Gunung Lembu e1601733473735
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Gunung Lembu memiliki tinggi yang tidak terlalu tinggi, jalur pendakiannya pun sangat mudah untuk  didaki sehingga sangat cocok bagi para pendaki pemula apalagi yang belum pernah melakukan pendakian sama sekali. Saking mudahnya, sahabat tidak perlu bersusah payah untuk bisa mencapai puncak gunungnya.

Meski bukan jadi gunung favorit para pendaki, Gunung Lembu jadi favorit para pengunjung terutama masyarakat Purwakarta. Soalnya, dari puncak Gunung Lembu, sahabat bakal melihat pemandangan yang menakjubkan. Pemandangan waduk Jatiluhur bisa sahabat lihat dari puncaknya.

puncang gunung lembu purwakarta - Redmi Note 3 - Mi Community - Xiaomi

Sumber gambar: https://c.mi.com/

Lokasi Gunung Lembu ini terletak di Kabupaten Purwakarta, tepatnya di Dukuh Manunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani. Untuk bisa menuju ke Gunung Lembu, sahabat bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Kalau sahabat menggunakan kendaraan pribadi, sahabat bisa melalui tol Jakarta-Cikampek lalu keluar di pintu tol Jatiluhur. Dari keluar tol ini sahabat bisa menuju pertigaan Sukatani melalui jalan Purwakarta-Bandung. Dari pertigaan Sukatani, silakan ikuti petunjuk arah menuju Basecamp Gunung Lembu. Kalau sahabat menggunakan kereta, sahabat bisa turun di Stasiun Purwakarta kemudian lanjut dengan menyewa atau carter mobil menuju Gunung Lembu dengan kisaran harga Rp250.000.

Gunung Lembu, Spot Favorit untuk Nikmati Indahnya Waduk Jatiluhur Dari Ketinggian

Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/CE0MDfaHPLW/

Para pengunjung Gunung Lembu biasanya memilih datang pagi karena suasana lebih sejuk atau sore hari untuk menikmati sunset dari puncak gunung. Tak jarang, para pengunjung juga bermalam untuk bisa menikmati indahnya matahari terbit. Mereka biasanya menginap dengan membawa peralatan camping sendiri. Namun sayangnya tempat untuk mendirikan tenda cukup terbatas. Jika sahabat datang untuk bermalam atau mendirikan tenda, makan akan dikenakan biaya Rp15.000 per orang, jika hanya mendaki dan tidak membawa tenda, sahabat akan dikenakan biaya Rp10.000 per orang.

Gunung Lembu Series 1 | Alfin Tofler | Flickr

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/alfintofler/

Durasi untuk bisa mencapai puncak Gunung Lembu bisa sahabat tempuh sekitar 3 jam. Nantinya sahabat akan melewati jalur pendakian berupa jalan setapak dengan sebagian jalur sudah dibuat berundak seperti anak tangga untuk mempermudah akses pengunjung. Dalam perjalanan menuju puncak, sahabat akan disajikan beberapa warung sederhana, hutan lebat, hingga makam Raden Suryakencana.

Ada beberapa aturan yang mesti sahabat ikuti jika ingin berkunjung ke puncak Gunung Lembu. Berdasarkan mitos yang berkembang, sahabat dilarang untuk bersiul. Kabarnya jika sahabat nekat bersiul, maka sahabat akan hilang dan tersesat di dalam hutan. Jadi, tetap berhati-hati ya. Selain dari Gunung Lembu, sahabat juga bisa lho menikmati indahnya pemandangan waduk Jatiluhur dari ketinggian di tempat lain, yakni dari Gunung Parang. Bedanya, kalau dari Gunung Parang sahabat wajib pakai alat keselamatan ya.

Baca Juga :