Menelusuri 2 Museum Musik Bersejarah di Indonesia yang Penuh Nostalgia

  • 2 menit waktu baca
  • Tuesday, 24 March 2020

Selamat hari musik nasional! Sebagai penikmat, ada berbagai cara menelusuri dan mempelajari jejak sejarah musik Tanah Air dari berbagai era, salah satunya main ke museum musik!

Meski tidak terlalu banyak, ada beberapa museum musik yang bisa sahabat kunjungi sambil liburan nanti. Dua di antaranya berada di koto Solo, Jawa Tengah dan Malang di Jawa Timur.

Beragam koleksi musik, dari era 70,80, hingga sekarang bisa dilihat di sini, lho. Selain itu, sahabat juga bisa bernostalgia dengan melihat foto-foto para musisi dan poster konser yang jadul sekali!

Penasaran museumnya apa saja? Yuk, simak di bawah ini!

Studio Lokananta, Solo

Kota Batik, Solo, ternyata menjadi rumah bagi studio tertua di Indonesia, Lokananta. Berdiri di tahun 1958, Lokananta memegang peran penting dalam perkembangan industri musik Tanah Air.

Melalui Lokananta, Indonesia kala itu tidak cuma memiliki studio rekaman musik resmi pemerintah, tetapi juga produksi serta duplikasi piringan hitam hingga kaset audio yang laris di pasaran.

Musisi-musisi legendaris seperti Gesang, Titik Puspa, Waldjinah, Ismail Marzuki, Bubi Chen, Jack Lesmana, Bing Slamet hingga Idris Sardi lahir dan dibesarkan oleh Lokananta. Tidak cuma itu, musisi kekinian seperti White Shoes & The Couples Company, Glenn Fredly hingga Naif menjalani proses rekaman album-album hebatnya di studio ini.

Berada di bawah pengawasan langsung Perum Percetakan Negara, Lokananta turut punya andil terhadap keberlangsungan Radio Republik Indonesia (RRI). Mereka menjadi studio pertama yang menghasilkan materi siaran di 27 studio yang tersebar di seluruh Indonesia secara non komersial.

Tidak mengherankan jika Lokananta adalah pusatnya arsip musik Indonesia dengan 40 ribu lebih koleksi kaset hingga piringan hitam serta ratusan alat rekaman tersimpan rapi.

Hadir di lahan seluas 21.500 meter, Studio Lokananta memiliki studio mixer yang langka. Saking langkanya, hanya Lokananta dan BBC di London, Inggris yang memiliki alat untuk mixing materi musik ini.

Museum Musik Indonesia, Malang

Jika sahabat sedang liburan di Malang, coba main ke daerah Kasin, Klojen. Di sana ada Museum Musik Indonesia yang siap memanjakan sahabat dengan berbagai koleksi bersejarah.

Berada satu tempat di Gedung Kesenia Gajayana, ini merupakan museum musik pertama dan satu-satunya di Indonesia. Di sana, sahabat bisa melihat berbagai koleksi lagu lawas dari tahun 80-an dalam bentuk pita

Seperti baju panggung milik penyanyi Dara Puspita yang berusia sekitar setengah abad, baju serta koleksi kaset milik penyanyi Guruh Soekarno Putra, hingga topi yang dipakai Iwan Fals saat konferensi pers sebelum tampil pada konser ekslusif di Graha Cakrawala beberapa tahun lalu.

Museum yang berdiri sejak 2009 lalu ini pun menyimpan koleksi yang disumbangkan masyarakat. Tidak heran, kalau dihitung sudah ada lebih dari 16 ribu kaset, 3 ribu CD, hingga 3 ribu barang cetakan seperti poster, buku dan leaflet yang bersemanyam di museum ini.