5 Stasiun Paling Keren yang Ada di Seluruh Dunia
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

1. Stasiun Candidplatz di Munich, Jerman

Candidplatz, Germany

Sumber gambar: https://www.locationscout.net/germany/5539-candidplatz

Berada di bawah tanah membuat banyak negara membangun stasiun yang unik dan nyaman agar para penumpang betah berlama-lama di dalam stasiun. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Jerman, tepatnya di Kota Munich terdapat satu stasiun dari rangkaian U-Bahn yang ada di jalur U1. Stasiun ini diberi nama Candidplatz yang diambil dari nama seorang pelukis asal Munich yakni Peter Candid.

Candidplatz, this was my favourite station to ride through in ...

Sumber gambar: https://www.pinterest.co.uk/pin/225180050102567615/

Stasiun yang dibangun tahun 1997 ini memiliki interior desain yang sangat unik. sahabat akan melihat warna-warni pelangi di sepanjang peron stasiun. Warnanya sangat cerah dan memanjakan mata. Percaya deh, kalau sahabat datang ke stasiun ini pasti bakal puas foto-foto.

2. Stasiun Arts et Metiers di Paris

Arts et Metiers Paris Subway Station - Battered LuggageBattered ...

Sumber gambar: https://www.batteredluggage.com/2017/arts-et-metiers-paris-subway-station/

Saat sahabat memasuki area stasiun mungkin sahabat akan berkata seperti ini, “Sebenarnya lagi ada di stasiun atau di dalam kapal, sih?”. Wajar kalau saat sahabat datang sahabat akan terkecoh, soalnya desain interior dari stasiun bawah tanah ini sangat mirip dengan interior sebuah kapal. Stasiun yang diberi nama Arts et Metiers ini berada di Kota Paris.

Arts et Métiers Métro Station, Paris | Iain McLauchlan | Flickr

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/iainmclauchlan/27068086717

Stasiun yang mulai beroperasi pada 19 Oktober 1904 ini memiliki desain yang unik. sahabat akan melihat dinding yang dilapisi tembaga berwarna kemerahan seperti di dalam kapal. Selain itu sahabat juga akan melihat dekorasi roda gear dan jendela yang dibuat mirip seperti kapal. 

3. Stasiun T – Centralen di Stockholm, Swedia

5 Stasiun Paling Keren yang Ada di Seluruh Dunia

Sumber gambar: https://ilyabirman.net/meanwhile/all/stockholm-metro-t-centralen-stadion/

tidak ada yang lebih keren kalau kita bisa mempertahankan bentuk asli dari alam. Nah kalau sahabat ke Stasiun T Centralen yang ada di Kota Stockholm sahabat akan melihat dinding-langit-langit hingga pilara di dalam stasiun yang dilapisi batuan asli yang kemudian dilukis sedemikian rupa. Sangat indah, sahabat pasti akan betah berlama-lama di dalam stasiun karena sahabat seperti berada di sebuah tempat wisata seperti gua yang besar.

T-Centralen and Stadion Stockholm metro stations

Sumber gambar: https://ilyabirman.net/meanwhile/all/stockholm-metro-t-centralen-stadion/

Stasiun ini beroperasi pertama kali pada 1957 namun belum dibuka untuk umum hingga tahun 1975 karena jalur blue line menuju ke Hjulsta belum selesai. Lukisan berwarna biru yang dipilih di stasiun ini katanya bukan semata-mata berdasarkan nilai estetika melainkan bentuk dari relaksasi yang dirasakan para seniman saat melukis.

4. Stasiun Drassanes di Barcelona, Spanyol

Smooth Operator (Drassanes metro station, Barcelona, Spain) | 공공

Sumber gambar: https://id.pinterest.com/pin/213287732330786814/

Stasiun Drassanes yang ada di Barcelona mungkin menjadi stasiun yang berubah wujud paling signifikan. Stasiun yang awalnya dibuka pada tahun 1968 ini sempat ditutup karena terkena banjir yang cukup besar. Banjir tersebut dikarenakan lokasi stasiun yang memang rata dengan permukaan air laut. Hingga akhirnya stasiun ini direnovasi dan kembali dibuka pada 2007 dengan konsep yang benar-benar baru.

Smooth Operator (Drassanes metro station, Barcelona, Spain) – The ...

Sumber gambar: https://thebeautyoftransport.com/2014/07/23/smooth-operator-drassanes-metro-station-barcelona-spain/

Konsep yang lebih modern dan futuristik disajikan begitu hebat di stasiun ini. Kesan monocrom yang sangat dekoratif akan membawa sahabat seperti di dimensi lain. Mungkin kalau sahabat pernah nonton star wars, sahabat akan merasa lagi ada di film itu.

5. Stasiun Harajuku di Tokyo, Jepang

Historic Harajuku Station to be demolished after Tokyo 2020 ...

Sumber gambar: https://www.timeout.com/tokyo/news/historic-harajuku-station-to-be-demolished-after-tokyo-2020-olympics-and-paralympics-112119

Stasiun paling keren yang terakhir menurut Sahabat adalah Stasiun Harajuku yang ada di Tokyo, Jepang. Stasiun yang pertama kali dibuka tahun 1906 ini menjadi stasiun tertua di Jepang tapi masih sanggup beroperasi hingga sekarang. Meski begitu, kabarnya stasiun yang usianya hampir seabad ini akan segera dirobohkan pada 2020 ini. Hal ini menjadi dilema tersendiri bagi masyarakat Jepang yang menganggap bahwa stasiun ini adalah bagian dari sejarah.

Tokyo Station dome interior, wide angle view

Sumber gambar: https://muza-chan.net/japan/index.php/blog/tokyo-station-dome-interior-wide-angle-view

Nantinya, Stasiun Harajuku akan dibangun kembali dengan konsep yang lebih modern, dan tentunya akan lebih aman dibanding sekarang. Kalau sahabat yang udah pernah ke Tokyo pasti tahu kalau stasiun ini seluruhnya terbuat dari kayu dengan desain bergaya eropa. Sangat kontras dengan budaya Jepang.

Baca Juga :