Cegah Corona dengan Konsumsi 8 Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh Ini!

  • 2 menit waktu baca
  • Friday, 27 March 2020

Wabah virus Corona yang mengguncang dunia bikin semua orang panik! Meski sudah banyak yang sembuh lewat proses perawatan dan isolasi ala medis, belum ada obat atau antivirus yang terbukti ampuh membunuh virus COVID-19 ini.

Tapi, tenang! Karena Corona lebih sering menyerang korban yang memiliki daya tahan tubuh atau imun rendah, maka ada banyak cara buat menangkalnya. Selain hidup bersih, sahabat juga bisa mengonsumsi banyak makanan, mulai dari sayur maupun buah buat meningkatkan kualitas imun.

Karena, jika imunitas bagus, tubuh akan lebih mudah menangkal berbagai macam virus, termasuk virus Corona. Penasaran apa saja makanan yang dimaksud? TemanPetualangDotCom punya daftarnya, nih!

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu herbal yang bisa meningkatkan daya tahan tumbuh. Kebanyakan masyarakat Indonesia mengonsumsinya dalam bentuk cairan jamu yang dicampur dengan beras kencur. Kunyit sendiri memiliki kandungan lipopoliskarida yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, kunyit dapat menurunkan risiko terkena flu dan infeksi lainnya.

Yoghurt

Merasa badan lagi tidak sehat? Rasanya sahabat harus banyak mengonsumsi yoghurt. Minuman sehat yang rendah ini punya khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh bahkan menangkal tubuh dari virus flu sampai 25 persen. Karena, bakteri baik seperti lactobacillus reuteri punya andil mencegah terjadinya replikasi virus saat tubuh sakit.

Bayam

Popaye aja makan bayam, masa sahabat tidak? Yap, sayur berwarna hijau ini kaya vitamin C, antioksidan, dan betakaroten, yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Mirip dengan brokoli, bayam adalah yang paling sehat jika dimasak sehingga bisa mempertahankan nutrisi. Selain itu, bayam punya banyak kandungan mineral yang juga baik buat tubuh.

Brokoli

Sayur yang satu ini banyak dihindari orang. Selain rasanya yang agak pahit, brokoli dianggap punya rupa yang tidak menawan dan menarik. Tapi, jangan anggap sebelah mata. Karena, brokoli dipenuhi vitamin, seperti A, C, dan E, mineral, dan serat. Selain itu, brokoli juga dimotori antioksida yang ampu menangkal beragam virus dan memaksimalkan daya tubuh kita.

Jeruk

Sudah segar, banyak manfaat pula! Yap, jeruk adalah buah yang paling efektif meningkatkan imun tubuh. Jeruk memiliki kadar vitamin C yang tinggi membuat buah ini dianggap sebagai makanan penjaga sistem kekebalan tubuh terbaik. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, sehingga dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan mempercepat penyembuhan terhadap penyakit-penyakit lainnya.

Kiwi

Seperti jeruk, kiwi sangat kaya akan vitamin C. Saking tingginya, satu buah kiwi saja sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C untuk sehari. Vitamin C sangat penting dalam membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Selain mendukung fungsi kekebalan tubuh, konsumsi buah kiwi juga sangat membantu dalam pencegahan penyakit flu dan batuk-pilek, terutama pada kelompok lansia dan anak-anak.

Jahe Merah

Sebenarnya, semua jahe punya khasiat yang sama. Namun, buat menjaga daya tahan tubuh, jahe merah jauh lebih efektif. Jahe merah dapat membantu mengurangi peradangan saat flu, sakit tenggorokan, dan radang lainnya, serta mengurangi mual. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam jahe dapat mempertebal imun tubuh sahabat. Sehingga, tidak mudah tertular penyakit seperti flu dan lainnya.

Mengkudu

Satu lagi buah yang tidak terlihat menarik tapi punya manfaat besar bagi kesehatan. Mengkudu adalah buah tropis yang biasa ditemukan di negara Asia Tenggara. Biasa digunakan untuk mengobat penyakit seperti sembelit, infeksi, nyeri, dan radang sendi, mengkudu juga punya khasiat untuk meningkatkan kualitas imun. Hal ini karena mengkudu punya kadar antioksidan yang dapat mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasanya terjadi selama aktivitas fisik.