Ini 5 Provinsi di Indonesia yang Penduduknya Paling Bahagia

  • 2 menit waktu baca
  • Monday, 23 March 2020

Selamat Hari Kebahagiaan Internasional! Hari spesial yang jatuh pada 20 Maret ini diperingati untuk mengingatkan masyarakat dunia tentang betapa pentingnya bahagia. Selain pada individu, ternyata di Indonesia sendiri terdapat beberapa provinsi yang tercatat memiliki penduduk paling bahagia, lho. Hal ini diketahui berdasarkan Indeks Kebahagiaan yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2017 lalu. Penilaiannya sendiri diukur dari tiga dimensi, yaitu tingkat kepuasan hidup, perasaan, dan pemaknaan hidup.

Nah, mau tahu provinsi mana saja yang paling bahagia di Indonesia? Yuk, simak di bawah ini.

1. Maluku Utara

Memiliki keindahan alam berupa pulau dan laut, Maluku Utara tercatat sebagai provinsi paling bahagia di Indonesia. Menurut penilaian BPS, masyarakat Maluku Utara lebih yakin kalau mereka sudah memiliki hidup yang berharga. Selain itu, kehidupan sosial masyarakat di kawasan terpencil juga mendapatkan dukungan dari komunitas di sekelilingnya. Karena itulah masyarakat Maluku Utara merasa bahagia dengan kehidupan sehari-harinya.

Tidak cuma masyarakat setempatnya saja, sahabat juga bisa turut merasa bahagia dengan menikmati keindahan alam Maluku Utara, nih. Ada beberapa destinasi wisata yang tak boleh sahabat lewatkan. Di antaranya, Pulau Morotai, Danau Tolire, dan wisata sejarah di Ternate.

2. Sulawesi Utara


Masyarakat Sulawesi Utara juga patut berbangga karena wilayahnya masuk ke dalam peringkat provinsi paling bahagia di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh masyarakat Sulawesi Utara yang memiliki tingkat toleransi tinggi. Pencapaian ini juga didukung dengan program kerukunan kehidupan beragama yang diterapkan oleh pemerintah setempat. Karena itu, tidak heran kalau kita hampir tidak pernah mendengar kegaduhan yang berbasis masalah agama di Sulawesi Utara, ya?

Tentunya hal ini patut dicontoh oleh provinsi lainnya di Indonesia, demi menciptakan kerukunan di seluruh bangsa. Nah, kalau sahabat mau berlibur ke Sulawesi Utara, ada beberapa destinasi rekomendasi anti-mainstream yang asyik buat didatengin, lho. Seperti Likupang, Tomohon, dan Gunung Mahawu.

3. Kalimantan Timur


Indeks kebahagiaan masyarakat di Kalimantan Timur dinilai dari beberapa aspek. Seperti tingkat kepuasan terhadap kesehatan, pekerjaan, keharmonisan keluarga, dan hubungan sosial. Nah, masyarakat di Kalimantan Timur merasa kalau aspek-aspek ini sudah terpenuhi sehingga kehidupannya pun terasa lebih bahagia.

Kalau sahabat berencana ke Kalimantan Timur, ada beberapa destinasi wisata yang tidak boleh sahabat lewatkan. Mulai dari Kepulauan Derawan, Karst Sangkulirang, dan juga Pantai Lamaru. Hayo, mau mulai dari yang mana, nih?

4. Kalimantan Utara

Masyarakat Kalimantan Utara sendiri menilai kehidupannya sudah bahagia melalui aspek keharmonisan keluarga. Oleh sebab itu, masyarakat di sini merasa sudah puas dengan kehidupan sosialnya. Percaya tidak percaya, data dari BPS mencatat kalau masyarakat yang tinggal di perkotaan memiliki nilai keharmonisan keluarga yang lebih tinggi dibandingkan dengan masyarakat yang tinggal di pedesaan.

Berada di wilayah yang berhadapan langsung dengan perbatasan Malaysia, Kalimantan Utara terbukti dapat membawa perdamaian dengan negara tetangga. Hal ini terbukti dengan adanya Festival Crossborder Nunukan yang diadakan tahun 2019 lalu. Selain itu, sahabat juga bisa menikmati keindahan alam Kalimantan Utara di Taman Nasional Kayan Mentarang, Air Terjun Semolon, Pantai Batu Lamampu, dan masih banyak lagi lainnya.

5. Gorontalo


Berada di urutan kelima, Gorontalo juga tercatat memiliki indeks kebahagiaan yang cukup tinggi. Beberapa penilaian yang terpenuhi oleh masyarakat Gorontalo yaitu pada perasaan keamanan terhadap tempat tinggal, merasa tidak tertekan, dan juga memiliki kultur yang terbuka terhadap kaum pendatang. Jadi, buat sahabat wisatawan yang berkunjung ke Gorontalo tidak perlu khawatir atau waswas karena masyarakat setempat akan senang membantu.

Masih tidak jauh-jauh dari keindahan alam, Gorontalo juga bisa masuk dalam daftar liburan sahabat berikutnya, nih. Di antaranya ada Pulau Saronde, Danau Limboto, Pulo Cinta yang tersohor, dan lainnya.