Logo TemanPetualang

Blog Tips, Destinasi dan Wisata Indonesia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Daftar Isi Konten

9 Pulau Eksotis di Indonesia yang Wajib Masuk Bucket List! – Selain Bali, dan Lombok, Indonesia masih menyimpan banyak banget pulau khas tropis dengan pemandangan yang eksotis. Pulau-pulau tersebut tentunya siap menawarkan kamu dengan sejuta pesonanya yang membius.

Tertarik menikmati pengalaman liburan yang berbeda? Berikut sembilan pulau eksotis di Indonesia yang wajib masuk ke dalam bucket list untuk menjawab keinginan bertualang kamu!

Pulau Bawah, Kepulauan Riau

Terletak di Kabupaten Kepulauan Anambas, Pulau Bawah disebut sebagai pulau tropis terbaik di Asia oleh CNN. Pulau ini menawarkan keindahan alam yang disebut-sebut sebagai surga tersembunyi. Adanya resor mewah yang ramah lingkungan bertaraf internasional menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi para pencinta wisata bahari. Selama di sini, kamu bisa melakukan banyak hal. Mulai dari snorkeling, berenang, trekking, hingga menjelajahi pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya.

Pulau Saronde, Gorontalo

Terletak di Kabupaten Gorontalo Utara, Pulau Saronde menawarkan hamparan pasir putih yang romantis. Layaknya pesona Maldives, pulau ini dibalut dengan air laut yang biru dan jernih. Saking jernihnya, kamu bisa melihat langsung dasar laut dari jembatan kayu yang disediakan. Di dalamnya, terdapat banyak sekali terumbu karang lengkap dengan hewan laut yang cantik. Saat sore hari tiba, kamu siap-siap terpukau dengan panorama sunset yang mengagumkan.

Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur

Pulau Rote wajib kamu kunjungi sekali seumur hidup. Dengan luas sekitar 1.200 kilometer persegi, pulau ini menjadi rumah banyak sekali pantai-pantai menawan, salah satunya Pantai Nemberala. Selain itu, Pulau Rote juga menjadi destinasi wajib bagi kamu pencinta seni budaya tradisional. Kamu bisa belajar bermain musik sasando hingga membuat topi adat Ti’i Langga di sini. Selama di Pulau Rote, kamu bisa berkunjung ke Pemandian Mamen dengan airnya yang jernih dan sangat biru.

Baca Juga Info :   100 Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan Selama di Rumah Aja

Pulau Menjangan, Karimunjawa

Berenang bersama hiu, menjadi salah satu kegiatan yang bisa kamu temukan di Pulau Menjangan, pulau yang berada paling dekat dengan Karimunjawa. Di sini, kamu bisa menemukan tempat penangkaran ikan hiu dan penyu yang tentunya menjadi daya tarik wisatawan untuk ber-swafoto. Nggak hanya itu, aneka terumbu karang, bintang laut, ikan buntal, dan clown fish alias ikan nemo juga bisa kamu temukan di Pulau Menjangan.

Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Enam pulau besar dan puluhan pulau kecil yang berada di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean ini, bakal bikin kamu happy. Banyak pemandangan yang bisa kamu nikmati hanya dalam satu trip. Kegiatan mendatangi banyak pulau (island hopping), seperti Pulau Togean, Pulau Kadidiri, Pulau Batudaka, dan Pulau Waleabahi menjadi yang paling diminati wisatawan. Karena masih terjaga kebersihannya, cukup berjalan di atas dermaga, kamu bisa melihat terumbu karang yang indah tanpa harus berbasah-basahan.

Pulau Lengkuas, Bangka Belitung

Pulau Lengkuas memiliki luas sekitar 1 hektare dan berada nggak jauh dari Pantai Tanjung  Kelayang, Belitung. Sebuah mercusuar setinggi 62 meter berdiri tegak di tengah pulau ini. Aktivitas menyelam, snorkeling, atau sekadar berjemur dan berfoto dengan latar belakang batu granit, pasir putih, dan air laut yang jernih adalah kegiatan utama yang bisa kamu lakukan di sini.

Pulau Selayar, Sulawesi Selatan

Pulau Selayar adalah surganya atol (pulau karang berbentuk lingkaran). Yang terluas adalah Taman Laut Nasional Takabonerate dengan luas sekitar 220.000 hektare. Ada banyak titik selam di pulau ini. Selain terumbu karang dengan ikan-ikan yang cantik, kita juga bisa berenang bersama ikan hiu. Karena air lautnya hangat, ikan hiu di sini relatif jinak dan nggak agresif. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah bulan November dan Desember, serta Maret sampai Mei saat air lautnya jernih sebening kristal.

Baca Juga Info :   8 Kuliner Khas Cirebon, Enaknya Bikin Pengen Balik Lagi dan Lagi!

Pulau Tabuan, Lampung

Masih satu lingkup Provinsi Lampung, Pulau Tabuan memiliki dimensi wilayah yang cukup luas, yaitu 600 hektare. Dengan luas wilayah seperti itu, ada banyak kejutan yang bisa kamu temukan saat main ke Pulau Tabuan. Yang pasti bikin kamu tertarik adalah, pantai pasir putih yang menawan lengkap dengan deretan batu karang. Berbalut air laut biru yang memesona, kamu siap dibuat terpukau dengan panorama alam yang terjadi di pinggir pantai. Pulau ini cocok buat kamu yang mencari ketenangan.

Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur

Keindahan Pulau Padar nggak bakal terlihat jelas jika hanya dari cerita. Kamu harus datang langsung, menyaksikan sendiri lukisan alam yang terbentang luas di Selat Lintah, Nusa Tenggara Timur ini. Pulau ini menawarkan pesona alam bahari yang luar biasa. Pantai yang indah serta penampakan beberapa pulau kecil di hamparan laut mengingatkan kita akan pesona Kepulauan Karibia. Pulau Padar juga memiliki banyak spot yang cocok untuk berburu sunset maupun sunrise, loh.

Nah, semoga ulasan di atas bisa menginspirasi kamu saat merencanakan petualangan baru selanjutnya! Sebelum berangkat liburan, pastikan kamu dalam kondisi fit, ya.

Catatan : Situs ini bekerja sama dengan situs penyedia hotel online.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email