8 Pemandian Air Panas yang Nyaman di Indonesia Buat Liburan Keluarga

  • 4 menit waktu baca
  • Saturday, 21 March 2020

Hendak ajak keluarga liburan sambil berendam air panas? Tenang! Karena, ada banyak sekali pilihan yang bisa sahabat kunjungi di Indonesia.

Dikenal sebagai negara seribu gunung, Indonesia sangat kaya akan panas bumi. Hal ini yang membuat banyak sekali bermunculan tempat pemandian air panas atau hot spring, baik buatan maupun alami.

Ada banyak manfaat yang bisa sahabat dapatkan dengan berendam di kolam air panas. Selain bisa melepas penat di kepala, pemandian air panas alami berkhasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit dalam.

Nah, sebagai referensi liburan sahabat, temanpetualang.com punya beberapa daftarnya, nih. Simak, yuk!

Toya Devasya Natural Hot Spring U, Bali

Mau liburan sambil berburu tempat yang asyik buat berendam di Pulau Dewata, Bali pas tahun baru? Bisa sekali! Ajak keluarga atau sahabat main ke Pemandian Air Panas Toya Devasya di Kintamani. Terletak di kaki Gunung Batur yang cantik, pemandian yang juga dikenal dengan sebutan Batur Natural Hot Spring ini menawarkan kolam air panas yang cukup luas. Makin menarik, karena beberapa kolam langsung berbatasan dengan Danau Batur yang begitu luas! Fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap. Selain punya kolam pemandian dengan kedalaman yang beragam, terdapat wahana papan seluncur yang berkelok-kelok buat seru-seruan bareng keluarga maupun teman terdekat.

Banjar Hot Spring, Bali

Terletak sekitar 5 kilometer sebelah barat daya Pantai Lovina yang terkenal di Bali Utara, Banjar Hot Spring merupakan pemandian air panas yang nyaman dan juga strategis. Yang bikin menarik, sahabat tidak cuma dapat satu kolam, tapi tiga pemandian air panas. Kolam renang ini dibangun di sekitar sumber mata air panas dan memiliki struktur berjenjang. Tingkat pertama memiliki delapan pancuran naga sangat cocok untuk berendam, kemudian kolam renang utama memiliki kedalaman mencapai 2 meter sangat cocok untuk anda yang ingin berenang. Kolam ketiga adalah kolam pancuran yang merupakan peninggalan pemerintahan jepang yang memiliki 3 buah pancuran yang sangat cocok untuk pijat alami.

Goa Susu, Lombok

Lagi cari pemandian air panas yang alam sekali? Maka sahabat harus main ke Lombok, deh! Di sana ada Goa Susu yang siap memanjakan sahabat. Goa yang satu ini terletak di Taman Nasional Gunung Rinjani. Biasa digunakan untuk bermeditasi, goa ini punya pintu masuk yang cukup sempit. Menurut mitos, hanya orang-orang yang bersih lahir batinnya yang mampu masuk ke dalam goa. Di dalam goa, sahabat akan merasakan suhu yang panas dan berasap. Katanya, panas itu bisa menyembuhkan penyakit. Selain itu, terdapat bebatuan yang berbentuk seperti puting susu di dalam goa ini. Di setiap ujung bebatuan itu akan tampak air yang menetes. Rasa air yang menetes tersebut juga berbeda-beda. Oleh karena itulah goa ini dinamakan Goa Susu. Meski tidak terlalu besar, kolam Goa Susu cukup buat bikin sahabat bersantai sepanjang hari.

Ciater Hot Spring, Bandung

Jika sahabat sedang traveling ke Bandung, maka jangan lupa mampir ke Pemandiang Air Panas Ciater. Langsung mengambil sumber air dari Gunung Tangkuban Perahu, Ciater Hotspring memang menjadi obat mujarab penghilang lelah. Selain membantu merelaksasi dan menyegarkan tubuh, air panas Ciater ini juga berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit kulit, gangguan syaraf, bahkan membantu proses penyembuhan kelumpuhan akibat darah tinggi atau stroke. Suguhan pemandangan yang indah, serta udara dingin di sekitar pemandian, menjadi nilai plus bagi pemandian air panas Ciater ini. Tak heran pemandian ini selalu ramai dari kunjungan para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Yang menarik, pemandian air panas Ciater ini juga menawarkan berbagai fasilitas seperi outbond, kolam pemancingan, arena olahraga dan lain-lain.

Malanage Hot Spring, Flores

Terletak di Kabupaten Ngada, Flores, Malanage Hot Spring cukup dikenal wisatawan mancanegara. Selain letaknya yang berada di pulau yang sarat wisata alam memesona, pemandian air panas yang satu ini berwujud aliran sungai, lho. Keberadaan air panas Malanage memang masih kalah populer oleh objek wisata air panas Mengeruda. Namun jangan salah, selain lokasinya sangat alami, Malanage juga memiliki keanehan yang sangat langka dimiliki daerah lain. Yaitu, airnya ada dua rasa, panas dan dingin.

Ya, sungai Malanage memang mirip dispencer, menyediakan air panas dan dingin. Hal itu terjadi karena ke sungai ini mengalir air panas dari gunung api dan di sisi lain mengalir pula air dingin dari sumber lain. Sebagaimana air panas dari gunung api, air di Sungai Malanage juga mengandung sulfur. tak heran jika air Malanage dipercaya memiliki banyak khasiat, di antaraya menyembuhkan pegal linu, penyakit kulit, rematik dan membuat badan lebih fit serta lebih segar.

Candi Umbul, Magelang

Mau merasakan nikmatnya berendam ala Kerajaan Mataram? Yuk, main ke Magelang. Di sana, ada Candi Umbul yang siap bikin liburan sahabat berkesan. Pemandian Candi Umbul adalah pemandian klasik yang menunjukkan bahwa Wangsa Syailendra memang memiliki cita rasa tinggi dari sisi arsitektur. Ada dua kolam di Candi Umbul. Yang satu agak panas yang satu lagi agak dingin. Air di kolam ini meskipun mengandung belerang, namun muncul dari dalam tanah langsung, bukan air yang dialirkan secara sengaja dari gunung berapi sebagai mana pemandian air panas di kebanyakan tempat. Diperkirakan air ini bersumber dari Gunung Api Telomoyo. Pemandian Air Panas Candi Umbul berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, di antaranya reumatik, pegal linu dan penyakit kulit

Aek Rangat, Samosir

Jalan-jalan ke kawasan Samosir, Sumatera Utara makin lengkap kalau mampir ke Aek Rangat. Terletak di Desa Rianiate, Aek Rangat merupakan pemandian air panas yang cukup nyaman dan menarik. Suhu hangat karena berasal dari sumber air panas, dikombinasikan dengan air segar bikin mandi di Aek Rangat makin nyaman. Tidak cuma pesona air panasnya yang sahabat bisa dapatkan di lokasi ini, namun juga pemandangannya yang memanjakan mata menatap indahnya Danau Toba. Nah, batuan kapur yang putih tadi sering digunakan beberapa pengujung menjadi spot untuk berfoto.

The Onsen Resort, Malang

Mau mencicipi hangatnya kolam pemandian ala onsen Jepang? The Onsen Resort bisa jadi pilihan sahabat jika lagi main ke Malang. Yap. resort yang satu ini dilengkapi dengan kolam onsen di alam terbuka. Dari situ, sahabat bisa melihat keindahan pemandangan alam yang sejuk ala Malang. Uniknya, arsitektur penginapan ini dibuat bergaya Jepang. Sahabat bakal lupa bahwa sahabat sedang berada di Malang!