6 Tips Penting Menghindari Virus Corona Saat Bepergian Keluar Rumah
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

6 Tips Penting Menghindari Virus Corona Saat Bepergian Keluar Rumah – Anjuran untuk di rumah aja selama wabah virus Corona memang wajib untuk dilakukan. Mengingat, penyebaran virus COVID-19 yang masif membuat setiap orang punya potensi besar untuk tertular.

Selain itu, dengan berada di rumah aja, sahabat punya andil besar memutus rantai penularan yang terjadi di masyarakat. Sehingga, tenaga medis yang tengah bekerja keras bisa fokus menyembuhkan para korban secara baik.

Namun, mustahil rasanya untuk berdiam diri di rumah dalam jangka waktu yang lama. Karena, sahabat pasti harus keluar rumah, entah untuk bekerja, membeli persediaan makanan atau memang harus pergi ke pusat kesehatan jika tengah sakit.

Nah, jika sahabat memang harus keluar rumah, temanpetualang.com punya beberapa tips aman terhindari dari COVID-19, nih. Simak, yuk!

Hindari Transportasi Umum Massal

Selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan, banyak moda transportasi umum dibatasi penggunaannya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penularan virus Corona secara luas.

Jika sahabat harus menggunakan transportasi umum, sahabat bisa menggunakan taksi atau ojek online saja. Kalau pun sahabat memiliki kendaraan pribadi, gunakanlah.

Trio Topi, Masker, Sarung Tangan

Penularan COVID-19 memang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Karena, virus yang satu ini bisa menyebar melalui udara (Semburan droplets penderita) atau sentuhan fisik.

Jadi, ketika sahabat keluar, wajib banget mengenakan topi, sarung tangan dan masker. Untuk masker, bisa menggunakan masker berbahan kain yang bisa dicuci dan dipakai ulang. Pastikan lapisannya double ya, untuk menangkal udara kotor dan virus berbahaya

Jaga Kebersihan Tangan

Kebersihan tangan memegang peran penting dalam menghindari penularan virus Corona. Jadi, sebaiknya sahabat harus selalu ingat untuk mencuci tangan sahabat sesering mungkin.

Jika memang lagi tidak menemukan wastafel, sahabat bisa sediakan hand sanitizer yang bisa digunakan setiap saat.

Hindari Memegang Wajah

Penularan COVID-19 akan cepat jika sahabat lalai mencuci tangan. Namun, mencuci tangan tidak menggaransi sepenuhnya sahabat terbebas dari virus tersebut.

Sehingga, sangat disarankan untuk tidak menyentuh area wajah selama berada di luar. Jika memang terpaksa karena gatal atau ada kotoran yang menghinggap di wajah, gunakanlah sarung tangan bersih dan langsung sahabat cuci dengan air sabun.

Kalau tidak Fit, Jangan Keluar

Kecuali sahabat harus ke rumah sakit, jangan memaksa diri untuk keluar rumah jika tubuh sedang tidak fit. Itu tandanya imunitas tubuh sahabat sedang rendah.

Karena semua virus, salah satunya COVID-19 lebih sering menyerang korban yang memiliki daya tahan tubuh atau imun rendah. Jadi, coba sahabat pulihkan dulu fisik sahabat sebelum keluar rumah.

Pulang Langsung Mandi

Setiap kali keluar rumah, pasti tubuh akan membawa banyak bakteri maupun virus yang menempel di tubuh. Jika dibiarkan, semuanya bakal berpindah ke benda-benda di dalam rumah.

Jadi, pastikan sahabat langsung mandi dan mencuci pakaian sahabat setelah keluar rumah. Pokoknya, jaga kebersihan rumah sahabat sebaik mungkin.

Baca Juga :