Cara Menenangkan Diri di Tengah Ricuhnya Masa Pandemi

  • 2 menit waktu baca
  • Thursday, 9 April 2020
Cara-Menenangkan-Diri-di-Tengah-Ricuhnya-Masa-Pandemi.jpg

TemanPetualang paham kok, sekarang sahabat lagi merasa cemas, takut, atau mungkin gak tenang. Di tengah masa pandemi ini, semua orang dan pihak menjadi panik. Bagaimana tidak? Banyak yang mendapat kerugian, banyak rencana yang terpaksa harus dibatalkan, dan perubahan lain, yang harus dihadapi. Berita di televisi dan media sosial juga semakin membuat pikiran gak tenang. Tapi tahukah sahabat, di tengah waktu seperti ini, membuat diri tenang itu adalah salah satu langkah untuk menjaga kesehatan dari virus COVID-19, lho. Nah, blog kali ini TemanPetualang pengin bagi-bagi tips cara menenangkan diri di tengah ricuhnya isu pandemi. Langsung disimak, ya!

Jangan terlalu sering membaca berita

Iya, selalu up-to-date itu penting. Tapi kalau yang ditonton berita buruk melulu nanti malah semakin stres! Coba, kurangi kadar mengkonsumsi beritamu. Pilih dan simak berita yang menghibur aja. Kurangi jatah mengkonsumsi media sosialmu juga, ya. Kalau mau tahu berita terbaru, pastikan sahabat mendapatkannya dari sumber terpercaya. Supaya sahabat gak dibikin pusing atau makin cemas.

Fokus ke hal-hal yang baik

Lebih baik fokus ke hal yang masih ada, daripada gak ada. Bersyukur sama apa yang sahabat miliki sekarang, bukan malah mencari apa kurang. Lihat, hal apa saja yang masih tetap sama dan bikin sahabat bahagia. Misalnya, kucingmu yang selalu ada dan nemenin, tanaman bunga di kebun, lezatnya rasa mie instan, makan coklat, foto album yang penuh dengan memori, dan masih banyak lagi. Dengan fokus ke hal-hal kecil yang bikin bahagia, hari-harimu akan terasa lebih ringan, lho.

Salurkan rasa cemas ke media lain

Ketika udah cemas dan down banget, coba salurkan segala rasa cemas itu ke hal lain. Misalnya dengan menulis, menggambar, masak, menjahit, main gitar, tidur, olahraga, atau apapun itu. Lebih baik sahabat menyalurkan energimu untuk melakukan aktivitas lain yang lebih bermanfaat, daripada menghabiskannya buat cemas.

Lakukan hobi

Daripada cemas, mendingan melakukan hal yang bikin senang. Istirahat sejenak dari berita dan sosial media, untuk melakukan hobimu. Kalau bisa, pas mengerjakan hobi, sahabat benar-benar fokus. Gak ada handphone atau distraksi apapun. Biarkan badan dan pikiranmu rileks, sambil mengerjakan apa yang sahabat sukai. Gak perlu takut soal hasil, yang penting sahabat enjoy pas mengerjakannya.

Hubungi orang tersayang

Ajak ngobrol orang tersayang pas sahabat lagi merasa cemas, yuk. Yakin deh, suara mereka bisa membuat sahabat tenang. Ajak ngobrol topik yang ringan dan bisa membuat sahabat ketawa. Semakin seru, kalau ngobrolnya rame-rame. Curahkan semua uneg-unegmu, biar lebih lega. Setelah sahabat ngobrol dengan orang tersayang, pasti sahabat bakal lebih lebih tenang.

Yuk, coba praktikkan cara menenangkan diri diatas. Pelan-pelan pasti bisa kok, kelak semua ini akan berlalu dan sahabat bisa jalan-jalan lagi sama TemanPetualang. Buat rencana perjalananmu selanjutnya, aturnya bersama TemanPetualang aja.

sumber foto : freepik.com