5 Tips Membersihkan dan Merapikan Rumah Selama WFH #dirumahaja

  • 2 menit waktu baca
  • Sunday, 5 April 2020

Tidak terasa sudah dua minggu kita menjalankan himbauan untuk kerja #dirumahaja dari pemerintah. Ada banyak yang bisa sahabat lakukan selain bekerja, salah satunya adalah bersih-bersih rumah!

Jika sahabat merasa jarang membersihkan rumah, ini adalah waktunya. Apalagi, dengan bersih-bersih rumah, sahabat sudah ambil bagian dalam pencegahan virus Corona.

Jika sahabat nggak terbiasa, tenang! Karena, temanpetualang.com siap membantu sahabat bersih-bersih rumah kali ini. Tentu saja dengan beberapa tips yang bisa sahabat simak di bawah ini.

Sortir Pakaian

Jika sahabat terlalu malas, sahabat bisa memulainya dengan merapikan isi lemari pakaian sahabat. sahabat bisa keluarkan dan sortir mana pakaian yang sering sahabat pakai dan jarang.

Dari situ, sahabat bisa menentukan letak pakaian di dalam lemari. Letakkan pakaian yang sahabat sering pakai di posisi paling depan. Lakukan kebalikannya untuk pakaian yang jarang dipakai.

Selain itu, sahabat juga bisa memilah mana pakaian yang sudah nggak bisa dipakai. Entah terlalu kecil ukurannya atau memang sudah jadul. Jangan dibuang, karena sahabat bisa sumbangkan, kok.

Membersihkan Jendela

Jendela adalah gerbang utama bagi sirkulasi udara di rumah. Jadi, banyak sekali debu-debu yang menempel di jendela. Jadi, segera bersihkan jendela sahabat, kalau bisa setiap hari. Agar, debu nggak cepat masuk ke dalam ruangan.

Membersihkan jendela juga menjadi start awal sebelum sahabat melakukan hal yang sama keseluruh ruangan.

Vakum Sudut-Sudut Tersembunyi

Selain membersihkan jendela atau mengepel lantai, sahabat juga bisa mulai membersihkan berbagai sudut-sudut tersembunyi di rumah sahabat. Mulai dari sudut sofa, bagian bawah lemari dan tempat tidur dan sudut karpet.

Karena, sudut-sudut tersebut nggak cuma menyimpan banyak debu, tetapi juga bakteri jahat atau bahkan virus yang terbawa oleh debu. Selain menggunakan vaccum cleaner, sahabat juga bisa membersihkannya dengan kemoceng sebelum disapu dan dibuang.

Selain itu, sahabat juga bisa membersihkan air conditioner atau AC kamar sahabat jika sudah nggak dingin. Untuk hal ini, sahabat bisa panggil ahlinya.

Mengubah Posisi Kamar

Kamar adalah tempat ternyaman yang bisa sahabat miliki saat di rumah. Jadi, biar makin nyaman dan nggak membosankan, sahabat bisa mengubah letak kamar sahabat, lho.

Mulai dengan menggeser posisi tempat tidur yang lebih bervariasi, memindah meja kerja sahabat ke dekat jendela atau mendekatkan meja televisi sahabat.

Menyemprotkan Disinfektan

Karena wabah virus COVID-19 sedang tinggi, sahabat wajib mencegah penyebaran dengan menggunakan cairan disinfektan. Cairan ini lebih berfungsi untuk membunuh kuman, bakteri atau virus yang menghinggap di permukaan benda.

sahabat bisa membeli di supermarket atau toko online buat mendapatkan disinfektan. Selain itu, sahabat juga bisa membuatnya sendiri. Caranya? cukup mencampurkan 2 sendok makan cairan pemutih pakaian atau cairan karbol ke dalam 1 liter air bersih.

Masukkan campuran keduanya ke dalam botol semprot plastik atau kaca yang tertutup. Jangan lupa modali juga dengan kain microfiber yang lembap untuk mengelapnya.

Sudah rindu liburan? Sabar ya. Di rumah aja dulu karena nanti kita bisa temanpetualang.com lagi, kok.