Masak Saat Corona Perhatikan Hal Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Kalau biasanya aplikasi video musik TikTok kerap diramaikan dengan berbagai konten dance, menyanyi, maupun komedi, namun ada yang berbeda belakangan ini. Sejak anjuran #dirumahaja dijalankan, TikTokers terlihat semakin kreatif dalam berinovasi. Saat ini, sahabat bisa menemukan banyak sekali video tutorial memasak, mulai dari sajian kopi hits, makanan gurih, camilan, hingga dessert yang simpel dan gampang banget buat dicoba di rumah. So, tunggu apalagi? Simak resep lengkap yang sudah temanpetualang.com rangkum berikut ini, yuk!

Dalgona Coffee

Salah satu resep yang cukup viral di TikTok adalah dalgona coffee. Awalnya, sajian kopi unik ini menjadi tren di Korea Selatan saat anjuran pemerintah untuk tetap di rumah selama adanya wabah virus COVID-19. Namun, lama kelamaan, negara-negara lain pun tertarik untuk mencoba membuat dalgona coffee, salah satunya Indonesia. Di berbagai medsos, khususnya TikTok, sahabat bisa menemukan beragam video tutorial dalgona coffee yang terbilang gampang buat dicoba. Ini dia satu resep anti gagal buat sahabat!

Bahan-bahan:

  • 2 sachet kecil atau 2 sdm kopi instan
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm air hangat
  • Susu segar
  • Es batu

Cara membuat

  1. Tuangkan kopi, gula pasir, dan air hangat ke dalam mangkuk.
  2. Kocok dengan menggunakan whisk (alat pengaduk) sampai adonan mengembang seperti foam dan berubah warna menjadi kecokelatan, lalu sisihkan.
  3. Siapkan gelas, tuang es batu dan susu segar hingga tiga perempat gelas.
  4. Terakhir, tuangkan adonan dalgona coffee ke atas susu dan es batu.
  5. Dalgona coffee siap sahabat nikmati!
@hegabpgabut profuktif???? ##dalgonacoffee ##fyp ##foryoupage ##foryou ##fypage ##viral ##tutorialmasak ##videomasak ##dirumahaja♬ Savage – Megan Thee Stallion

Risol Roti Tawar

Kalau resep yang satu ini, cocok banget buat sahabat yang bosen sama menu sarapan yang itu-itu aja. Selain bahan-bahannya mudah didapat, cara bikin risol roti tawar juga gampang dan cepat banget. sahabat bisa cari video tutorialnya di TikTok dengan #risolmayonaise, terus ajak orang rumah buat realisasiin resep ini bareng-bareng deh! Selain bisa jadi lebih produktif dan mempererat family bonding selama #dirumahaja, dijamin sahabat petualang juga bakalan suka deh sama hasilnya.

Bahan-bahan:

  • 5 lembar roti tawar tanpa kulit
  • 2 butir telur, direbus, lalu iris memanjang
  • 1 butir telur, dikocok rata
  • 2 sachet kornet sapi
  • Mayones
  • Keju, potong sesuai selera
  • Tepung roti
  • Minyak goreng

Cara membuat:

  1. Pipihkan permukaan roti dengan rolling pin (bisa juga menggunakan gelas), sisihkan.
  2. Ambil selembar roti, isi dengan kornet secukupnya, telur rebus, keju, dan mayones.
  3. Lipat roti, dan oleskan telur yang sudah dikocok ke seluruh pinggiran roti, kemudian tekan-tekan menggunakan garpu.
  4. Baluri roti dengan telur kocok dan tepung roti, kemudian goreng di dalam minyak panas hingga berwarna cokelat keemasan.
  5. Lakukan hingga semua bahan habis, risol roti tawar siap disajikan.
@sipa.tugelangRisol mayo ala-ala???????? ##fy ##foryoupage ##fypage ##risolmayonaise ##risolmayo ##food ##makanan ##quarintine♬ One Wish – Ray J

Mie Instan Carbonara

Siapa sih yang gak suka mie instan? Selama #dirumahaja, sahabat bisa membuat kreasi menu mie instan dengan melihat video tutorialnya di TikTok. Seperti resep mie instan carbonara ini, misalnya. Kalau biasanya saus carbonara dipadukan dengan aneka jenis pasta, seperti spaghetti, fettuccine, macaroni, maupun fusilli, ternyata saus ini juga gak kalah lezat kalau dinikmati dengan mie instan, lho. Gak heran kalau video resep yang satu ini juga lumayan trending nih di kalangan TikTokers. Coba, yuk!

Bahan-bahan:

  • 2 bungkus mie instan
  • 300 ml susu cair
  • Sosis sapi, potong sesuai selera
  • Keju, potong kecil-kecil
  • Mentega secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus mie instan hingga setengah matang, sisihkan.
  2. Goreng sosis dengan sedikit mentega, sisihkan.
  3. Siapkan wajan, panaskan mentega hingga meleleh, kemudian masukkan susu cair.
  4. Masukkan keju dan bumbu mie instan ke dalam wajan berisi susu, kemudian aduk rata dan tunggu hingga susu mulai mendidih.
  5. Setelah itu, masukkan sosis dan mie instan, aduk rata hingga susu meresap, kemudian matikan api.
  6. Mie instan carbonara siap disantap.
@princessashleyrobinsonindomie carbonara abal” ???????? ##indomie ##indomiecarbonara ##fyp ##foryourpage ##LazadaBday♬ Vibe – Cookiee Kawaii

Banoffee

Gak cuma makanan yang gurih-gurih aja, video resep kudapan manis atau dessert juga cukup banyak dibuat oleh para pengguna TikTok. Salah satu yang bisa sahabat coba adalah banoffee. Berasal dari Sussex Timur, Inggris, banoffee adalah hidangan penutup yang memadukan antara banana atau pisang dengan toffee atau saus karamel. Memiliki beberapa versi, banoffee yang populer kerap menggunakan biskuit yang dihancurkan sebagai base-nya. Selain rasanya yang lezat, ternyata cara bikinnya juga simple banget nih, travelers. Penasaran kan?

Bahan-bahan:

  • 3 bh pisang ukuran sedang, potong-potong
  • 250 gram gula pasir
  • 100 ml air
  • 200 gram mentega
  • 150 ml kental manis
  • Biskuit susu secukupnya, blender hingga halus kemudian tambahkan lelehan mentega
  • Whipped cream instan, mixer hingga mengembang
  • Cocoa powder

Cara membuat:

  1. Panaskan air, gula pasir, dan mentega di atas api sedang sambil diaduk.
  2. Setelah mentega leleh, tambahkan kental manis sambil terus diaduk hingga semua bahan larut dan mengental menjadi karamel.
  3. Siapkan wadah, tuangkan biskuit yang telah dihancurkan dan dicampur lelehan mentega, lalu padatkan.
  4. Susun potongan buah pisang di atasnya, kemudian siram dengan saus karamel sesuai selera.
  5. Selanjutnya, tuang whipped cream dan taburi bagian atasnya dengan cocoa powder.
  6. Banoffee siap dinikmati!
@eciskandarGa pernah bosen sama banoffee???? ##foyou ##fyp ##foryoupage ##quarantine ##banoffee♬ Supalonely (feat. Gus Dapperton) – BENEE

Churros

Nah, buat sahabat yang mulai bosan #dirumahaja, banyak juga lho TikTokers yang menyajikan video resep camilan lezat buat nemenin sahabat bersantai. Resep churros ini salah satunya. Hanya menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah, sahabat sudah bisa menyantap kudapan tradisional asal Spanyol ini. sahabat juga bisa berkreasi dengan churros yang sahabat buat, seperti menambahkan gula dan kayu manis bubuk, dicocol dengan lelehan cokelat, atau menyantapnya dengan es krim favorit sahabat. Langsung cobain resepnya, yuk!

Bahan-bahan:

  • 200 ml air
  • 3 sdm mentega
  • 2 butir telur
  • 125 gram tepung terigu
  • 3 sdm gula pasir
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt ekstrak vanila
  • Minyak goreng secukupnya
  • Cokelat leleh sebagai pelengkap

Cara membuat:

  1. Panaskan air, mentega, dan gula pasir dengan api sedang, kemudian aduk rata.
  2. Kecilkan api, lalu masukkan tepung terigu, garam, dan ekstrak vanila, aduk hingga tepung kalis, kemudian matikan api dan sisihkan.
  3. Jika adonan sudah dingin, tambahkan telur dan aduk hingga rata.
  4. Masukkan adonan ke dalam piping bag, cetak dengan spuit kue, lalu goreng di dalam minyak panas hingga churros berwarna cokelat keemasan.
  5. Churros siap disantap dengan cocolan cokelat leleh.
@leonora_gasper♬ Supalonely (feat. Gus Dapperton) – BENEE

Gimana, tertarik mencoba resep-resep di atas? Lumayan banget kan buat mengatasi rasa bosan dan supaya sahabat tetap produktif walaupun #dirumahaja. Ingat, selalu juga jaga kesehatan dan kebersihan ya, travelers!

Baca Juga :