5 Fitur Google Maps ini Siap Bikin Traveling Sahabat Lebih Mudah

  • 2 menit waktu baca
  • Sunday, 29 March 2020

Mau ke manapun dan kapan pun, Google Maps bakal setia menemai sahabat. Yap, aplikasi peta yang satu ini memang selalu jadi modal utama buat traveling.

Hanya dengan mengaktifkan aplikasinya, sahabat akan mudah mendapatkan petunjuk arah menuju destinasi yang diinginkan. Selain itu, Google Maps juga mampu memberikan estimasi perjalanan dengan rute alternatif yang bisa dimanfaatkan.

Tapi, tahukah sahabat kalau Google Maps punya banyak sekali fitur canggih yang mungkin terlewat dari perhatian. Beberapa di antaranya bahkan bisa memudahkan sahabat dalam beraktivitas, lho.

Penasaran? Yuk, simak ulasan fitur-fitur bermanfaat lainnya dari Google Maps yang bisa sahabat ulik.

Offline Maps

Lagi kehabisan paket data? Jangan khawatir. Karena, Google Maps memiliki fitur offline-nya, lho. Yap, sahabat tetap bisa mengakses maps dengan hanya mengaktifkan GPS saja.

Tapi, sahabat wajib mendownload mapsnya tersebut sebelum berangkat, ya. Bisa numpang tethering teman atau pakai Wi-Fi gratisan di kafe dulu.

Opsi Mengemudi

Di Google Maps, sahabat jugi berikan opsi mengemudi yang cukup bervariasi. Dengan memilih opsi rute di kolom setting, sahabat bisa mendapatkan petunjuk arah sesuai dengan opsi mengemudi kmu. Mulai dari berkendara dengan pelat ganjil, genap, menghindari jalan raya, jalan tol hingga penyebrangan dengan feri. Jadi, sesuaikan modenya dengan kondisi sahabat berkendara ya.

Fitur Ojol

Pernah mau ketemu orang cuma modal share location aja? Tenang! Karena, Google Maps bakal bantu sahabat memilih layanan ojek online apa saja yang tersedia untuk menuju destinasi tersebut. Caranya, cukup klik link share loc yang sahabat miliki. Setelah diarahkan ke Google Maps, sahabat tinggal pilih mau naik Grab atau Gojek. Google Maps juga menampilkan perkiraan biaya yang bisa sahabat pertimbangkan.

Obyek Terdekat

Algoritma yang dimiliki Google Maps sangatlah canggih. Ini dibuktikan dengan fitur obyek terdekat yang bisa sahabat manfaatkan. Misalnya, sahabat lagi butuh mengisi bensin kendaraan sahabat. Cukup aktifkan GPS, Google Maps dan ketik “SPBU terdekat”, sahabat akan segera diarahkan.

Hal ini juga berguna untuk melihat beberapa obyek tempat yang berada di sekitar sahabat. Seperti, jika ingin mencari pilihan ATM, tinggal ketik “ATM sekitar sini”. Maka, list-nya bakal muncul deh.

Your Timeline

Sahabat termasuk traveler yang pelupa? Nah, fitur Your Timeline bisa sahabat manfaatkan, nih. Sesuai dengan namanya, fitur ini bakal memperlihatkan tempat-tempat beserta rute yang pernah sahabat kunjungi dan lalui. Caranya, cukup pilih Your Timeline di tombol menu atas, pilih Your Timeline, kemudian pilih tanggal yang sahabat inginkan. Semuanya akan tersedia di hadapan sahabat.