta aroma yang khas dengan warna merah cerah membuat minuman ini memiliki keunikan tersendiri. Wedang uwuh dapat diperoleh dengan harga Rp 30.000* (isi 5 buah).

Alamat: Outlet Wedang’e Kulo, Jalan Keparakan Lor MG I 585 RT. 29/RW. 07 Mergangsan, Yogyakarta. 

Nah, itu dia oleh-oleh Jogja yang hits lainnya yang bisa sahabat pilih. Makin kangen sama Kota Jogja?

Baca Juga :