Logo TemanPetualang

Blog Tips, Destinasi dan Wisata Indonesia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Daftar Isi Konten

Makanan Khas Cirebon – Untuk urusan keunikan budaya, Cirebon adalah juaranya. Kota yang terletak di Jalur Pantura ini mempertemukan banyak sekali tradisi dan budaya sejak abad ke-15. Mulai dari kebudayaan Jawa, Sunda, Arab, Tiongkok, hingga Eropa berbaur menjadi satu membentuk peradaban yang unik hingga sulit ditemui di daerah lain.

Salah satu hasil percampuran budaya dunia itu adalah banyaknya bangunan dengan arsitektur Eropa berbaur Jawa, pecinan, dan yang tak kalah penting lagi adalah kuliner.

Kalau sobat tiket pergi ke Cirebon, jangan lupa untuk mencoba ragam kuliner Kota Udang yang konon bisa membuat kamu pengen balik lagi. Berikut ini daftar makanan khas Cirebon yang wajib dicoba!

Tempat Makan di Cirebon, Enaknya Nagih!

Sobat tiket lagi di Cirebon? Bingung ya mau cicipi menu makanan apa aja? Nggak usah bingung dong, sobat tiket. Karena tiket.com punya macam-macam makanan khas Cirebon yang bisa kamu cicipi dan udah pasti enak! Kuy, simak ulasannya berikut ini!

1. Empal Gentong Haji ApudTidak sah rasanya traveling ke Cirebon tapi tidak menjajal nikmatnya empal gentong yang sudah terkenal itu.

Kuliner Cirebon dengan bahan dasar daging dan jeroan sapi ini diracik dengan bumbu rempah kental mirip gule di dalam gentong. Bahan yang sudah ada di dalam gentong lalu dimasak dengan kayu atau arang hingga menambah rasa nikmat ketika matang.

Kalau kamu kebetulan sedang berada di Cirebon, sempatkan datang ke tempat makan ini ya. Di tempat ini kamu akan menemukan kedai empal gentong paling nikmat seantero Cirebon!

Datang dan nikmati sensasi empal gentong yang akan membuat acara jalan-jalan kamu semakin berkesan.

Jam & hari buka: setiap hari, 09.00-21.00 WIB

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kec. Tengah Tani (Cek di Google Maps)

2. Nasi Jamblang Mang DulKalau kamu backpacker-an naik kereta ke Cirebon dengan budget yang pas-pasan, nasi jamblang adalah penyelamat.

Satu porsi nasi jamblang atau kerap disebut dengan sega jamblang ini tidak begitu mahal. Kamu juga bisa mengambil aneka makanan yang disukai karena nasi jamblang disajikan dengan cara prasmanan.

Oh ya, nasi jamblang tidak disajikan di atas piring, tapi di atas daun jati. Kamu akan menikmati sensasi makan di atas daun yang akan menimbulkan aroma sedap yang ngangenin.

Menyantap nasi jamblang akan membawamu menikmati sensasi masa lalu yang tidak lekang oleh waktu. Mau coba nasi jamblang yang autentik? Datang langsung ke sini ya!

Jam & hari buka: setiap hari, 05.00-00.00 WIB

Baca Juga Info :   Mau Terbang? Ini Daftar Lab Tes PCR yang Berlaku di Jakarta!

Alamat: Jl. DR. Cipto Mangunkusumo No.8, Pekiringan, Kec. Kesambi (Cek di Google Maps)

3. Nasi Lengko H BarnoKamu yang tidak begitu menyukai penganan dengan bahan dasar daging-dagingan, jangan khawatir. Cirebon juga memiliki kuliner yang nikmat khusus vegetarian kok, sobat tiket. Nama kuliner yang bisa ditemui di sudut kota ini adalah nasi lengko.

Nasi lengko adalah nasi putih yang di atasnya diberi tempe goreng, tahu goreng, irisan daun kucai, bawang goreng, kecambah rebus, dan sebagai pelengkap diberi kuah mirip rujak.

Kamu bisa menikmati nasi lengko paling terkenal di Cirebon di Jl. Pagongan 15B dan nikmati sensasi kesederhanaan tapi juga sangat memikat ini.

Jam & hari buka: setiap hari, 08.00-22.00 WIB

Alamat: Jl. Pagongan No.15B, Pekalangan, Kec. Kejaksan (Cek di Google Maps)

4. Mie Koclok Cirebon PanjunanKuliner khas Cirebon lain yang sudah membuat banyak orang tertarik adalah Mie Koclok Cirebon Panjunan.

Di kedai yang tidak terlalu besar ini, kamu bisa menikmati hidangan berupa mie yang direbus dengan tauge dan kol. Lalu di atasnya diberi siraman kuah kental putih yang hangat dan kaya akan kaldu. 

Sebagai pelengkap ada suwiran daging ayam yang membuat semangkuk mie koclok ini terasa semakin lezat. Saat ke Cirebon, sempatkan datang ke salah satu kedai mie koclok di Jl. Panjunan ya, sobat tiket. Nikmati sensasi rasa yang otentik di kedai makan satu ini!

Jam & hari buka: setiap hari, 15.30-22.00 WIB

Alamat: Jl. Pekarungan No.104, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Cirebon (Cek di Google Maps)

5. Empal Asem AmartaSelain dikenal dengan kuliner empal gentong di kalangan wisatawan. Cirebon juga memiliki kuliner olahan daging sapi yang menggugah selera.

Kuliner itu adalah empal asem yang merupakan varian empal gentong tapi dimasak dengan bumbu bening dan memiliki cita rasa asam. Kamu yang pernah mencoba asem-asem khas Semarang, kuliner ini memiliki cita rasa yang mirip.

Empal asem yang terkenal di Cirebon terletak di Jl. Ir. H. Juanda, Battembat. Di tempat ini kamu bisa menikmati sensasi segar dari kuah empal asem dibalut dengan irisan daging empuk yang sangat menggoda.

Jam & hari buka: Senin-Sabtu, 09.00-21.00 WIB

Baca Juga Info :   9 Pulau Eksotis di Indonesia yang Wajib Masuk Bucket List!

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.37, Battembat, Kec. Tengah Tani (Cek di Google Maps)

6. Sate Kalong Drajat Kesambi

Lapar saat tengah malam? Tenang sobat tiket! Karena, ada makanan enak di Cirebon yang siap menemani kamu dikala rasa lapar melanda saat tengah malam. Sate Kalong Drajat Kesambi, merupakan salah satu makanan khas di kota ini yang memiliki cita rasa khas nan lezat.

Meskipun namanya sate kalong, tapi sate ini tidak terbuat dari daging kalong atau kelelawar ya, sobat tiket! Hanya saja, jam buka kedai ini yang beroperasi malam hari seperti kalong, hehehe. Sedangkan, bahan yang digunakan pada sate ini terbuat dari olahan daging kerbau dan sapi.

Ada dua bumbu yang bisa kamu pilih saat makan di sini, yaitu bumbu asin dan bumbu manis. Keduanya sama-sama menggugah selera deh, sobat tiket!

Bumbunya yang meresap hingga ke dalam daging menambah kelezatan menu sate ini di setiap gigitannya. Yakin nih kamu nggak ngiler?

Jam & hari buka: setiap hari, 19.00-23.00 WIB

Alamat: Jalan Kesambi Dalam No.102, Kesambi, Drajat, Kec. Kesambi (Cek di Google Maps)

7. Mie Colot

Makanan khas Cirebon satu ini masih asing banget di telinga kamu? Mie Colot adalah kedai makan legendaris di Cirebon yang menjual menu mie dengan rasa yang nikmat dan bikin ketagihan! Bahkan, nama Mie Colot sudah terkenal hingga ke kota-kota lain lho, sobat tiket.

Rugi banget deh kalau kamu ke Cirebon tapi nggak sempat cicipi menu Mie Colot yang legendaris ini. Mie Colot Cirebon sudah berdiri sejak tahun 1983 hingga saat ini lho, sobat tiket. Bahkan hingga sekarang pun kedai makan kaki lima ini selalu ramai pengunjung.

Menu yang tersedia di kedai Mie Colot ini adalah mie yamin komplit dengan topping seperti pangsit, bakso, siomay, hingga otak-otak. Kamu akan merasakan cita rasa yang berbeda begitu menyantap menu yang satu ini. Jangan sampai melewatkan untuk mencicipinya ya, sobat tiket!

Jam & hari buka: setiap hari, 10.00-21.00 WIB

Baca Juga Info :   Garuda Indonesia Sediakan Vaksin Gratis untuk Penumpang

Alamat: Jl. Pekalangan No.15, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Cirebon (Cek di Google Maps)

8. Es Kopyor 4848

Mau menu lainnya selain makanan berat? Ada Es Kopyor 4848 yang siap mendinginkan pikiran dan suasana hati kamu nih, sobat tiket. Apalagi cuaca di Cirebon yang panas dan bikin kamu haus terus. Cocok banget kan mampir ke Es Kopyor 4848 andalan Kota Cirebon ini?

Di kedai ini, menu andalannya sudah pasti es kopyor yang disajikan dalam gelas besar dan segar banget! Sirup merah muda khasnya membuat rasa es kopyor semakin endeus dan bikin kamu nggak cukup nyicipin satu gelas aja!

Selain es kopyor, jangan lupa juga untuk pesan seporsi tahu gejrot yang bisa menjadi teman dari es kopyor yang kamu pesan tadi. Dijamin hari kamu terasa makin menyenangkan deh di Cirebon!

Jam & hari buka: setiap hari 09.00-17.00 WIB

Alamat: Jl. Karanggetas No.9, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Cirebon (Cek di Google Maps)

Sambil Jalan-Jalan, Jangan Lupa Cicipi Makanan Khas Cirebon

Mau jalan-jalan ke Cirebon? Kamu bisa beli tiket kereta ke Cirebon di tiket.com lho, sobat tiket. Selain jalan-jalan ke tempat wisatanya yang menarik, kamu juga bisa cicipi beberapa makanan khas Cirebon yang melegenda seperti di atas!

Ke mana aja sobat tiket pergi, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, ya. Serta patuhi peraturan setempat yang berlaku. Selamat kulineran, sobat tiket! Stay safe!

Catatan : Situs ini bekerja sama dengan situs penyedia hotel online.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email