6 Pantai Cantik dan Menawan di Nusa Penida, Bali Buat Liburan

  • 3 menit waktu baca
  • Monday, 23 March 2020

Liburan ke Bali jangan cuma main di sekitar Kuta atau Jimbaran aja, ya! Soalnya, Pulau Dewata itu luas sekali. Bahkan, sahabat bisa menemukan pantai yang tidak kalah ciamiknya seperti yang ada di Nusa Penida.

Terletak di Tenggara Bali, Nusa Penida punya kondisi geografis yang cukup unik. Di mana, para wisatawan dapat menemukan bukit-bukit dengaan vegetasi alam hijau yang cukup sejuk.

Apalagi, dengan garis pantai mencapai 80 kilometer, potensi wisata pantainya seakan menyatu dengan wisata alam yang ada di darat. Jadi, sudah pasti sahabat bisa dapat beragam pantai cantik dengan sunset yang menawan.

Nah, sebagai referensi, TemanPetualangDotCom punya rekomendasi 5 pantai cantik di Nusa Penida, Bali yang wajib sahabat kunjungi saat liburan nanti.

Crystal Bay

Sesuai dengan namanya, Crystal Bay memiliki air laut yang bening layaknya kristal. Berjarak sekitar 15 kilometer dari Pelabuhan Nusa Penida, Crystal Bay hadir dengan hamparan pasir yang sangat luas, dengan garis pantai mencapai satu kilometer. Dan, terlihat makin indah karena dikelilingi gugusan atol kecil serta bukit hijau yang menyegarkan pandangan. Berkunjung ke Crystal Bay Nusa Penida, wisatawan bisa merasakan suasana yang sangat tenang karena pantai ini masih terbilang sepi.

Blue Lagoon

Layaknya film The Beach, Blue Lagoon menawarkan pemandangan cantik sebuah karang yang memiliki lubang di tengah. Dengan air laut berwarna biru toska, Blue Langoon menjadi spot favorit bagi wisatawan yang ingin berburu foto yang Instagenic. Cocok dikunjungi saat matahari atas puncak horizon, sahabat bisa melihat hamparan terumbu karang secara jelas dari atas bukit karang.

Angel’s Billabong

Bisa dibilang, Angel’s Billabong adalah salah satu muara utama sungai di Nusa Penida. Tidak heran, pertemuan laut dan bibir sungai menciptkan banyak sekali batu karang cantik. Cerukan-cerukan indah hadir bersama kolam cantik yang bikin sahabat betah bersantai seharian di Nusa Penida.

Pantai Kelingking

Di Pantai Kelingking ada lekukan tebing karang unik yang mirip leher Tyrannosaurus Rex (T-Rex) yang menjorok ke pantai. Tebing itu berpadu sempurna dengan karang kecil, sehingga membentuk pemandangan yang memukau.  Apalagi tebingnya ditutupi tanaman hijau yang menyegarkan pandanganmu. Pantai Kelingking memiliki diving spot bernama Manta Point. Di sana sahabat bisa menyelam ke bawah laut dan melihat kecantikan ikan Manta (ikan pari terbesar di dunia) sekaligus berenang bebas bersamanya.

Pasih Uug

Cuma ada satu kata yang dapat menggambarkan Pantai Pasih Uug, luar biasa. Pesona alam ala Pantai Pasih Uug bakal bikin sahabat jatuh hati. Sambil berburu sunset dari salah satu spot tertingginya, sahabat bakal dimanjakan dengan deburan ombak yang melintasi tebing dengan lubang di tengahnya.

Pantai Atuh

Terletak di kawasan Nusa Penida, Pantai Atuh memiliki julukan yang cukup spesial, Raja Ampat-nya Bali. Maklum, di pantai ini, sahabat dapat menemukan banyak sekali gugusan pulau karang yang memukau, seperti di Raja Ampat. Jika sahabat jelajah, ada empat pulau karang yang bisa diulik, lho. Mulai dari Pulau Batu Melawang, Pulau Batu Paon, Pulau Batu Abah dan Pulau Bukit Jineng.

Semuanya terletak di dekat Pantai Atuh. Nah, setiap pulau karang di Pantai Atuh punya karakter yang berbeda. Ada yang dibalut dengan hamparan hutan hijau hingga pulau yang memiliki batu karang tajam, tergantung mana yang diinginkan wisatawan. Tapi, ada satu keunikan dari Pantai Atuh yang selalu diincar oleh turis lokal maupun mancanegara, yaitu adanya keberadaan Batu Bolong. Batu Bolong sendiri merupakan sebuah bongkahan karang besar yang bolong di tengah.

Pantai Diamond

Terletak dekat Pantai Atuh, Pantai Diamond adalah pantai tropis yang masih sangat sepi dan alami. Lantaran, letaknya yang cukup tersembunyi, banyak wisatawan justru memilih Pantai Atuh sebagai destinasi utamanya. Padahal, Pantai Diamond punya pemandangan yang tidak kalah menariknya, lho. Sahabat bakal dimanjakan dengan hamparan lautan biru yang dihiasi tebing batu menjorok ke bawah. Nah, tebing di sini bukan sembarang tebing. Karena, tiap batu tebing yang ada di pantai ini berbentuk seperti berlian. Tidak heran, warga sekitar menamakan spot wisata ini dengan Pantai Diamond.