6 Coklat Lezat Asli Indonesia yang Wajib Sahabat Coba

  • 2 menit waktu baca
  • Saturday, 21 March 2020

Ada banyak cara untuk mengungkapkan rasa cinta kepada pasangan di hari Valentine. Salah satunya lewat coklat! Ada banyak sekali merek coklat lezat yang bisa sahabat pilih. Pastinya, kebanyakan dari sahabat bakal memilih coklat mainstream maupun impor, dong.

Tapi, jangan salah! Karena, merek coklat lokal ternyata punya cita rasa yang jauh lebih enak, lho. Tidak percaya? Coba main-main ke Garut atau Blitar buat mencicipi coklat lokalnya. Pasti bikin lidah bergoyang, deh!

Penasaran tidak sih? Sebagai referensi, temanpetualang.com punya rekomendasi 6 coklat asli Indonesia yang lezat yang bisa dipilih. Simak, yuk!

Garut

Jika jalan-jalan ke Garut, jangan lupa mencicipi coklat khasnya. Nah, Chocodot adalah satu-satunya merek coklat yang diproduksi langsung di kota Garut. Awlanya, coklat yang satu ini cuma punya varian cokelat rasa dodol khas Garut. Namun, seiring berkembang usahanya, Chocodot menambah beberapa rasa seperti strawberry, jahe hingga mangga. Nama produknya pun unik-unik, lho. Mulai dari Coklat Pantang Friendzone, Coklat Rasa Sayang, Coklat Cegah Alay hingga Coklat Tanggap PHP.

Yogyakarta

Yogyakarta memang dikenal dengan kuliner manis. Termasuk coklat yang ternyata juga cukup popular di kota pelajar ini. Nah, Cokelat Monggo menjadi merek yang paling menarik minat wisatawan. Coklat Monggo punya misi yang unik, yaitu memadukan tradisi cokelat dari Belgia dengan kultur budaya Jawa. Tidak heran, kolaborasi keduanya menciptakan cita rasa unik ketika dikombinasikan dengan bahan-bahan lokal. Coklat Monggo punya beberapa rasa, mulai dari coklat putih, coklat susu, coklat karamel, coklat kopi hingga coklat nanas.

Jember

Jika biasanya coklat menggunakan almond sebagai pelengkap cita rasa, makan Fondre beda. Merek coklat lokal asli Jember ini hadir dengan keunikan varian isi, kacang edamame. Tidak heran, Fondre dinobatkan sebagai coklat edamame pertama di Indonesia. Seperti yang kita tahu, edamame itu sejenis kacang-kacangan yang masuk dalam jenis kedelai, tetapi memiliki rasa lebih kuat.

Purwokerto

Purwokerto dikenal sebagai salah satu kota penghasil coklat terbaik di Pulau Jawa. Tidak heran, merek lokal seperti Soklat Inyong benar-benar cintain wisatawan. Meski produksinya masih rumahan, Soklat Inyong sangat popular, bahkan sampai ke luar Purwokerto. Yang bikin menarik dari coklat ini adalah unsur lokal yang terbawa ke dalamnya. Bisa dilihat dari varian rasa, seperti coklat susu, kayu manis, pisang, jeruk hingga duren. Harganya pun juga bersaing dengan coklat-coklat mainstream lainnya, lho.

Bali

Sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia, Bali juga punya produk coklat premium, lho. Namanya Pipiltin Cocoa. Yap, mereka coklat lokal yang satu ini menggunakan beberapa pilihan coklat seperti dari Pidie Jaya, Ace dan Tabanan, Bali buat produksinya. Proses penggarapan produknya pun cukup rumit, melibatkan tiga tahapan penting sebelum menjadi coklat yang diinginkan. Nah, coklat yang satu ini punya beberapa rasa seperti Potato Chips Chocolate Bar, Coffee Bean Chocolate Bar, dan Poprocks Popcorn Caramel Chocolate Bar

Blitar

Bila berkunjung ke Blitar, sahabat bisa mampir ke area wisata Kampung Coklat. Selain bisa belajar banyak tentang coklat, sahabat bisa menemukan satu produk coklat yang enak sekali, GuSant. Asli Blitar, Gusant memiliki pilihan cokelat seperti original, dark, dan milk. Ada pula varian rasa apel dan jeruk. Selain itu, sahabat juga bisa membeli bubuk cokelat GuSant yang bisa diproduksi ulang. Harga yang ditawarkan untuk bubuk cokelat sekitar Rp 70.000 per kg, sementara cokelat olahan mencapai Rp 150.000 per kg.