7 Gerakan Olahraga yang Bisa sahabat Lakukan Selama #DiRumahAja

  • 2 menit waktu baca
  • Sunday, 12 April 2020

Merasa tubuh sudah tidak enak karena terlalu lama di rumah? Itu tandanya sahabat harus berolahraga!

Social distancing bukan jadi alasan buat sahabat tidak berolahraga, lho. Karena, dengan olahraga, sahabat bisa menjaga kondisi tubuh serta imun sahabat pada level terbaik.

Jangan khawatir, karena ada banyak cara untuk berolahraga di dalam rumah. Bahkan, sahabat tidak butuh alat-alat pendukung untuk melakukan beberapa gerakan ini.

Penasaran? Yuk, simak 7 jenis gerakan olahraga yang bisa sahabat lakukan selama #DiRumahAja

Push Up

Push up merupakan olahraga super simpel yang bisa sahabat lakukan di mana aja, termasuk di kamar. sahabat bisa push up di lantai atau memanfaatkan perabotan yang ada di sekitar kamar seperti kursi. Push up secara rutin selama 20-30 hitungan sudah memberikan banyak manfaat buat tubuh sahabat. Misalnya, membentuk otot tubuh, memperkuat otot perut, membantu kekuatan tulang, melatih otot jantung, dan lain-lain.

Squat Jump

Olahraga yang mudah dilakukan di mana aja dan kapan saja berikutnya adalah squat jump. sahabat tidak membutuhkan alat apa pun untuk melakukan olahraga ini. Cukup dengan meletakkan kedua tangan di belakang kepala, kemudian jongkok dan ayunkan tubuh sambil melompat lalu kembali berjongkok. Squat jump secara rutin dapat memperkuat otot kaki dan paha serta menambah dan memperkuat energi dalam tubuh. Namun, sebaiknya squat jump dilakukan paling lama 5-10 menit saja, agar sahabat tidak mengalami cidera.

Wall Squats

sahabat pun bisa menjaga keseimbangan tubuh dengan melakukan wall squats. Melakukan olahraga ini pun cukup mudah, sahabat cukup bersandar setengah berdiri sekitar 90 derajat di dinding. Selanjutnya, sahabat juga bisa ayunkan kaki sahabat secara bergantian dan menahannya beberapa saat.

Dig and Leg Lift

sahabat bisa melakukan dip & leg lift dengan duduk di lantai dan menaruh kedua tangan di belakang. Kemudian, angkat tubuh kemu perlahan-lahan yang diikuti dengan mengangkat satu kaki ke depan dan ke atas. Lakukan gerakan dip & leg lift secara rutin dan berulang-ulang, untuk menjaga kesegaran tubuh sahabat.

Side Plunk

Side plunk crunch dilakukan dengan berbaring miring di sisi kanan, lutut lurus, kaki ditumpuk, dan ditahan dengan satu tangan. Kemudian, angkat tubuh secara perlahan yang dimulai dengan mengangkat pinggul. Setelahnya, sahabat pun bisa mengangkat kaki secara bergantian. Lakukan gerakan side plunk crunch kurang lebih selama 10 menit sebelum mulai beraktivitas.

Kardio di Tangga Rumah

Jika rumah sahabat memiliki tangga, bisa banget dimanfaatkan buat berolahraga, lho. Salah satunya dengan melakukan kardio. sahabat bisa berlari santai atau naik dan turun tangga. Kalau misalnya terlalu lelah, sahabat cukup berjalan saja naik-turun. Tujuan dari kardio di tangga ini untuk melatih pernafasan dan kekuatan jantung sahabat.

Yoga

Selain exercise biasa, yoga juga bisa sahabat lakukan saat tengah mengisolasi diri di rumah. Selain dapat melatih keseimbangan dan juga meningkatkan kelenturan tubuh, yoga juga efektif untuk menjaga stamina sahabat. Beberapa gerakan mudah seperti Tree Pose, Downward-Facing Dog hingga Child’s Pose bisa sahabat lakukan tanpa harus menggunakan ruang yang luas, lho.

Sudah rindu liburan? Sabar ya. Di rumah aja dulu karena nanti kita bisa temanpetualang.com lagi, kok.