5 Tips Ampuh Mencegah Kencing yang Berlebihan Saat Road Trip

  • 2 menit waktu baca
  • Thursday, 26 March 2020

Liburan dengan road trip memang asyik sekali! Tapi, yang menyebalkan itu adalah sahabat harus berhenti di setiap rest area yang ada hanya untuk buang air kecil atau beser.

Kencing pada waktu yang tepat memang sangat dianjurkan. Karena, jika sahabat tunda, ada banyak masalah kesehatan yang bisa muncul mulai dari anyang-anyangan, infeksi kandung kemih hingga terganggunya pencernaan.

Tapi, jika sahabat terlalu sering berhenti untuk kecing, waktu tempu perjalan jelas akan terhambat. Durasi perjalanan yang biasa hanya 7 jam, bisa molor jadi 8-9 jam.

Tapi tenang! Karena ada banyak cara buat mengatasi masalah beser selama road trip, lho. Penasaran? Yuk, simak di bawah ini!

Atur Konsumsi Air

Minum air saat perjalanan sangatlah dianjurkan. Karena, kondisi tubuh yang terus menguras energi butuh asupan cairan untuk menggantinya. Namun, jangan berlebihan juga. Karena justru sahabat bisa bolak-balik buang air kecil selama perjalanan. Jadi, aturlah konsumsi minum air putih sahabat.

Patokan dari medis adalah jika sahabat minum empat gelas air saat berangkat, maka sahabat harus berhenti buang air kecil sebanyak 2-3 kali setiap 30-60 menit. Sahabat bisa coba perkirakan kebutuhan cairan sahabat selama perjalanan, deh.

Usahakan Buat Air Dulu Sebelum Berangkat

Medis menyarankan untuk kita buang air kecil dulu sebelum berangkat. Oleh karena itu, sahabat diperbolehkan untuk minum banyak air 1-2 jam sebelum berangkat.

Ketika sudah ada di dalam perjalanan, konsumsi air bisa lebih ditekan. Kalaupun merasa haus yang tidak terkendali, sahabat bisa minum secara perlahan-lahan agar kandung kemih dapat mengontrol sirkulasi cairan yang akan dibuang.

Hindari Minuman yang Mengandung Diuretik

Ada banyak minuman yang bisa sahabat konsumsi selama perjalanan. Tapi, jika sahabat tidak mau bolak-balik kencing, maka hindari minuman yang bersifat diuretik. Artinya, minuman ini dapat mengonsumsi lebih banyak urine daripada air putih. Minuman yang mengandung diuretik antara lain minuman bersoda, kopi, hingga teh

Makan Jangan Berlebih

Roadtrip tanpa camilan tidak bakal lengkap, deh. Tapi, jangan dikonsumsi secara berlebihan. Karena, makanan dengan kadar manis, pedas atau asin yang melimpah bisa bikin haus tenggorokan. Kalau sudah gini, konsumsi air pun ikut bertambah. Jadi, sahabat bisa atur sendiri konsumsi makanan selama perjalanan.

Latihan Tahan Pipis

Metode ini sangat dianjurkan buat sahabat yang memiliki riwayat beser akut. Latihan menahan pipis dalam kasus ini sangat dianjurkan oleh medis, lho. Selama 30 menit, coba sahabat tahan untuk tidak buang air kecil. Sambil menahan, sahabat bisa tarik nafas dan buat diri sahabat lebih rileks.