6 Tempat Wisata Tersembunyi Natuna yang Cantik Banget!
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Natuna merupakan kepulauan terluar dari Indonesia, tepatnya bagian dari Provinsi Kepulauan Riau. Kepulauan yang juga berbatasan langsung dengan Laut China Selatan di sisi barat, serta Singapura, Malaysia, dan Kalimantan di sisi yang lainnya ini, memang menyimpan banyak keindahan yang masih tersembunyi. Selain itu, karena lokasinya yang jauh dari kesibukan kota, Natuna memiliki biota laut yang luar biasa cantik. Bisa dibilang, ini menjadi tempat yang tepat untuk melakukan snorkeling atau diving, melihat terumbu karang penuh warna dan hewan laut tropis yang jarang ditemui di tempat lain. Keren, kan?

Nah, buat sahabat yang pengen banget ke Natuna tapi belum kesampaian, berikut beberapa tempat wisata yang dijamin mampu memanjakan mata, jiwa, dan raga sahabat, deh!  

Pulau Setanau

Ombak yang tenang, laut biru yang jernih, pasir yang lembut, serta garis pantainya yang landai dan menjorok hingga ke tengah laut, membuat perjalanan panjang sahabat saat menuju ke pulau ini tidak akan sia-sia. Bagai dua sisi mata uang, satu sisi pulau seluas satu hektare ini menampilkan pantai bebatuan, sedang di sisi lainnya sahabat bisa menemukan pantai dengan hamparan pasir putih dan bersih. Ditambah lagi, adanya barisan pohon kelapa dan gunung megah yang menjadi latar belakang salah satu “surga tersembunyi” Indonesia ini. Duh, kayak mimpi ya! 

View this post on Instagram

A post shared by M Schöde Ilham Fadh (@schode_) on

Pantai Teluk Buton

Destinasi berikutnya adalah Pantai Teluk Buton, yang berada di Kecamatan Bunguran Utara. Pantai ini telah memiliki akses jalan sehingga mudah dilalui kendaraan. Pantai dengan pasir putih bersih ini cukup ramai dikunjungi saat akhir pekan atau hari libur nasional. Yang suka berenang atau menyelam, di sini sahabat bisa melihat indahnya biota laut. Sementara buat yang tidak pengen berenang, sahabat bisa menikmati sambil mengagumi keindahan dalam laut cukup dari permukaan saking jernihnya, loh.

View this post on Instagram

A post shared by Tunggul (@naffiy_) on

Tanjung Senubing

Kawasan yang hanya berjarak sekitar 4 km dari Ranai, ibu kota Kabupaten Natuna, ini terkenal karena adanya Batu Sindu, sebuah batu granit raksasa dengan motif sulur-suluran alami. Tanjung Senubing juga dihiasi banyak batuan dengan berbagai ukuran yang terserak di sepanjang garis pantai. Dalam satu batu terdapat gradasi warna hitam, putih, abu-abu, hingga merah kecokelatan. Bentuknya pun beraneka ragam, ada yang menyerupai kepala ikan hiu, batok kura-kura, belimbing, dan kapal terbalik. Jika sahabat naik ke batu terbesar yang ada di sana, sahabat akan disuguhi pemandangan laut biru dan Pulau Senua dari kejauhan. Kalau mau ke sana, sahabat disarankan menggunakan alas kaki yang nyaman, karena jalannya masih berupa tanah, dan kadang menjadi sangat licin jika terkena air.

View this post on Instagram

A post shared by NATUNASTAR (@natunastarcom) on

Pulau Senua

Pulau Senua terletak di Laut China Selatan (atau disebut Laut Natuna) dan berada di ujung Tanjung Senubing. Dari jauh, bentuk pulau ini mirip wanita yang sedang hamil, sesuai nama pulau ini. Senua yang dalam bahasa setempat berarti “satu tubuh berbadan dua” ini merupakan pulau tak berpenghuni berbentuk bukit dengan ketinggian mencapai 15 meter. Di sini, sahabat bisa menemukan pantai yang landai dengan hamparan pasir putih dan bebatuan di sebagian kecil pantainya. Di sisi lain, terdapat tebing curam dengan celah kecil seperti gua. Pantainya yang sepi jadi serasa pantai pribadi, deh. 

View this post on Instagram

A post shared by Amazing Kepri (@amazingkepri) on

Gunung Ranai

Berjarak sekitar 10 km dari pusat kota, gunung ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Natuna Besar. Dari kaki gunung menuju puncaknya, sahabat membutuhkan waktu sekitar 4 jam trekking. Walau termasuk gunung dataran rendah, berkisar 3001.035 meter di atas permukaan laut, namun beberapa vegetasi atau tumbuh-tumbuhan yang ada di dalamnya biasanya hanya bisa kita temukan di gunung dataran tinggi dengan ketinggian di atas 2.000 mdpl. Sebuah air terjun setinggi kurang lebih 10 meter dengan batu granit sebagai batuan penyusunnya bisa sahabat temukan di dalam hutan lindung Gunung Ranai. Laut biru yang menjadi perbatasan Indonesia di bagian utara pun menjadi pemandangan indah saat kita berada di puncak gunung. 

View this post on Instagram

A post shared by M Schöde Ilham Fadh (@schode_) on

Alif Stone Park

Berlokasi di Tanjung Sulai, Desa Sepempang atau sekitar 26 km dari Kantor Bupati Natuna. Alif Stone Park atau Taman Batu Alif ini merupakan perpaduan hamparan batu granit dan kawasan pantai dengan air laut biru nan jernih. Rangkaian jembatan yang menghubungkan bebatuan sudah dibangun oleh pengelola untuk menambah kenyamanan sahabat saat menjelajahi tempat wisata ini. Nama “Alif” digunakan karena susunan batuannya serupa dengan huruf pertama dalam bahasa Arab. 

View this post on Instagram

A post shared by Pantai Indonesia (@id_pantai) on

Bukit granit, pantai pasir putih, laut yang biru jernih, sunset yang indah, adanya wisata alam mendaki gunung, hutan wisata, dan wisata arkeologi (wreck diving, geo tourism, dan historical tourism) membuat Natuna layak dimasukkan ke dalam daftar rencana temanpetualang.com sahabat berikutnya.

Baca Juga :