Dimanapun sahabat Berada, Perhatikan Etika Batuk dan Bersin

  • 2 menit waktu baca
  • Thursday, 9 April 2020
etika bersin

Dimanapun sahabat Berada, Perhatikan Etika Batuk dan Bersin – Tahukah sahabat, ternyata ada etika batuk dan bersin? Kalau sahabat batuk atau bersin, jangan lupa tutup hidung dan mulut dengan siku terlipat atau menggunakan tisu. Setelah itu, sahabat harus segera membuang tisu ke tempat sampah, lalu cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir minimal 20 detik, atau gunakan hand sanitizer kalau tidak ada air di sekitarmu.

Dengan adanya wabah COVID-19 alias virus Corona saat ini, kita semua diminta untuk menjaga kesehatan dan kebersihan, sehingga kita bisa mencegah penyebaran virus ini. Seperti yang sudah dijelaskan oleh WHO, cara penyebaran virus Corona adalah melalui droplets atau cairan yang keluar saat penderita mengalami batuk atau bersin. Jadi, menutup mulut sebagai etika batuk dan bersin cukup efektif untuk mengurangi penyebaran virus.

Memang benar, kalau batuk atau bersin belum bisa langsung dipastikan terjangkit virus Corona. Ada berbagai jenis penyakit yang menyebabkan batuk dan bersin. Seperti flu biasa atau influenza juga bisa.

Tapi, apapun jenis gejala miliki, tetap ikuti etika batuk dan bersin yang sudah disampaikan di atas, ya. Supaya, kita membantu orang-orang di sekitar kita supaya tidak tertular dari kita. Jangan lupa tutup hidung dan mulut. Tapi dalam kondisi saat ini, kita perlu melakukan physical distancing. Kalau memungkinkan, jangan keluar dari rumah dan lakukan segala sesuatu dari rumah. Seperti bekerja, belanja sembako dari rumah, dan berbagai aktivitas lainnya.

Kalaupun ada aktivitas yang membuatmu tidak bisa meninggalkan rumah, jangan lupa gunakan masker, jaga jarak dengan orang lain, dan jangan menyentuh wajah. Mata, hidung, dan mulut, jangan disentuh, ya. Setelah tiba di rumah, segera cuci tanganmu, minimal 20 detik. Lalu, sahabat bisa langsung mandi dan mengganti pakaian. Setelah itu, sahabat bisa menyapa dan bersentuhan dengan para anggota keluargamu.

Tetap jaga kesehatanmu dan sekali lagi, TemanPetualang mengingatkan sahabat untuk sering-sering mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir. Stay safe, semuanya!

Sumber info dan gambar : airyrooms