Logo TemanPetualang

Blog Tips, Destinasi dan Wisata Indonesia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Daftar Isi Konten

Semenjak wabah Covid-19 mulai melanda Indonesia, kira-kira sudah sejak bulan Februari-Maret lalu kita disarankan untuk tetap berada di rumah untuk memutus rantai penyebaran dari virus yang berbahaya ini.

Kemudian belum lama ini aturan PSBB mulai dilonggarkan di beberapa daerah dan merangkul gaya hidup baru yang disebut dengan new normal. Setelah sekian lama terus berada di rumah, kesempatan ini pasti terasa sangat menarik untuk bisa keluar dan beraktivitas seperti biasa lagi.

Penting Sekali untuk Tetap Menggunakan Masker di Mana Saja

Di saat yang sama pula, kita semua harus tetap menjalankan protokol kesehatan, salah satunya adalah menggunakan masker. Nah, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa sebaiknya kamu tidak melepas masker ketika sedang bepergian.

1. Risiko Ada di Mana-Mana

Kita semua tidak bisa langsung mengetahui apakah kita sudah tertular oleh virus yang berbahaya ini atau tidak. Hal ini dikarenakan meskipun ada orang sudah terinfeksi, namun orang itu bisa saja tidak memperlihatkan gejala apapun.

Kamu bisa saja membawa virus dengan tubuh yang sehat dan meningkatkan risiko penularan ke orang lain yang lebih rentan. Dengan menggunakan masker, kita sudah berpartisipasi dalam menjaga kesehatan orang-orang di sekeliling kita, termasuk orang-orang yang kita cintai.

2. Bisa Menimbulkan Kesan Keliru

Memakai masker bisa membuat peranmu menjadi penting untuk kesehatan kita semua. Ketika ada orang yang membagikan foto atau video di media sosial di mana mereka tak mengenakan masker dan tak melakukan physical distancing, hal ini bisa memberikan kesan yang keliru.

Kesan keliru di sini artinya mereka yang melihat foto atau video yang dibagikan tadi dan merasa bahwa pandemi ini adalah masalah yang sepele dan mulai melupakan protokol kesehatan yang seharusnya dilakukan. Padahal faktanya protokol itu dan menggunakan masker membantu mencegah penularan virus.

3. Membantu Pekerjaan Petugas Medis

Menggunakan masker bukan hanya mengurangi risiko penularan virus dari satu orang ke orang lain, melainkan juga membantu pekerjaan dari para petugas medis yang berjuang di garis depan. Mereka sudah memberikan banyak waktu dan tenaganya untuk merawat yang jatuh sakit.

Salah satu cara paling mudah untuk membantu usaha mereka adalah dengan sesederhana menggunakan masker dan physical distancing. Dengan begitu perjuangan para petugas medis sejauh ini tak menjadi sia-sia.

4. Penularan Covid-19 Masih Tinggi

Hingga saat ini kita masih berperang melawan musuh yang tak kelihatan yaitu virus Covid-19. Cara penularannya pun sangat mudah antara satu orang ke orang yang lain melalui droplets atau cairan yang keluar dari mulut kita melalui batuk, bersin, atau berbicara.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus ini adalah dengan melakukan physical distancing dan menggunakan masker di tempat umum, serta mematuhi protokol kesehatan lainnya.

5. Double Masking, Double Protection

Kamu pasti mulai familiar dengan yang satu ini kan, sobat tiket? Yup, saat ini Satgas COVID-19 merekomendasikan penggunaan double masking untuk mencegah penyebaran COVID-19. Double masking sendiri merupakan cara menggunakan masker 2 macam secara bersamaan, dan berguna untuk memberikan perlindungan lebih.

Baca Juga Info :   Mau ke Likupang? Ini 5 Rekomendasi Penginapan Murah di Likupang dan Sekitarnya

Cara ini dinilai dapat menutup lebih rapat serta meningkatkan filtrasi udara. Caranya adalah dengan menggunakan masker medis pada lapisan pertama, dan masker kain untuk lapisan kedua. Oh ya, dengan cara double masking ini dapat memblok hingga 85,4% partikel udara lho, sobat tiket!

Mari Kita Saling Jaga Satu Sama Lain

Pada dasarnya, menggunakan masker di tempat umum akan sangat efektif jika kita semua melakukannya. Bukan hanya untuk keselamatan diri kita sendiri saja, melainkan juga untuk keselamatan orang-orang di sekeliling kita yang kita sayangi. Dengan adaptasi terhadap kebiasaan baru, jangan lupa untuk lengkapi semua kebutuhan starter kit new normal. Stay safe, sobat tiket!

Catatan : Situs ini bekerja sama dengan situs penyedia hotel online.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email