Keren! Ini Dia 10 Tempat Wisata Domestik Rasa Internasional
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

ingin temanpetualang.com keluar negeri dan berfoto di landmark destinasi wisatanya, tapi masih terkendala pandemi? Tenang, Indonesia juga punya banyak spot wisata yang mirip banget, loh, sama spot wisata yang ada di luar negeri. Yang perlu diingat, selama masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal ini, ke mana pun sahabat pergi, sahabat harus terus menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, ya. Berikut 10 tempat wisata domestik Indonesia yang bakal bikin sahabat serasa di luar negeri!

Tempat Wisata Domestik Indonesia  1. Jembatan Akar & Living Root Bridges

jembatan akar sumbar

Berjarak sekitar 80 km dari Kota Padang, berdiri sebuah jembatan yang terbentuk dari jalinan dua akar pohon beringin. Jembatan yang menghubungkan dua desa yang terpisah oleh sungai Bayang di Kecamatan Bayang Utara ini, memiliki panjang 25 meter dan lebar 1,5 meter. Bagi sahabat yang senang bertualang, kegiatan arung jeram bisa dilakukan di sungai tersebut. Keunikan jembatan ini setara dengan Living Root Bridge yang ada di India.

View this post on Instagram

A post shared by Pcj_ Parmar™️ (@mr.pcj) on

Tempat Wisata Domestik 2. Pulo Cinta & Bora Bora

pulo cinta pegipegi

Ngapain jauh-jauh ke Bora Bora yang ada di Tahiti, kalau ternyata di Kabupaten Boalemo, Gorontalo, terdapat sebuah pulau cantik yang juga memiliki rangkaian cottage di atas air. Terhubung oleh jembatan kayu, 15 cottage-nya disusun indah membentuk simbol kasih sayang. Selain menyusuri keindahan pantai, selama di sana sahabat juga bisa melakukan aktivitas snorkeling dan diving. Malam harinya, hamparan bintang yang menyinari langit menjadi pemandangan unik tersendiri yang sayang banget buat dilewatkan.

View this post on Instagram

A post shared by Bora Bora (@boraboraphotos) on

Tempat Wisata Domestik 3. Gua Rangko & Crystal and Fantasy 

gua rangko pegipegi

Labuan Bajo tidak hanya terkenal sama Pulau Komodonya. Sebuah gua bernama Gua Rangko juga wajib masuk ke dalam daftar destinasi wisata impian sahabat nih. Idealnya, kita datang sekitar pukul 12.0014.00, yaitu saat matahari menyeruak masuk ke dalam gua dan menerangi sebuah kolam air asin berwarna biru jernih ini. Bagian atas Gua Rangko dipenuhi ornamen-ornamen stalaktit yang cantik dengan beragam bentuk tak beraturan. Keindahannya dapat disejajarkan dengan Crystal dan Fantasy Caves di Bermuda.

View this post on Instagram

A post shared by ジョメリ ン (@jeomtaeeul) on

Tempat Wisata Domestik 4. Pantai Gigi Hiu & Taman Nasional Zhangjiajie

pantai gigi hiu pegipegi

Bila pantai lain berisi hamparan pasir, Pantai Gigi Hiu justru dipenuhi jajaran batu karang dalam berbagai ukuran yang tersusun secara artistik. Nama gigi hiu, merujuk pada gugusan batu karang setinggi 110 meter yang berjajar di bibir pantai. Butuh waktu sekitar 4 jam dari Bandar Lampung untuk mencapai pantai ini. Debur ombak yang memecah karang, hingga semburat warna jingga saat matahari terbit dan terbenam adalah pesona eksotis yang terpancar dari Pantai Gigi Hiu. Pemandangan serupa dapat sahabat temui di Taman Nasional Zhangjiajie, China.

View this post on Instagram

A post shared by Travel Photography And Ideas ???? (@theamazingwrld) on

Tempat Wisata Domestik 5. Pagoda Avalokitesvara & Ci’en

pagoda semarang

Berada tidak jauh dari pusat Kota semarang, kita akan menemui salah satu tempat ibadah umat Buddha tertinggi di Indonesia. Memiliki tinggi 45 meter dan terbagi dalam 7 tingkatan, pagoda ini juga disebut sebagai “pagoda seribu patung” karena banyak sekali patung di dalamnya. Salah satunya adalah patung Buddha tidur sepanjang 16 meter dengan kepala menghadap ke sebelah selatan. Di pelataran ada sebuah pohon Boddhi sebagai lambang keabadian, sedangkan di bawahnya ada patung Buddha sedang bersila. Bentuk, desain, dan ornamen pagoda ini mengadopsi arsitektur ala Tiongkok dan Thailand, yang sejenak membuat kita lupa kalau sedang berada di Semarang.

View this post on Instagram

A post shared by Meembar (@meembar) on

Tempat Wisata Domestik – Gua Gong & Thien Duong/Paradise 

gua gong pegipegi

Berjarak sekitar 34 km dari Alun-alun Kota Pacitan, sahabat akan menemukan sebuah gua dengan susunan stalaktit dan stalakmit yang indah. Ada sebuah ruangan dengan kubah raksasa di dalamnya, sepanjang 100 meter, lebar 1540 meter, dan tinggi 2030 meter. Uniknya, bila tangan kita mengepal dan memukul batu di ruangan tersebut, akan keluar suara seperti alat musik tradisional Jawa. Itulah mengapa gua ini dinamakan Gua Gong. Gua sepanjang 256 meter ini sudah ditata dengan baik, ada penerangan lampu neon berwarna warni, ada beberapa kipas angin di sudut ruang, dan penataan jalur kunjungan sehingga membuatnya makin nyaman disusuri. Penampakan Gua Gong terlihat mirip dengan Thien Duong/Paradise Cave yang ada di Vietnam.

View this post on Instagram

A post shared by Robert Reid (@reidontravel) on

Tempat Wisata Domestik – Masjid Agung & Nabawi

masjid agung semarang

Enam buah payung hidrolik raksasa yang berada di Masjid Agung Semarang ini mengingatkan kita pada Masjid Nabawi di Madinah. Masjid yang berada di pusat Kota Semarang dan berdampingan dengan pusat pemerintahan ini, mampu menampung 15.000 jemaah di dalam ruang dan 10.000 jemaah di halaman utamanya. Selain itu, di sini juga terdapat museum dan perpustakaan yang bercerita tentang sejarah Kota Semarang. Sebuah menara setinggi 99 meter, bernama Asmaul Husna, berdiri berdampingan dengan masjid. Di lantai 18 menara tersebut, terdapat restoran yang dapat berputar 360 derajat. Sementara di lantai 19, tersedia menara pandang yang berisi teropong untuk melihat pemandangan kota.

View this post on Instagram

A post shared by MPOK AUDREY (@audreyffreal) on

Tempat Wisata Domestik – Pasar Terapung Lok Baintan & Pattaya 

pasar apung kalimantan

Kalau biasanya pasar yang kita kunjungi berada di daratan, Banjarmasin memiliki pasar terapung yang berada di atas Sungai Barito dan Sungai Martapura. Pasar yang dimulai setiap pukul 6 pagi ini, menggunakan perahu untuk menjajakan dagangannya. Pembeli bisa menggunakan kapal klotok untuk mendekat ke pedagang. Dayung yang ujungnya basah biasa digunakan untuk memberikan barang yang dibeli dan menerima uang dari pembeli. Keunikan pasar terapung di Banjarmasin ini juga bisa sahabat jumpai di Thailand.

View this post on Instagram

A post shared by Bangkok Explorers ???????? (@bangkok.explore) on

Gua Jomblang & Stephens Gap 

Tidak hanya Malioboro dan Tugu yang menjadi daya tarik Kota Jogja. Berjarak sekitar 1,5 jam menuju daerah Piyungan, lalu Wonosari, sahabat akan menemukan keindahan tersembunyi di dalamnya, yaitu Gua Jomblang. Uniknya, gua ini memiliki mulut di permukaan tanah. Ada beberapa cara memasuki perut gua. Untuk yang awam, sahabat bisa melalui jalur VIP atau 15 meter pertama berjalan kaki, dilanjutkan dengan 20 meter menggunakan lintasan tali. Hamparan stalaktit, stalakmit, dan vegetasi dalam gua yang berbeda dari yang ada di permukaan tanah, serta sebuah sungai yang mengalir adalah pemandangan yang disuguhkan Gua Jomblang. Hal serupa bisa sahabat temukan di Stephen Gap Cave, Alabama.

View this post on Instagram

A post shared by Only In Alabama (@only.in.alabama) on

Tempat Wisata Domestik – Museum Angkut & Universal Studio Singapura

Keren! Ini Dia 10 Tempat Wisata Domestik Rasa Internasional

Sesuai namanya, museum ini menyimpan berbagai jenis moda transportasi. Mulai dari helikopter, motor, mobil, sampai replika gerobak sapi juga ada di sini. Area luar ruang ditata sesuai zona. Di  zona Broadway misalnya, terlihat jejeran mobil dan motor tahun 70-an. Sementara zona Italia, terdapat lukisan yang menggambarkan suasana di negara tersebut lengkap dengan mobil FIat kuno dan Vespa kuno. Berada di Kota Batu atau sekitar 20 km dari Kota Malang, beberapa bagian Museum Angkut bisa dibilang mirip dengan Universal Studio, Singapore.

View this post on Instagram

A post shared by DENIS Стерличов (@dsterlichov) on

Ini baru 10, loh! Tenang, masih ada banyak lagi tempat wisata keren di Indonesia yang bikin sahabat seolah-olah sedang liburan ke luar negeri.

Baca Juga :