5 Gerakan Plank ini Siap Bikin Perut sahabat Rata Selama #DiRumahAja

  • 2 menit waktu baca
  • Thursday, 16 April 2020

5 Gerakan Plank ini Siap Bikin Perut sahabat Rata Selama #DiRumahAja – Ada impian punya perut yang rata selama menjalani social distancing? sahabat tidak perlu pergi ke gym, kok! Cukup latihan di rumah aja.

Selain harus menjaga pola makan sehat, ada gerakan exercise yang wajib sahabat lakukan demi membentuk otot perut yang sempurna. Bahkan, beberapa bisa dilakukan di kamar tidur sahabat, lho.

Salah satu gerakan yang mudah dilakukan adalah plank. Terdiri atas beberapa gerakan kecil, plank punya andil untuk memperkuat otot perut dan mengikis lemak yang tertimbun.

Kira-kira apa saja sih gerakan yang cocok sahabat lakukan di rumah demi bikin perut rata? Yuk, simak di bawah ini!

Elbow Plank (10-15 Detik)

Dari berbagai gerakan plank, yang satu ini jauh lebih menantang. Karena, sahabat wajib mempertahankan badan yang datar atau tidak melengkung ke atas atau turun ke bawah benar-benar akan diuji. Latihan elbow plank bertumpu pada lengan bawah dan lutut. sahabat bisa meletakkan kedua telapak tanganmu rata dengan lantai. Lakukan selama 10-15 kali.

Elbow Plank with Raised Leg (10-15 Detik)

Jika sahabat sudah ahli dengan elbow plank, maka gerakan ini akan jauh lebih mudah untuk dilakukan. Latihan merupakan modifikasi dari elbow plank dengan gerakan keseimbangan. Selain harus mempertahankan badan yang datar dan lurus, sahabat juga harus bisa mempertahankan badanmu tetap stabil dengan bertumpu pada 1 kaki secara bergantian

Elbow Side Plank (10-15 Detik)

Gerakan yang satu ini akan menguatkan otot perut sekaligus otot siku. Diawali dengan posisi elbow plank, kemudian angkat tubuhmu ke satu sisi hingga sahabat bertumpu pada salah satu lengan bawah dan kakimu. Lakukan secara bergantian untuk sisi satunya lagi. Ketahanan dan keseimbangan tubuh memainkan peranan penting dalam posisi ini. Kalau sahabat belum bisa sepenuhnya mempertahankan posisi ini, maka bisa dimodifikasi dengan mengubah posisi awal menjadi high plank, meletakkan tanganmu di pinggang atau meletakkan kedua kakimu ke lantai

Full Plank (10-15 Detik)

Mungkin, ini adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan. Letakkan posisi telapak tanganmu rata dengan lantai dan tepat di bawah bahu. Dengan bertumpu pada tangan dan kaki, angkat lutut dan tarik perutmu hingga membentuk posisi di atas. Saat melakukan plank, bayangkan bahwa ada garis lurus mulai dari puncak kepala hingga ujung kaki yang harus sahabat pertahankan. Jaga kepalamu agar tidak mendongak, punggungmu tidak melengkung dan perutmu tidak turun.

Knee Plank (10-15 Detik)

Jika sahabat merasa full plank terlalu sulit, maka knee plank adalah gerakan yang cocok buat sahabat. Latihan ini berarti sahabat harus bertumpu pada otot tangan dan lutut dengan tetap mempertahankan badan yang lurus. Lakukan secara berulang hingga sahabat merasakan perut yang semakin kencang.