5 Negara Dengan Kereta Tercepat di Dunia

  • 3 menit waktu baca
  • Sunday, 2 August 2020
5 Negara Dengan Kereta Tercepat di Dunia

1. China

Negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia ini memang membutuhkan mobilitas yang cepat. Salah satu penunjang kebutuhan itu adalah dengan fasilitas kereta super cepat. China sendiri punya 2 kereta cepat, yakni Shanghai Maglev dan Harmony CRH 380 A.

Shanghai Trip Part 16 (Final): Return Home from Shanghai Pudong ...

Sumber gambar: https://kosublog.com/en/shanghai-1905-part16/

Kereta Shanghai Maglev jadi kereta tercepat di dunia saat ini. Kereta ini dapat melaju hingga 267.8 mph dengan perhitungan jarak 30 km hanya ditempuh dalam waktu 7 menit. Kerennya lagi, kereta ini tidak menggunakan roda sehingga sahabat tidak akan merasakan adanya bunyi gesekan. Kalau sahabat mau coba, kereta ini melayani rute dari Bandara Internasional Pudong Shanghai menuju Stasiun Metro Longyang.

Hexie (train) - Wikipedia

Sumber gambar: https://info.muslimthaipost.com/main/index.php?page=sub&category=38&id=26326

Selain itu, China juga punya Harmony CRH 380A yang dapat melaju dengan kecepatan 236.12 mph. Dengan kecepatan itu, kereta Harmony CRH 380A dinobatkan sebagai kereta tercepat kedua di dunia. Kereta ini juga menyediakan berbagai kelas yang salah satunya bisa duduk di dekat kabin kemudi agar bisa menikmati pemandangan dari kursi paling depan.

2. Italia

The AGV Italo | Train, Train rides, Electric train

Sumber gambar: https://in.pinterest.com/pin/335166397242688121/

Italia bukan hanya terkenal dengan pizza dan pisa. sahabat juga harus tahu kalau di Italia, sahabat bisa naik salah satu kereta tercepat di eropa. Namanya AGV Italo dan ETR 500 Frecciarossa. Selain menjadi kereta tercepat di Italia, AGV Italo juga dianggap sebagai kereta paling modern di Eropa saat ini. Kecepatannya mencapai 223.6 mph. 

Kereta yang dirancang oleh Alstom ini juga sangat ramah lingkungan. Bahan-bahan atau komponen pembuatannya bisa didaur ulang lagi dan harga pembuatannya pun jauh lebih murah ketimbang kereta sejenis.

Photos of Italy Railway {ETR 500 Frecciarossa}(Milan's Cen… | Flickr

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/drum118/8044913308/

Selain AGV Italo, kalau sahabat ke Italia, sahabat juga bisa coba naik kereta ETR 500 Frecciarossa. Kereta itu sudah beroperasi sejak 1993. Kereta listrik ini memiliki kecepatan hingga 186.4 mph dan mampu melintas dari Milan menuju Napoli dengan waktu tempuh hanya 2 jam 40 menit.

3. Spanyol

File:ЭВС1-07.jpg - Wikimedia Commons

Sumber gambar: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:%D0%AD%D0%92%D0%A11-07.jpg

Meski jarak Barcelona ke Madrid mencapai lebih 600 km, tapi sahabat bisa menempuh perjalanan hanya 3 jam dengan menggunakan Siemens Velaro. Kereta itu memiliki kecepatan hingga 217.4 mph. Selain cepat, kerennya kereta yang satu ini adalah masinis tidak perlu takut kehilangan jarak pandang pada saat hujan salju karena kereta ini dirancang agar masinis tetap bisa melihat dengan jernih walau kondisi kaca tertutup salju.

Talgo 350, Spain 5 Fastest Trains in the World | Travel Trivia ...

Sumber gambar: https://id.pinterest.com/pin/540572761522999522/

Kereta lain yang beroperasi di Spanyol adalah Talgo 350. Memiliki kecepatan yang sama yakni 217.4 mph. Awalnya kereta ini diberi nama RENFE AVE Class 10 namun kemudian diganti menjadi Talgo 360. Namun masyarakat Spanyol justru lebih akrab dengan panggilan El Pato atau “The Duck karena kepala gerbongnya berbentuk seperti bebek.

4. Jepang

Shinkansen Gran Class: The Ultimate Luxury Car - Japan Rail Pass

Sumber gambar: https://www.jrailpass.com/blog/shinkansen-gran-class

Terkenal dengan kemajuan teknologinya, maka tak heran jika Jepang punya kereta tercepat yang ada di dunia. Meski saat ini bukan menjadi kereta tercepat nomor 1, setidaknya Jepang punya. Namaya E5 Series Shinkansen Hayabusa yang telah beroperasi sejak Maret 2011. Kereta ini memiliki rute Tokyo menuju Aomori dalam waktu tempuh hanya 3 jam dengan kecepatan 198.8 mph.

Shinkansen Gran Class: The Ultimate Luxury Car - Japan Rail Pass

Sumber gambar: https://www.jrailpass.com/blog/shinkansen-gran-class

E5 Series Shinkansen Hayabusa membedakan gerbong menjadi 3 kelas, yakni ada Gran Class, Green Class, dan Ordinary Class. Untuk kelas yang paling mewah adalah Gran Class.  Nah, foto di atas ini adalah foto interior dari Gran Class. sahabat akan dimanjakan dengan sofa kulit yang begitu nyaman. Perjalanan jauh pun akan sangat menyenangkan tentunya.

5. Prancis

Alstom to supply 12 Avelia Euroduplex trains to SNCF for the TGV ...

Sumber gambar: https://www.alstom.com/press-releases-news/2019/7/alstom-supply-12-avelia-euroduplex-trains-sncf-tgv-atlantique-lines

Selain ngeteh di cafe dekat menara Eiffel yang begitu menawan, sahabat juga wajib nih coba naik kereta super cepat yang ada di Prancis. Negara dengan julukan pusat fashion dunia ini memiliki kereta super cepat bernama Alstom Euroduplex. Selain bisa melaju dengan kecepatan hingga 198.8 mph, kereta ini juga bisa menampung penumpang yang banyak. Jika dihitung, ada sekitar 1.020 penumpang yang bisa diangkut, lho.

TGV Duplex (Non renewedCar)

Sumber gambar: https://europe-train-lab.com/www/portfolio/europe/france/train/tgv/duplex-old.html

Masih dengan kecepatan laju yang sama, SNCF TGV Duplex juga bisa menempuh kecepatan hingga 198.8 mph. Meski daya tampung penumpangnya jauh lebih sedikit dari Alstom Euroduplex, kereta ini telah menggunakan bogie jacobs di tiap rangkaian keretanya sehingga dapat berjalan dengan mulus.