5 Terminal Bus Rasa Bandara di Indonesia yang Wajib Sahabat Kunjungi

  • 2 menit waktu baca
  • Sunday, 22 March 2020

Masih punya jatah libur banyak, kan? Yuk, pakai buat road trip! Biar tidak capek nyetir tapi tetap seru, rencanakan liburan sahabat dengan menumpang bus.

Selain bisa melihat banyak pemandangan menarik, sahabat juga bisa mampir ke berbagai terminal bus yang keren, lho. Bahkan, beberapa terminal bus di Indonesia punya fasilitas dan pelayanan mirip di bandara.

Nah, penasaran tidak sih? TemanPetualangDotCom punya rekomendasi 5 terminal bus rasa bandara di Indonesia yang wajib sahabat kunjungi. Simak, yuk!

Terminal Ir. Soekarno, Klaten

Kalau ada sebutan terminal terbaik se Jawa Tengah, maka Terminal Ir. Soekarno yang berhak menyandang predikat tersebut. Berdiri di atas lahanseluas 32,760 meter persegi, Terminal Ir. Soekarno dilengkapi dengan Petunjuk arah dan zonasi sudah jelas tersedia sehingga semakin memudahkan penumpang. Berbagai fasilitas juga telah disediakan untuk menjaga kenyamanan bagi masyarakat. Untuk menjaga kenyamanan penumpang, terminal ini telah dilengkapi dengan area merokok, ruang tunggu, ruang laktasi dan mushola.

Selain itu, terminal ini juga dilengkapi fasilitas yang ramah untuk penyandang disabilitas. Di antara fasilitas tersebut adalah toilet khusus disabilitas, guiding block, ramp difable dan dua kursi roda yang dapat digunakan oleh penumpang di area terminal. Ya, serasa di bandara, deh!

Terminal Pulo Gebang, Jakarta

Siapa bilang Jakarta tidak punya terminal bagus! Kalau tidak percaya, coba main ke Terminal Terpadu Pulo Gebang di Cakung, deh. Dari penampaknnya, sudah mewah sekali! Layaknya bandara, sahabat bisa menemukan lift, ekskalator, food court dengan ragam tenant, hingga charger spot. Selain itu, buat memanjakan penumpang, termina ini juga dilengkapi dengan ruang ibu dan anak (menyusui), ruang kesehatan, jalur disabilitas

Soal tingkat keamanan, terminal yang resmi dibuka pada Desember 2016 ini memiliki ruang IT SIGOBANG, dan Ruang CCTV yang aktif 24 jam untuk memantau empat lantai terminal ini. Pokoknya mewah sekali, lah!

Terminal Purabaya, Sidoarjo

Terminal yang juga populer dengan nama Bungurasih berstatus sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Dengan total 20 halte bus, terminal ini mampu menampung 120 ribuan orang per hari yang pergi dan datang. Soal fasilitas, Terminal Purabaya mengalami peningkatan yang signifikan sejak dibuka pada 1991. Tidak cuma eksterior, tetapi juga interior bangunannya tampil lebih modern. Sepeti hadirnya lorong yang memisahkan jalur bus dan bangunan utama, layaknya bandara.

Fasilitasnya pun sangat lengkap, lho. Mulai dari dua lantai ruang tunggu keberangkatan, taman, kolam air macur, hingga ruang pameran seni. Selain itu, terminal ini juga dilengkapi dengan eskalator dan petugas yang bermodalkan segway untuk memadu para penonton.

Terminal Bandar Raya Payung Sekaki, Pekanbaru

Terminal yang satu ini sebenarnya terlihat sederhana, sih. Cuma yang menarik perhatian adalah arsiketur bangunannya. Yap, Terminal Bandar Raya Payung Sekaki mengusung rumah adat khas Riau pada penempatan atap berundaknya. Terlihat lebih cantik saat sore hari, ketika matahari mulai terbenam.

Soal fasilitas, Terminal Bandar Raya Payung Sekaki memiliki ruang tunggu yang nyaman dan juga beberapa toilet bersih. Selain itu, dengan empat lajur bus yang disediakan, Terminal Bandar Raya Payung Sekaki siap bikin perjalanan sahabat di Pekanbaru makin seru.

Terminal Bulupitu, Purwokerto

Jika sahabat sedang lewat Purwokerto, coba mampir ke Terminal Bulupitu, deh. Yap, terminal yang satu ini punya sebuah spot menarik buat ajak anak main, lho. Namanya Taman Lalu Lintas. Ini menjadi satunya taman edukasi lalu lintas di Indonesia yang terletak di dalam terminal. Di sini, sahabat bisa mengajak anak-anak mengenal rambu, marka jalan hingga aturan mengemudi dengan menggunakan sepeda, lho.

Melayani trayek antar kota dan antar provinsi, Terminal Bulupitu juga memiliki beberapa spot foto yang menarik. Beberapa fasilitas pendukungnya diantaranya mushola yang cukup besar dan bersih, parkir motor berpagar dan terlindung atap, dan taman baca juga bisa sahabat manfaatkan.