5 Tips Jitu agar Babymoon Bebas Stres!
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Belakangan, babymoon kian digandrungi oleh para calon ibu dan pencinta traveling, termasuk beberapa artis Indonesia, loh. Bukan cuma sekadar ‘trip‘ rasa bulan madu yang dilakukan pasangan dalam menyambut kelahiran si kecil, tapi juga karena babymoon ini memang terbukti memiliki banyak manfaat penting, khususnya untuk si calon ibu. Mulai dari membantu merilekskan pikiran, mengatasi rasa cemas, mengurangi rasa lelah, mempererat hubungan, sampai menambah kepercayaan diri saat menghadapi persalinan. Wow!

Meski demikian, mengingat kondisi ibu hamil yang berbeda dan cenderung lebih sensitif, baik secara fisik maupun mental, bukan tidak mungkin ‘masalah’ tetap saja bisa muncul. Jadiii.. Sahabat perlu memperhatikan berbagai hal, termasuk merencanakan perjalanan babymoon secara matang. Untuk membantu sahabat, temanpetualang.com merangkum 5 hal yang perlu sekali diperhatikan agar babymoon berlangsung aman dan nyaman. Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Cari Tahu Waktu yang Tepat

5 Tips Jitu agar Babymoon Bebas Stres!

Mencari tahu waktu yang tepat untuk melakukan babymoon bisa dibilang ‘susah-susah gampang’. Mengapa? Karena kondisi si ibu saat mengandung ikut memengaruhi. Namun, bagi sebagian besar pasangan, waktu teraman ber-babymoon ria berada di trimester kedua (usia kandungan 14-28 minggu), di mana biasanya morning sickness sudah mereda, tenaga mulai bertambah, dan si ibu hamil sudah merasa cukup nyaman untuk bepergian. Sstt.. Selain itu, pertimbangkan juga larangan terbang untuk penumpang dengan kehamilan di atas 32-35 minggu yang diberlakukan maskapai, ya. Nah biar lebih tenang, jangan lupa konsultasikan rencana babymoon ini ke dokter kandungan. 

Pilih Destinasi Secara Bijak

Sebelum sahabat terlalu bersemangat memesan tiket transportasi dan akomodasi, pastikan destinasi yang dipilih memang cocok untuk babymoon. Pilih tempat berlibur yang nyaman dan menenangkan, seperti pantai atau pegunungan. Pertimbangkan juga lama perjalanan dan medan yang akan ditempuh agar si ibu hamil tidak kelelahan. Selain itu, hindari mengunjungi tempat yang berbahaya bagi ibu hamil, misalnya daerah atau negara yang memiliki riwayat virus Zika dan lainnya. Jadi, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang destinasi tersebut, termasuk lokasi pusat kesehatan terdekat untuk berjaga-jaga.

Jelajah Aktivitas Ramah Babymoon

5 Tips Jitu agar Babymoon Bebas Stres!

Sudah tahu mau melakukan apa saja selama babymoon? Jika belum, segera cari tahu aktivitas apa yang sahabat dan pasangan senang lakukan bersama. Ada beberapa kegiatan ramah babymoon yang bisa sahabat pertimbangkan, seperti relaksasi dengan perawatan spa, jalan-jalan santai, melakukan yoga, berwisata kuliner, dan menghabiskan waktu di pantai atau kolam renang. Intinya, sahabat boleh mencoba berbagai aktivitas yang menurutmu aman selama memiliki risiko kecil untuk terjatuh dan terbentur. 

Persiapan Matang = Babymoon Nyaman

Sahabat lebih nyaman kalau perginya membawa serta boneka kesayangan? Tidak masalah! Lakukan apa saja yang akan membuat sahabat merasa sehat. Namun, jangan lupa untuk tetap mempersiapkan rencana cadangan sebagai antisipasi jika terjadi ‘keadaan darurat’. Cek lokasi pusat kesehatan terdekat dan cari tahu apakah asuransi kesehatan sahabat bisa menanggungnya. Sadar atau tidak, adanya asuransi kesehatan akan sangat membantu, khususnya di situasi genting. Untuk menambah kenyamanan, bawa air mineral dan makanan ringan favorit selama di perjalanan. Jika sahabat memilih terbang dengan pesawat, pilihlah kursi yang cukup dekat ke kamar mandi. Bawa juga vitamin, tabir surya, dan apa pun yang membuat sahabat nyaman, asal tidak berlebihan.

Nikmati Masa Romantis Berdua!

5 Tips Jitu agar Babymoon Bebas Stres!

Umumnya, calon ibu mudah mengalami stres dan merasa cemas selama periode kehamilan. Jadi, manfaatkan babymoon ini sebagai salah satu cara untuk bersantai dan memulihkan tenaga. Selain itu, mumpung si kecil juga masih di dalam kandungan, sahabat dan pasangan bisa mengoptimalkan waktu berdua ini dengan melakukan hal-hal yang romantis, sambil menyusun rencana ke depan setelah kehadiran si kecil. Asyik kan!

Baca Juga :