Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Kalau di Thailand ada Phuket yang memiliki keindahan susunan tebing yang dibawahnya ada air laut yang sangat eksotis, sahabat juga bisa merasakan hal yang sama di Garut, tepatnya di Leuwi Tonjong Garut. Bedanya air yang ada di bawah tebing ini bukanlah air laut tapi aliran sungai.

Leuwi Tonjong Garut

Leuwi Tonjong Surga Tersembunyi di Garut

Leuwi Tonjong merupakan sajian alam berupa lubuk dangkal yang di belakangnya terdapat dua tebing sejajar dengan aliran air sungai yang mengalir di tengahnya. Tebing yang eksotis inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berlama-lama di Leuwi Tonjong Garut.

Berlokasi di Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Leuwi Tonjong masih jarang dikunjungi wisatawan. Sebab, akses menuju lokasi masih cukup sulit dan masih minim penunjuk arah serta transportasi umum. sahabat harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk bisa sampai ke Leuwi Tonjong. Tapi kalau sahabat pecinta adventure dengan kesegaran alamnya, tentu akses menuju lokasi bukan menjadi halangan untuk bisa menikmati jernihnya air Leuwi Tonjong Garut beserta tebing yang eksotis.

Usaha jelas tidak akan mengkhianati hasil, begitulah ungkapan saat sahabat tiba di Leuwi Tonjong. Meski harus melewati jalanan sempit, curam, berbatu dan menanjak, tapi usaha keras sahabat akan terbayarkan dengan pesona keindahan yang disajikan di Leuwi Tonjong. Tebing setinggi 100 meter akan menyambut kedatanganmu. Sebuah kolam dangkal dari aliran sungai di balik tebing juga sangat pas untuk sahabat menikmati indahnya alam Leuwi Tonjong. sahabat bisa berendam dan berenang sepuasnya di kolam tersebut.

Main ke Leuwi Tonjong Garut, Yuk! Ketenangan Ada Disana Lho

Menikmati keindahan Leuwi Tonjong akan terasa kurang kalau sahabat tidak berfoto dengan landscape-nya yang begitu indah. Lokasi yang menjadi spot favorit para pengunjung adalah berdiri di area kolam dengan latar tebing yang membelah di tengahnya. Selain itu juga tersedia sebuah perahu rakit yang terbuat dari bambu yang biasa digunakan untuk berfoto. Pastinya, hasil jepretan sahabat akan sangat memuaskan.

Kalau sahabat ke Leuwi Tonjong Garut, sahabat jangan mengharapkan fasilitas yang mewah dan serba ada ya, soalnya tempat ini belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Tapi untuk bisa masuk ke Leuwi Tonjong, sahabat harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 untuk hari biasa dan Rp15.000 untuk hari libur. Sahabat kasih saran, ada baiknya sahabat datang ke Leuwi Tonjong saat memasuki musim kemarau agar aliran air di Leuwi Tonjong tidak terlalu keruh. Jadi, tunggu apa lagi? sekarang waktu yang pas, selamat berpetualang!

Baca Juga :