6 Wisata Kebun Teh di Indonesia ini Bikin Pengalaman Tea Walk Makin Seru!

  • 3 menit waktu baca
  • Saturday, 4 April 2020

Lagi suntuk WFH di rumah? Mending cari-cari tempat wisata seru buat liburan setelah pandemi selesai, yuk! Nah, biar segar, temanpetualang.com punya rekomendasi beberapa kebun teh cantik di Indonesia yang bisa sahabat kunjungi nanti.

Yap, selain bisa menikmati udara segar khas pegunungan, deretan kebun teh ini juga menawarkan pengalaman yang unik. Yaitu tea walk atau berkeliling menembus kebun teh.

Selama tea walk, sahabat tidak cuma bisa mengenal lebih jauh jenis teh yang ditanam dan berfoto-foto. Tetapi juga berinteraksi dengan para petani untuk mengetahui proses dari pemetikan daun teh sebelum diolah.

Indonesia sendiri punya banyak sekali kebun teh yang cocok sahabat sambangi. Kira-kira mana saja? Yuk, simak di bawah ini.

Pagar Alam, Sumatera Selatan

Berjarak sekitar 298 km dari Palembang, Pagar Alam menawarkan sensasi wisata alam yang tidak ada duanya. Mulai dari hamparan kebun teh yang luas, air terjun sejuk dan cantiknya Gunung Dempo yang menjulang tinggi sebagai latar belakang kotanya.

Soal kebun teh, sahabat bisa menikmati keindahannya berdampingan dengan aktivitas warga yang berkebun di sana. Istilah tea walk pun bisa sahabat lakukan di sini dengan beberapa opsi beberapa titik start.

Jika sahabat ingin lebih santai, Pagar Alam juga memiliki tempat wisata alam yang cukup indah dinikmati dari bawah, seperti Tangga 2001. Di sana, sahabat bisa menemukan ribuan anak tangga yang terbuat dari beton dan batu kerikil.

Bukit Kemuning, Karanganyar

Eksotisme alam yang dimaksud bisa sahabat temukan 40 kilometer dari kota Solo. Tepatnya di Kabupaten Karanganyar, Kebun Teh Kemuning di desa Kemuning, kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar siap memanjakan liburan sahabat bersama orang terdekat.

Hamparan luas kebun teh hijau berjajar rapi mengitari bukit Ngargoyoso beradu serasi dengan suhu udara sejuk berkisar 21 derajat di siang hari. Mirip sekali dengan Kebun Teh di Puncak Bogor, Kebun Teh Kemuning terasa jauh lebih sunyi lantaran namanya belum terlalu dikenal masyarakat luas.

Gunung Mas, Bogor

Lagi dapat jatah libur dari kantor? Pakai buat liburan, yuk! Tidak usah jauh-jauh, karena kawasan Puncak, Bogor punya satu spot wisata yang sejuk dan asri sekali, Gunung Mas.

Terletak di pinggir jalan Raya Puncak-Bogor, Gunung Mas adalah sebuah area perkebunan teh yang luas sekali. Berada di ketinggian 800-1200 meter di atas permukaan laut, Gunung Mas siap memanjakan sahabat dengan panorama cantik ala kaki Gunung Salak dan Gunung Gede.

Sahabat bakal diajak tea walk keliling menikmati perkebunan teh bersama pemadu wisata yang bakal menjelaskan banyak informasi. Wisata edukasi ini cocok sekali buat sahabat yang ngajak anak atau keponakan

Kebun Teh Cipasung Lemahsugih, Majalengka

Kebun teh yang satu ini bisa sahabat temukan di Kabupaten Majalengka. Kebun Teh Cipasung ini yang berada di lahan sekitar 59 ha ini dikelola dengan baik oleh salah satu koperasi yang ada di Cipasung, yaitu Koperasi Buana Mukti

Selain bisa tea walk, Kebun Teh Cipasung Lemahsugih ini juga mengajak sahabat menikmati udara pegunungan yang sejuk. Jika beruntung, sahabat dapat menemukan para pemetik daun teh. Sahabat juga dapat berinteraksi untuk mempelajari teknik memetik daun teh yang baik dan benar dari mereka

Malino, Makassar

Terletak di sekitar Makassar, Malino Highlands menawarkan sensasi wisata alam ala dataran tinggi dengan hamparan kebun teh di sekitarnya.

Tidak cuma itu, sahabat juga bia bersantai di sebuah kafe yang cantik yang berada di tengah-tengah dengan view luas serta mengesankan. Kalau belum cukup, beberapa spot tersembunyi seperti air terjun hingga arena cross country juga bisa sahabat temukan demi memenuhi hasrat petualangan sahabat.

Malino Highlands menghadirkan sebuah kafe cantik di tengah, Green Cafe Pekoe. Di sini, sahabat bisa menyeduh dan menikmati sendiri teh hijau dan hitam sehat yang tidak ditemukan di tempat lain, tentu saja dengan camilan hangat seperti pisang dan roti bakar.

Kebun Teh Butong, Simalungung

Main-main ke Sumatera Utara, jangan lupa mampir ke kawasan Simalungung. Karena, di sini sahabat bisa menemukan sebuah kebun teh yang sangat sejuk, Kebun Teh Butong.

Selain berfoto ria di lokasi kebun, warga juga bisa menikmati suasana di pinggiran jalan kebun dengan menggelar tikar sembari menikmati makan minum bersama teman, kerabat dan keluarga.

Ada buah tangan yang bisa dibawa dari wisata kebun teh Bah Butong, yakni daun teh dalam kemasan bungkusan. Di sana bisa ditemukan penjual yang berjalan-jalan di sekitar lokasi atau bisa juga membelinya di sebuah lapak kecil yang berada di pintu masuk kebun teh.

Sudah rindu liburan? Sabar ya. Di rumah aja dulu karena nanti kita bisa temanpetualang.com lagi, kok.