Terbang Aman Bebas Corona Ini Tipsnya
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Take-off adalah bagian krusial dari sebuah penerbangan. Bukan saja untuk para pilotnya, tetapi juga para penumpang yang berada di dalam kabin.

Perubahan gaya gravitasi dan udara yang tiba-tiba membuat tubuh berusaha berjuang untuk beradaptasi. Tidak heran, ada beberapa orang yang justru mengalami mabuk udara di tahap awal penerbangan tersebut.

Tapi, tenang! Karena sahabat bisa mengatasinya dengan tidak mengonsumsi deretan makanan di bawah ini sebelum take-off. Penasaran apa saja? Yuk, simak di bawah ini.

Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol sering dimanfaatkan untuk bepergian jauh supaya sahabat bisa tidur nyenyak di pesawat, namun alkohol bisa menyebabkan dehidrasi. Karena, udara di dalam pesawat cenderung kering dan tidak lembap. Selain itu, alkohol juga bikin sahabat lebih mudah kesal, menggerutu, dan lelah saat turun dari pesawat. Sebaiknya, sahabat minum aja air putih aja sebelum naik pesawat.

Ragam Kacang

Kacang-kacangan mengandung gas. Jika dikonsumsi terlalu banyak bisa bikin perut kembung dan sering buang gas. Ruang gerak pesawat yang sempit pastinya akan mengganggu penumpang lain jika sahabat buang gas. Kalau buang gas ditahan, bakal bikin sahabat tidak nyaman, perut juga sakit, dan bisa mengganggu sistem pencernaan.

Banyak Kafein

Serupa dengan alkohol, minuman dengan kafein ternyata bisa menyebabkan tubuh dehidrasi. Sedangkan, ketika take off, tubuh akan beraksi lebih keras karena terjadi perbedaan gravitasi dan udara. Selain itu cafein bisa membuat sahabat terjaga dan sering buang air kecil. Kurang tidur bisa membuat gelisah dan kelelahan. Jadi, hindari konsumsi kopi saat take-off.

Soda

Minuman bersoda tentunya mengandung banyak gas yang bisa bikin perut kembung. Efek samping lainnya adalah bikin sahabat sering bersendawa dan mulas. Kandungan gula yang tinggi pada minuman bersoda juga akan membuat sahabat cepat lelah dan mengantuk.

Buah Berserat Tinggi

Buah-buahan berserat memang sehat, tapi juga bisa menyebabkan penumpukan gas. Kadar vitamin C yang tinggi pada buah juga bisa bikin sahabat sering buang air kecil.

Makanan/Minuman Pemanis Buatan

Pemanis buatan tidak mudah dicerna oleh tubuh, sehingga menyebabkan pembentukan gas dalam tubuh. Sehingga, perut menjadi kembung, mulas, dan sering buang air besar.

Junk Food

Junk food merupakan makanan dengan lemak jahat yang tinggi. Makanan jenis ini sulit dicerna tubuh, mengganggu pencernaan, dan menyebabkan heartburn (sensasi terbakar pada dada karena naiknya asam lambung ke dalam esofagus). Sahabat bisa mengganti junk food dengan makanan sehat, seperti sayuran, salad, ayam panggang, daging tuna, atau salmon.

Baca Juga :