5 Tips agar Tetap Bugar saat Berpuasa

  • 3 menit waktu baca
  • Sunday, 10 May 2020
5 Tips agar Tetap Bugar saat Berpuasa

5 Tips agar Tetap Bugar saat Berpuasa – Ketika sedang berpuasa, tubuh kita memang membutuhkan gizi dan juga nutrisi yang lebih banyak dibandingkan saat tidak berpuasa. Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika berpuasa, tubuh kita akan lebih lemas dan juga letih. Hal ini dikarenakan kurang lebih 14 jam, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan dan juga minuman. Tentu sangat wajar jika tubuh kita saat berpuasa akan mudah lemas dan juga lelah.

Berikut ini 5 Tips agar Tetap Bugar saat Berpuasa yang dirangkum dari berbagai sumber :

1. Jangan Lupa Minum

Ini Aturan Minum Air Putih saat Puasa

Eits, jangan salah sangka. Saat Sahabat bilang, “Jangan lupa minum”, bukan berarti Sahabat ngajak sahabat petualang batal puasa. Maksudnya, Sahabat ngajak sahabat petualang untuk tidak lupa minum air mineral saat berbuka dan sahur karena tubuh kita kehilangan banyak cairan selama berpuasa.

Berapa takaran air mineral yang baik? sahabat petualang mungkin udah sering dengar, yakni 8 – 12 gelas per hari. Untuk yang takaran delapan gelas, sahabat petualang bisa menyiasatinya dengan minum dua gelas saat berbuka, empat gelas sebelum tidur malam, dan dua gelas saat sahur.

Oh, ya, bagi sahabat petualang yang hobi ngopi, sebaiknya hindari dulu, ya, minum kopi atau minuman apa pun yang mengandung kafeina. Soalnya, kafeina membuat sahabat petualang sering buang air kecil sehingga cairan dalam tubuh lebih cepat menghilang. Udah, deh, ya, paling aman minum air mineral memang.

2. Makan Normal

Sumber: https://weeksmedical.org/ask-the-doctor/eating-healthy-a-month-of-tips/

Ngaku, deh, begitu dengar bunyi gedung pada sore hari, sahabat petualang pasti seneng, kan? Ya iyalah Sahabat, kan itu berarti kita bisa makan dan minum. Iya, Sahabat tahu. Tapi, ingat, begitu saatnya berbuka puasa, harap makan dalam porsi normal, ya. Jangan mentang-mentang lapar, terus sahabat petualang kalap.

Udah jadi rahasia umum, sih, ada orang yang terkadang begitu kalap saat berbuka puasa saking laparnya. Makanan apa pun yang di dekatnya, langsung disikat. Ujung-ujungnya, perut begah dan mual. Nah, malah tidak baik, kan, untuk kesehatan?

Ketika berbuka puasa, makanlah secukupnya seperti sahabat petualang makan sehari-hari saat sedang tidak berpuasa. sahabat petualang bisa mengawali buka puasa dengan makan makanan ringan, seperti biskuit atau puding, lalu selang beberapa menit kemudian, baru, deh, makan makanan berat. Jangan langsung banyak sekaligus, ya.

3. Tetap Berolahraga

Warisan Kesehatan dari Rasulullah - iqra.id

Sumber: https://www.icebike.org/why-ride-a-bike/

Berpuasa bukan berarti malas-malasa berolahraga. Iya, sih, rasanya ogah banget berolahraga saat berpuasa, habisnya, kan tidak makan dan minum. Ntar, kalau berolahraga, malah lebih lemes lagi. Eits, jangan gitu, dong. Asal sahabat petualang tahu tipsnya, sahabat petualang tetep bis berolahraga tanpa merasa lemas.

Waktu yang baik untuk berolahraga saat berpuasa adalah menjelang berbuka, sekitar 30 – 60 menit sebelum berbuka. Atau, bisa juga setelah berbuka. Tapi, inget, ya, jangan terlalu memforsir tubuh. Pilihlan olahraga yang ringan, seperti jogging dan bersepeda.

4. Beristirahat Cukup

Sumber: https://theriseandshine.com/the-importance-of-regulating-your-sleep-cycle/shutterstock_176134679/

Inget, ya, kata kuncinya “cukup”. Jadi, Sahabat tidak nyaranin sahabat petualang untuk berlebihan kadar istirahatnya saat berpuasa alias malas-malasan. sahabat petualang harus tetep bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Terus, gimana, dong, istirahat yang cukup? Ya, beristirahat seperti biasa, yakni tidur selama 7 – 9 jam per hari. tidak berlebihan, tidak kekurangan. Terus, sahabat petualang boleh juga, tuh, curi waktu untuk tidur siang sejenak. Tapi, inget, jangan sampai kebablasan.

5. Jangan Lewatkan Sahur

Sahur Digabung dengan Makan Malam, Bolehkah? : Okezone Muslim

Sumber: https://www.mosintuwu.com/2019/05/29/mereka-yang-membangunkan-sahur/

Last, but not least, sahur itu wajib hukumnya! Jangan sampai sahabat petualang melewatkan sahur 1 hari pun. Memang, sih, jam sahur itu jamnya ngantuk. Lagi enak-enak mimpi indah di atas kasur, eh, harus sahur. Tapi, mau tidak mau, suka tidak suka, sahabat petualang harus bangun untuk sahur. Ini demi kesehatan sahabat petualang.

Sahur itu ibarat sarapan. Jadi, makanan yang sahabat petualang makan saat sahur merupakan sumber energi untuk menjalani aktivitas selama 1 hari. Kalau sahabat petualang tidak sahur, bisa-bisa sahabat petualang malah lemes, lho, ntar saat berpuasa.

Oh, ya, saat sahur, perhatikan juga asupan makanan sahabat petualang. Kalau bisa, sih, makan makanan yang bikin kenyang lebih lama, seperti nasi atau gandum. Jangan lupa makan buah-buahan dan sayur-sayuran, ya.