Logo TemanPetualang

Blog Tips, Destinasi dan Wisata Indonesia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Daftar Isi Konten

Kuliner Khas Likupang – Liburan identik dengan melakukan segala aktivitas yang menyenangkan. Tidak terkecuali dengan mencicipi beragam kuliner lezat khas tempat kita berwisata bukan?

Tempat wisata rekomendasi tiket.com kali ini berada di Pulau Sulawesi tepatnya di daerah Likupang. Merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara, daerah Likupang menjadi Daerah Wisata Super Prioritas Kemenparekraf. 

Nah, buat kamu yang sedang berkunjung dan berlibur di daerah Likupang, bisa nih mampir ke beberapa tempat makan yang menjual makanan khas daerah wisata ini yang terkenal enak. Bahkan ada beberapa makanan yang belum pernah kamu coba lho!

Baca instagram

Daftar Makanan Khas Likupang yang Wajib Dicoba

Memang paling bener deh makanan nggak akan pernah mengecewakanmu, sobat tiket. Makanya, ketika berlibur pastikan kamu sudah mencari tahu macam kuliner khas daerah wisata dengan lengkap.

Selain memperkaya rasa yang pernah kamu coba, tentunya mengabadikannya menjadi cara berlibur yang menyenangkan. Nah, mau tau deretan makanan khas di Likupang nggak? Dijamin bakal menggoyang lidah deh. Enak semua deh! Kuy mari kita bedah satu-satu ya.

1. Bubur Tinutuan

Kuliner khas Likupang ini tentu sering dibahas di beberapa artikel maupun sosial media. Yaps, bubur tinutuan adalah nama lain dari bubur Manado. Bubur ini terbuat dari labu yang dicampur dengan beberapa jenis sayuran.

Bagi kamu pecinta bubur tentu nggak boleh melewatkan menikmati bubur khas Sulawesi Utara ini. Sayurannya pun cukup lengkap seperti kangkung, jagung, bayam, daun singkong hingga taburan daun kemangi yang akan menambah harum aromanya ketika disantap. Hmmmm.

Biasanya, bubur ini dimakan dengan tambahan sambal roa dan juga ikan cakalang goreng atau perkedel ikan nike. Perasan jeruk limau juga akan menambah kaya rasa setiap sendokannya lho. Wah udah bisa kebayang nikmatnya ketika disantap hangat-hangat ya.

2. Pisang Goroho dan Sambal Roa

Kuliner khas Likupang selanjutnya masih menggunakan sambal roa yang terkenal lho. Pisang goroho dengan cocolan sambal roa tentu akan jadi makanan ringan yang patut kamu coba.

Pernah merasakan pisang goroho belum nih? Atau mungkin malah baru dengar jajanan ringan khas Likupang ini? Pisang goroho merupakan jenis pisang yang ada di Gorontalo. Jenis buah ini umumnya diolah ketika masih mengkal. 

Berkulit hijau dengan tekstur keras, pisang ini dipotong sedikit tebal memanjang seperti kentang goreng. Rasanya pun gurih dengan tekstur garing di luar dan lembut di dalam. Hm, pantas saja cocok dengan sambal pedas seperti sambal roa.

3. Panada

Makanan ringan ketiga ini juga sudah terkenal di kalangan pecinta kuliner. Panada namanya. Bentuknya seperti kue pastel yang ada di Pulau Jawa. Dalam bahasa daerah Likupang, panada berarti isian ikan dibungkus roti.

Selain mirip dengan pastel, panada juga terlihat hampir sama dengan makanan lainnya seperti jalangkote. Isian dari ketiga kue ini yang membuat berbeda. Kalau penasaran bedanya seperti apa tentunya harus coba kalau sedang berada di Likupang.

Isian yang digunakan umumnya adalah suwiran ikan cakalang yang telah dibumbui pedas dengan tambahan daun kemangi. Dalam satu gigitan kamu akan merasakan gurih dan sensasi pedas dari isian dan renyahnya kulit roti panada. Hm, nikmat.

4. Lalampa

Nah sajian kuliner Likupang satu ini juga hampir mirip dengan lemper di Jawa lho. Terbuat dari ketan yang dibungkus daun pisang, lalampa menggunakan isian suwiran ikan tongkol yang pedas. 

Termasuk daerah pesisir, nggak heran kalau makanan khas Likupang akan didominasi dengan olahan ikan segarnya. Selain rasa legit dan gurih dari ketan, kamu juga akan merasakan pedas dan nikmatnya isian tongkolnya lho.

Uniknya, sebelum dibakar di atas bara api, daun pisang pembungkus lalampa akan diolesi dengan minyak sayur yang menambah harum lezat aromanya ketika sudah matang. 

5. Tinoransak

Selain kuliner dengan beragam olahan ikan segarnya, Likupang juga memiliki makanan khas lainnya seperti tinoransak. Wah apatuh? Unik ya namanya.

Sebenarnya tinoransak adalah makanan yang terbuat dari olahan daging yang dimasak bersama rempah-rempah khas Manado, Sulawesi Utara. Daging yang digunakan pada umumnya adalah daging babi.

Buat kamu yang nggak bisa mengkonsumsi babi, tenang aja. Sekarang banyak kok restoran ataupun warung makan di Likupang yang menyediakan tinoransak dengan daging sapi maupun ayam. Jadi, semua kalangan bisa kok merasakan nikmatnya makanan satu ini.

6. Cakalang Fufu

Ikan cakalang merupakan salah satu komoditas ikan yang sangat berlimpah nih di Likupang. Tentunya akan sangat banyak makanan khas Sulawesi Utara yang menggunakan bahan baku ikan ini lho.

Banyaknya pasokan ikan, membuat masyarakat sekitar mengawetkannya dengan cara diasap. Di Manado, proses pengasapan ini disebut “fufu”. Unik ya. Bahkan cakalang fufu dapat awet selama 1 bulan di suhu ruangan lho.

Wah, bisa nih buat kamu yang berencana membawa oleh-oleh sepulang dari Likupang. Nggak perlu khawatir busuk bukan. Mudah dan pastinya lezat. Umumnya, cakalang fufu akan dikonsumsi bersama sambal dabu-dabu khas Minahasa. Hm, rawan tambah nasi tuh! Hahaha.

7. Nasi Jaha

Siapa di sini pernah merasakan nasi jaha? Wah, sepertinya banyak yang belum tahu tentang kuliner satu ini ya. Jika dilihat sekilas, nasi jaha atau sering disebut nasi jahe memang terlihat seperti lemang dari Sumatra Barat.

Melihat cara pembuatannya yang masih tradisional tentu akan jadi pengalaman yang nggak pernah terlupakan lho sobat tiket. Campuran beras dan ketan yang telah dicuci bersih kemudian dibumbui dan diberi santan akan dikukus terlebih dahulu yang kemudian dibakar di dalam bambu.

Rasa jahenya yang kuat ditambah gurihnya santan akan menambah nafsu makan tentunya. Nasi jaha akan sangat cocok jika disantap dengan lauk seperti abon cakalang, ataupun olahan daging rusa dan sapi. Penasaran kan gimana rasanya?

8. Brenebon

Rekomendasi terakhir di artikel kali ini adalah brenebon. Kuliner satu ini adalah salah satu jenis sup khas Sulawesi Utara. Berbahan dasar kacang merah dan sayuran yang dimasak dengan daging dan kaldunya tentu akan menggugah selera makan siapa saja yang mencobanya.

Seperti sup lainnya, warna kuah brenebon bening tetapi sedikit merah dengan rasa manis yang dominan. Jenis brenebon ini ada dua lho, sobat tiket. Brenebon kacang merah dan brenebon daging babi yang cenderung lebih gurih.

Hm, sepertinya sup brenebon akan lebih nikmat jika disantap ketika masih hangat ya, sobat tiket. Apalagi ketika malam hari dengan angin dinginnya. Duh jadi kebayang segar, gurih dan hangat di tenggorokan. Mantap!

Nikmatnya Kuliner Khas Likupang Emang Bikin Terbang Melayang Deh!

Gimana nih, kelihatannya enak semua kan kuliner khas Likupang review kali ini. Makanan ringan hingga yang bikin kenyang bisa banget kamu cicipi di sana. Indonesia emang kaya banget deh soal cita rasa dan rempah-rempahnya.

Pengin ngerasain nikmat kuliner Likupang yang bikin melayang? Terbang aja ke Likupang bareng tiket.com. Gampang banget caranya. Tinggal pilih penerbangan ke Manado di tiket.com, dan liburan impianmu ke Likupang akan jadi kenyataan.

Pastikan selalu patuhi protokol kesehatan yang berlaku ya selama berlibur, sobat tiket. Kesehatan tentu jadi hal utama untuk bisa menikmati liburan dengan maksimal bukan? Selamat berlibur dan bahagia selalu ya! 

Catatan : Situs ini bekerja sama dengan situs penyedia hotel online.

Baca Juga Info :   7 Kafe Bertema Alam untuk Work from Ubud Bali
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email