Melihat Pesona Pantai Pangasan yang Menawan dan Masih Alami

  • 2 menit waktu baca
  • Friday, 3 April 2020

Rindu berat sama aroma pantai dan suara debur ombak? Kayaknya sahabat tidak sendiri, deh! Mumpung lagi #dirumahaja, ini saatnya buat sahabat rencanain liburan selanjutnya biar lebih matang. Tentunya baru bisa direalisasikan setelah situasi normal kembali, ya.

Kali ini temanpetualang.com mau merekomendasikan Pantai Pangasan yang terletak di Pacitan, Jawa Timur buat destinasi liburanmu nanti. Pantai yang memiliki daya tarik berupa tebing batu yang menjulang tinggi ini, ternyata dikenal juga dengan nama Gunung Lanang oleh masyarakat setempat. Karena keunikannya tersebut, Gunung Lanang yang terletak di sisi barat pantai menjadi landmark Pantai Pangasan. 

Dari pusat Kota Pacitan, Pantai Pangasan berselang sekitar 40 menit berkendara ke arah tenggara. Namun untuk mencapai sisi pantainya, sahabat harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit dari area parkir. Rute jalan setapak ini melalui perkebunan warga dan juga hutan tropis yang pastinya menyuguhkan pemandangan yang tidak kalah cantik. Pencinta alam tidak boleh melewatkan kesempatan langka ini.

Semua usaha sahabat menuju Pantai Pangasan akan langsung terbayar sesampainya di sana. Sahabat dapat melihat perbukitan hijau yang berbatasan langsung dengan laut lepas. Pemandangan inilah yang jarang ditemukan di banyak pantai. Suasananya pun tenang karena di pantai ini benar-benar kosong, bahkan tidak ada area duduk atau area makan. Jadi, sahabat bisa merasakan langsung kealamian Pantai Pangasan. Pastikan sahabat manfaatkan momen ini dengan berfoto sepuasnya, ya.

Berjalan ke sisi timur, sahabat akan menemukan sungai yang menjadi perbatasan Pantai Pangasan dengan Pantai Sangklehan yang letaknya bersebelahan. Pantai yang juga memiliki pesonanya tersendiri ini juga tidak boleh sahabat lewatkan saat mengunjungi Pantai Pangasan. 

Sebagai informasi, Pantai Pangasan tidak memungut biaya tiket masuk alias gratis. Sahabat hanya perlu membayar biaya parkir yang berkisar Rp2.000-5.000 per kendaraan. Yang perlu diingat, kalau mau berjalan di tepi pantai maupun berenang di laut sahabat harus selalu berhati-hati. Mengapa? Karena Pantai Pangasan memiliki banyak sekali batu karang. Jadi, pastikan sahabat memakai alas kaki yang sesuai dan nyaman, ya.  Jangan lupa juga untuk pakai krim tabir surya, topi, atau  sunglasses biar sahabat selalu terlindungi dari sengatan sinar matahari.