Logo TemanPetualang

Blog Tips, Destinasi dan Wisata Indonesia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Daftar Isi Konten

Kondisi pandemi COVID-19 yang kian menanjak di Indonesia membuat pemerintah bergerak cepat dan beradaptasi dengan kondisi ini. Semenjak munculnya varian Delta yang memiliki tingkat penularan lebih cepat, angka pasien COVID-19 terus melonjak. Salah satu cara yang ditempuh untuk mengurangi laju virus adalah dengan menggunakan masker rangkap dua (double). Namun, masih banyak kesalahan dalam penggunaan masker tersebut.

Nah, agar kamu lebih paham dan aman ketika harus keluar rumah, tentunya protokol ini harus diterapkan dengan benar, bukan? Yuk, kita simak cara memakai masker rangkap dua (double) yang tepat berikut ini!

Masker Medis dan Masker Kain

Pada bulan April 2021, Centers of Disease Control and Prevention (CDC) mengeluarkan imbauan kepada dunia untuk meningkatkan efektivitas penggunaan masker. CDC memaparkan bahwa guna menekan laju penyebaran virus, dibutuhkan penggunaan masker yang benar serta konsisten. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan masker rangkap dua (double).

Di Indonesia sendiri, hal ini sudah diterapkan oleh sebagian besar masyarakat. Namun, masih terdapat kesalahpahaman dalam praktiknya. Sering kali, masker medis dirangkap dua dengan masker medis lainnya. Padahal, cara yang betul adalah dengan merangkap masker medis dengan masker kain.

Mengutip dari rilis yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Universitas Indonesia (RS UI), menggunakan masker rangkap dua (medis dan kain) telah terbukti efektif untuk melindungi diri dari COVID-19. Penggunaan masker double tersebut dapat menyaring partikel yang dikeluarkan oleh seseorang hingga 85,4%. Selain itu, sering kali masker medis masih memiliki rongga di kiri dan kanan yang membuat bakteri atau virus masuk dengan lebih mudah. Setelah dirangkap dengan masker kain, penggunaannya akan lebih erat dan sesuai dengan kontur wajah.

Baca Juga Info :   6 Minuman Boba Enak di Jakarta buat Nemenin Work from Home

Bukan Sembarang Masker Kain

Tidak lupa, pemilihan masker kain ini juga harus diperhatikan. Masker yang digunakan tidak boleh tipis, tetapi harus memiliki dua sampai tiga lapisan untuk menjaga efektivitasnya. Disisi lain, untuk kamu yang masih menggunakan double masker bedah ataupun menambah lapisan pada masker KN95, hal tersebut tidak disarankan, ya. Itu dikarenakan masker KN95 sudah memiliki tingkat filtrasi hingga 95% sehingga pemakaiannya tidak perlu dirangkap.

Sekarang kamu sudah lebih paham bukan cara memakai masker rangkap dua yang baik dan benar? Dengan memahami cara melindungi diri sendiri, kita akan lebih aman sekaligus menjaga kesehatan orang tersayang di sekitar kita. Nah, ketika bepergian selalu patuhi protokol dengan disiplin, ya.

Catatan : Situs ini bekerja sama dengan situs penyedia hotel online.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email