5 Tips Buat Suasana Belajar Yang Asyik e1601435346736
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Punya waktu banyak bersama anak di rumah selama pandemi virus Corona? Selagi sahabat #WorkFromHome, yuk, manfaatkan momen ini dengan ajak mereka belajar dan bermain bersama.

Ada banyak cara buat mencipatakan suasana belajar dan bermain yang menyenangkan di rumah, lho. Tentu saja dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di dalam rumah.

Jadi, ketika sang anak kembali masuk sekolah nanti, ia sudah dibekali dengan ilmu tambahan dan semangat baru buat beraktivitas. Apalagi, kalau sahabat juga sempat mengajarkan mereka untuk tampil lebih disiplin.

Penasaran apa saja caranya nih? Yuk, simak tips dari temanpetualang.com di bawah ini.

Belajar Lewat Lagu Anak

Mengajarkan sesuatu ke anak bisa melalui berbagai medium, lho. Salah satunya lewat musik. Nah, medium yang satu ini dianggap paling manjur dimengerti atau dihafal sama anak, lho. Mulai dari melodi lagu Bintang Kecil atau Pelangi bisa jadi alternatif sahabat mengajarkan anak.

Bikin Tempat dan Posisi Belajar Nyaman

Banyak dari kita memilih belajar sambil rebahan di kasur. Well, belajar sambil rebahan di kasur bisa membuat badan pegal dan konsentrasi anak buyar. Jadi, pilihlah tempat duduk untuk belajar. Usahakan tempat duduk memiliki sandaran dan busa yang nyaman untuk duduk. Selain itu, sediakan meja yang posisinya tidak terlalu rendah dan tinggi dari posisi duduk sang buah hati.

Jangan Lupa Camilan

Kegiatan belajar tentunya akan membuat tenaga anak terkuras. Meskipun secara fisik tidak banyak bergerak, tetapi belajar menguras tenaga karena berpikir. Supaya tetap semangat dan tak lelah saat belajar, sediakanlah camilan secukupnya. Siapkan camilan seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan camilan berkalori tinggi lainnya.

Singkirkan Gadget

Kecuali sahabat menggunakan gadget sebagai alat belajar, singkirkan dulu deh. Karena hadirnya televisi, mainan, maupun smartphone bikin anak tidak fokus belajar. Kalau anak sudah merasa lelah, anjurkan untuk beristirahat sehingga bisa mengganggumu untuk fokus belajar.

Dua Jam Cukup

Belajar bersama anak itu tidak perlu lama-lama, lho. Karena, rumah bukan sekolah yang difungsikan sebagai pusat belajar. Rata-rata memang hanya dua jam anak bisa benar-benar fokus belajar. Nah jika tugas belum selesai dikerjakan, orang tua bisa memberikan waktu istirahat agar anak bisa menghilangkan rasa bosannya.

Sudah rindu liburan? Sabar ya. Di rumah aja dulu karena nanti kita bisa temanpetualang.com lagi, kok.

Baca Juga :