6 Jembatan Unik dan Ikonik di Indonesia yang Wajib Sahabat Kunjungi

  • 3 menit waktu baca
  • Monday, 23 March 2020

Weekend sudah dekat, nih! Kalau sahabat ada rencana liburan tapi tidak jauh-jauh, temanpetualang.com punya rekomendasi wisata yang seru, wisata jembatan di Indonesia.

Yap, Indonesia punya banyak sekali jembatan yang ikonik dan juga unik, lho. Beberapa di antaranya punya peran penting bagi kemajuan perekonomian sebuah daerah.

Penasaran tidak sih? temanpetualang.com punya rekomendasi 6 jembatan unik dan ikonik di Indonesia yang wajib sahabat kunjungi pas liburan. Simak, yuk!

Jembatan Suramadu, Surabaya

Dibuka untuk umum pada 10 Juni 2009, Jembatan Suramadu menawarkan pemandangan cantik khas Selat Sunda. Berbagai aktivitas menarik seperti berburu foto cantik, hingga naik perahu dapat sahabat lakukan di sini.

Namun, warga Surabaya datang ke sini untuk menikmati sunset di sore hari. Sahabat bisa menikmati keindahan langit jingga di atas Selat Sunda bersama orang terdekat dari dua sisi jembatan. Selain itu, sahabat juga bisa melihat pesta kembang api yang bisa dinikmati di sisi luar jembatan maupun di dalamnya.

Jembatan Ampera, Palembang

Jembatan Ampera adalah ikon kota Palembang. Memiliki panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter, dulunya jembatan ini dinamakan Jembatan Bung Karno. Pemberian nama tersebut ditujukan sebagai bentuk penghargaan kepada Soekarno yang sudah memperjuangkan keinginan warga Palembang yang menginginkan sebuah jembatan di atas Sungai Musi. Namun, Bung Karno tidak setuju dengan pemberian nama tersebut. Maka, jembatan itu dinamakan Jembatan Ampera, sesuai fungsinya yaitu sebagai Amanat penderitaan Rakyat (slogan bangsa Indonesia tahun 1960-an).

Jembatan Ampera memisahkan daratan kota Palembang dengan Sungai Musi yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera yang membelah Palembang menjadi dua bagian. Dulunya Sungai Musi adalah sarana transportasi utama. Di tepiannya, terdapat beberapa obyek wisata, seperti Restoran Terapung, Benteng Kuto Besak, Kampung Arab, dan lain-lain.

Jembatan Kaca, Yogyakarta

Kalau mau merasakan serunya berada di atas jembatan kaca, tidak perlu jauh-jauh main ke China, deh. Soalnya, di Yogyakarta ada Jembatan Kaca Pantai Nguluran yang tidak kalah unik. Berada di Desa Girikarto, Panggang, Gunung Kidul. jembatan yang lebih berbentuk seperti teras ini langsung menghadap ke laut lepas. Sahabat bisa langsung melihat deburan ombak dan karang tepat di bawah kakimu.

Selain itu, Jembatan ini juga bisa sahabat manfaatkan untuk menikmati sunset di sore hari. Yang tentu saja bikin liburan sahabat di Yogyakarta makin berkesan.

Jembatan Merah Putih, Ambon

Layaknya Jembatan Ampera di Palembang atau Jembatan Suramadu di Surabaya-Madura, Jembatan Merah Putih sangat ikonik. Membetang gagah di atas Teluk Ambon, Jembatan Merah Putih punya panjang 1140 meter, terpanjang di Indonesia Timur, lho.

Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada April 2016 lalu, Jembatan Merah Putih menawarkan panorama pesisir yang cukup cantik. Apalagi kalau sahabat berkesempatan melintasinya di sore hari. Tampak, sunset cantik menghiasi Jembatan Merah Putih dengan elegannya. Banyak warga datang Jembatan Merah Putih di malam hari untuk bersantai sambil mengabadikan foto-foto Instagrammable. Apalagi, dari atas jembatan, sahabat bisa melihat gemerlap lampu-lampu kota yang tampak menari-nari.

Jembatan Situ Gunung, Sukabumi

Tepatnya berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jembatan Gantung Situ merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Maklum, dengan lebar dua meter, jembatan ini memiliki nyaris dua kali lapangan sepakbola, 240 meter dan berada di ketinggian 161 meter.

Menariknya, jembatan ini hanya menggunakan papan kayu merbau dari Papua sebagai pijakannya. Saking kuatnya, jembatan ini mampu menahan beban maksimal hingga 50 ton. Meski demikian, hanya 40 pengunjung yang diperbolehkan melintas secara bersamaan.

Nah, melintasi Jembatan Gantung Situ berarti sudah siap melihat keindahannya. Dari atas, sahabat bisa melihat kawasan Curug Sawer dan Danau Situgunung yang letaknya tidak terlalu jauh dari situ. Di kanan dan di kiri, sahabat bakal dimanjakan dengan pemandangan hutan tropis yang terlihat sejuk dan hijau sekali.

Jembatan Brendeng, Tangerang

Selain ada di Yogyakarta, wisata jembatan kaca juga ada di Tangerang, lho. Namanya Jembatan Brendeng. Jembatan yang memisahkan Sungai Cisadane ini punya area kaca yang bisa sahabat manfaatkan buat berwisata. Dari situ, sahabat bisa melihat betapa derasnya aliran Sungai Cisadane tanpa harus khawatir terjatuh. Selain itu, beberapa bagian jembatan ini juga diperuntukan untuk pejalan kaki plus anjungan untuk berfoto selfie yang dibangun dari material transparan tersebut.